Panduan Membuat Paspor or Passport

Cara Bikin Paspor di IndonesiaSeperti janji kami untuk menuliskan tips dan tata cara pembuatan paspor atau passport di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana artikel sebelumnya yang mengisahkan repotnya membuat paspor tanpa calo di Kantor Imigrasi Semarang.
Tips Umum:
1. Datanglah pagi-pagi sekali
2. Hari Selasa
2. Lengkapi Dokumen
3. Berpakaian Rapi Sopan dan Bersepatu
4. Bawa Alat tulis
5. Bawa Lem perekat
6. Siapkan materai 6000 (kalo dibutuhkan)
7. Hindari Calo dan Sabar
Dokumen Penting (semua asli dan fotocopy):
1. Akte Lahir
2. Kartu Keluarga yang masih berlaku
3. Kartu Tanda Pengenal (ktp/sim)
4. Ijasah Terakhir
5. Surat Nikah (bagi yang menikah)
6. Surat Rekomendasi Perusahaan/Instansi (asli aja)
7. Photo 4×6 2 lembar
Prosedure Umum Pembuatan Paspor
1. Datang Ke Kantor Imigrasi
2. Ingat Bawa Dokumen Penting
3. Ambil Formulir di loket Pendaftaran (harusnya gratis)
4. Isi formulirnya (bisa baca tulis khan?)
5. Jika di isi pekerjaan swasta maka butuh Surat Rekomendasi (tulis aja wiraswasta)
6. Tempelkan photo 4×6 1lbr pada bagian depan PERDIM II
7. Masukkan semua berkas asli maupun fotocopy
8. Berikan ke Petugas di LOKET B2 (penerima)
9. Tunggu untuk dipanggil dan pengembalian berkas asli ke pemilik.
10.Pulang dengan membawa selembar kertas pendaftaran.
Prosedure Lanjutan Pembuatan Paspor
1. Kita akan datang 3-4 hari setelah penyerahan dokumen
2. Jangan lupa bawa kertas pendaftaran
3. Serahkan kertas pendaftaran ke Loket B2 (loket awal)
4. Tunggu panggilan (cepet kok pas sepi cuma 15 menit)
5. Setelah dipanggil, kita menuju ruang Photo Biometric (antri)
6. Dandan yang rapi, bercermin kalo acak-acakkan
7. Berphoto, harus senyum nggak boleh nangis
8. Finger Print, photo 10 sidik jari tangan kita
9. Wawancara perihal arsip, dokumen dan tujuan imigran.
10. Bayar di loket pembayaran, minta kwitansi untuk pengambilan.
11. Tanda Tangan Paspor
Biaya Yang harus dikeluarkan Paspor 48
1. Adminitsrasi: Rp. 5000
2. Paspor 48: Rp. 200.000
3. Photo Bio: Rp. 55.000
Pengambilan Paspor
1. 3-4 hari kemudian bawa kwitansi sebagai bukti untuk pengambilan
2. Serahkan Kwitansi ke Loket B1 (penyerahan)
3. Tunggu hingga dipanggil
4. Tanda tangan Pengambilan
5. Simpan paspor dengan baik dan bawa pulang.
6. Selesai
PERSYARATAN UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR (DIBAWAH 17 TAHUN)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi)
  2. Melampirkan berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lainakte lahir:
    • KTP orang Tua
    • Kartu Keluarga
    • STTB/Ijazah atau Akte Lahir Orang Tua
    • Surat Kawin/Nikah Orang Tua
    • Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku
  3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI
    • Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.
  4. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

Ini prosedure yang telah kami lakukan dan semua proses tanpa calo, sebagai bukti anda bisa lihat di artikel Membuat Paspor Tanpa Calo. Kalo ada tindak kecurangan lakukan konfirmasi setiap 2 jam kepada petugas yang menangani. Niscaya petugas yang bersangkutan nggak enak ati, soalnya seperti di Kantor Imigrasi Klas I Semarang menulis larangan proses melalui calo karena mengganggu ketertiban, tapi kalo diem aja kayak saya ya sampe sore. Karena berdasar pengalaman saya pribadi datang pagi pulang sore, capek deehhh….
Kuncinya adalah sabar melihat keganjilan para calo yang bagaikan berjalan di rumah sendiri tanpa memperdulikan itu kantor pemerintah atau bukan. Oya jenis paspor perorangan ini ada 2, yaitu paspor 24 dan paspor 48. Perbedaannya adalah jarak jangkau tujuan, untuk paspor 24 hanya wilayah terntentu di asia sedangkan paspor 48 lebih flexibel untuk perorangan.
Semoga artikel panduan membuat passport ini bermanfaat bagi anda yang berniat membuat paspor sendiri secara jujur dan tertib, tidak meracuni petugas imigrasi yang sudah kaya itu dengan sogokan uang haram kita lewat perantara. Meski prosesnya cukup lama yaitu 7-9 hari tapi dengan bekal persiapan diatas proses jadi lebih cepat.

192 replies
  1. tehaha
    tehaha says:

    wah, infonya berguna sekali ini…
    mungkin perlu juga dibiasakan untuk mengurus segala sesuatu tanpa berhubungan dengan percaloan..
    menghindari pemberian ‘uang pelicin’ …
    walaupun harus repot, yang penting ada pembelajaran yang bisa diambil dari buruknya birokrasi…

    Reply
  2. Elys Welt
    Elys Welt says:

    dulu saya ngurus sendiri bikin pasport, tanpa calo, sekali sih dirayu sama petugas loketnya, ngiming2ngi bisa bikin cepet, tapi nggak kepencut, wong sudah ada jalur resminya
    thanks kunjungannya ya

    Reply
  3. Riyogarta
    Riyogarta says:

    Wah info yang berguna. Herannya sampai hari begini info yang seperti ini jarang kita dapatkan langsung pada saat membuat. Kelihatannya memang dikondisikan seperti ini untuk dimanfaatkan para calo.
    Thanks infonya

    Reply
  4. pututik
    pututik says:

    #tehaha: trims
    #toim: sama2
    #ridu: ayo jalan2 bareng 🙂
    #elys welt: sama2, calo dimana2 emang nggemesin
    #waterbomm: kalo yang belum nikah pakai ijazah aja cukup
    #paramarta: mereka ada karena keserakahan dan karena kita nggak tertib
    #riyogarta: yup persis seperti itu
    #praditya: ngurus duluan, kalo berangkat dah nggak report 😀
    Passpor sudah jadi hari ini

    Reply
  5. rizoa
    rizoa says:

    ajibbbb…. kayakna ckarang dah bisa,., emang kmaren yang di blog2 aku yang laen bisa., tapi pas belum migrasi tuh., klu aku mo bikin kodenya,., tar aku tarok ngga nongol iklannx.., yawdh.,., thx banged ia oms…

    Reply
  6. pututik
    pututik says:

    #gempur: bisa jadi rekomendasi donk
    #quelopi: desaku yang kucinta
    #liezmaya: sama-sama, semoga bermanfaat
    #Riri Audiya: yang penting besok jangan lagi 😀
    #Baladika: bukan itu lho pas bernyayi bersama 😛
    #arham: sebelah kiri, khan ada tulisan artikel baru kami (kebiasaan english sih )
    #rizoa: wussss, met adsense-adsenan ya

    Reply
  7. Bagdja
    Bagdja says:

    Si calo yang bagaikan berjalan di rumah sendiri tanpa memperdulikan itu kantor pemerintah atau bukan.. untung ngga dijual kantornya… Hebat yah yang namanya calo punya banyak rumah..

    Reply
  8. arif
    arif says:

    sebellll
    mungkin itu istilah yg tepat saat ni.
    aq barusan mo ngurus paspor, eh dihadang masalah………
    udah di belain bangun pagi2,
    sebel aq.
    proses awal di suruh beli formulir,
    trus di isi.
    smpe sini sukses.
    trus di serahin ke petugas.
    nah di sini di baca ma mbak nya itu.
    trus aq di tanyain.
    mau bikin paspor buat apa?
    ya q jawab q mo kerja ke luar negri
    tapi g lewat agen or biro jasa.
    eh mbak nya bilang “mas nya harus ke depnaker dulu minta surat rekomendasi”
    ok.
    akhirnya aq ke depnaker
    nah ini yg bikin sebel
    di depnaker aq bilang klo mo urus surat rekomend yg di syarat kan pihak imigrasi.
    trus bapak nya tanya.harus punya surat dr perusahaan yg mo ku tempati.
    nah gmn g sebel,
    jengkel
    wes pokoknya banyak deh
    dr perusahaan luar itu minta da paspor.
    dr sini minta surat dr t4 itu.
    gmn nyambungnya
    aduh gmn ya?
    ada saran or solusi?
    pls help me…..
    atas di baca nya keluhan ini thx very much.

    Reply
  9. cie
    cie says:

    walah…kayaknya repot ya…gw emang belum pernah bikin paspor, tapi gw pernah alami hal yang sama waktu mendaftarkan pernikahan ade gw tanpa calo…dan nyaaaaaris sama ribetnya…
    tapi karna tips ini , sekarang gw jadi lebih berani mau bikin paspor sendiri…
    thanks ya….

    Reply
  10. Sri Agustiani
    Sri Agustiani says:

    Wah, Infonya bagus sekali. Benar2 informasi yang dapat mendisiplinkan masyarakat dan pegawai Imigrasinya :). Seharunya dari pihak Imigrasi melarang keras dengan keberadaan CALO yang ‘seliweran’ di kantor imigrasi seakan-akan mereka bekerja disana :).
    Yah, mau diapain lagi. Buntutnya, toh mereka cari nafkah :(.
    Kapan ya, masyrakat Indonesia bisa sadar dengan kedisiplinan :).

    Reply
  11. ayu
    ayu says:

    Saya tadi pagi dari kantor imigrasi mau buat passport…bayar formulir Rp. 21.500 trus formulir di isi..dah gitu di serahkan ke loket beserta dokumen..KK, Akta Kelahiran, KTP dan ijazah terakhir (asli dan fotokopi). Tapi ternyata masih ada yang kurang… bagi yang wanita belum menikah harus ada surat ijin dari orang tua dan fotokopi KTP orang tua… … selain itu bagi yang tugas belajar tapi di KTP tercantum udah kerja harus ada surat rekomendasi dari perusahaan tempat kita kerja …(tidak cukup surat dari kampus aja)..

    Reply
  12. yesa
    yesa says:

    waaaah, udah bkin paspor bbrp wktu lalu, G PAKE’ C-A-L-O sih, tp disuruh byr 600rb bo !!! Gile bener dah, yang minta petugasx langsung, itupun udah melalui acara tawar menawar yang seru, akhirx mentok nilai 600rb g bisa turun lagi. nah kalo sehari yang bikin paspor 48 skitar 20 orang, kalikan aja……..

    Reply
  13. tanto,solo
    tanto,solo says:

    halo,sya punya mslh nih.ssaya pernah buat paspor,tp skrg di bw broker yg ktnya mau ngurusin aku ke japan,skrg g tau ada dimana,bw kabur dokumen jg uang kami.
    permasalahan skrg sy mau buat paspor lagi,sybilang kl hilang kok di minta 3,5jt,ktnya skrg sistim geometri sulit.apa mmg segitu ya biayanya????
    buat yg bisa ksh solusi please bantu aku.
    tantosiawase@yahoo.com makasih

    Reply
  14. pututik
    pututik says:

    #yesa: hal ini harusnya tidak terjadi, ini namanya calo beneran bukan petugas imigrasi. kecuali jika saat ini sudah ada update harga. Yang akan terpampang di depan imigrasi dan harus dipampang lho. Karena layanan publik.
    #tanto.solo: laporkan kepada pihak yang berwenang, misal kepolisian dan imigrasi. Memang ada aturan jika kehilangan kita harus menggantinya, tapi tidak sebesar itu kok

    Reply
  15. ULIL AMRAN
    ULIL AMRAN says:

    Di Imgrasi Padang, 15 aGUSTUS 2008, seminggu sebelumnya ambil formulir dan diserhakan setelah ngantri 4 jam, namuunnnn ampunnnnnn maaaaakkkk, saat wawancara dan foto, ampuunn, amiittt-amiittt, maaaakkkkkkk setelah ngantrriiiiiii dari jam 07.00 pagi sampaaaaaaiiiiiiiiiiiiiii jam 04.30 pagiiiiiii laggiiiii baru dapat foto, setelahhhhh difoto dikasih tahuuuuuuu bahwa data yang masuk dari Jakarta salah oranggggggg, tapi fotonya sammaaaaaaaa……….dan disuruh datang lagiiiii besoknya…….. (berarti ngantri lagi selam 24 jam lagi atau ngantriiiiii 48 jammmmm)…………. ya Tuhann ampuuunnnnnnnnnnnnnnnnnnkanlah sisitim baru ini yang telah menganaiaya nenek-nenek tua, anakkk-anakkk, bapak tua renta……untuk tidur berantakan dibangku ruang tunggu imigrassiiii

    Reply
  16. Dwi Larasatie
    Dwi Larasatie says:

    mau tanya. bisa gak bikin passport di kantor imigrasi kota lain. maksudnya, KTP ku kan depok, jawa barat, bisa ga aku bikin passport di yogyakarta? atau harus bikin di bandung/jakarta? Thx.

    Reply
  17. syafar
    syafar says:

    Artikel panduan membuat paspor ini saran saya diganti Cara Membuat Paspor, karena rinciannya sangat detail dan bisa jadi rujukan yg sangat bermanfaat.
    Oya asal kita ikut aturan, perkara org dalam mau main calo cuek aja. Kalo kita gak kasih umpan toh mereka juga gak dapat kail kok.
    Thanks info paspor ini bermanfaat.

    Reply
  18. eka mediantoro
    eka mediantoro says:

    Infonya benar-benar bermanfaat sekali. Saya jadi sudah siap mental dan siap ATK plus materai Rp. 6000 (buat spare) untuk bertempur di kantor imigrasi Jakarta Timur.
    Buat additional tips,
    1. Pada saat membeli Formulir Pendaftaran, informasikan pada petugas penjual, paspor barunya untuk siapa. Dikarenakan apabila untuk anak, ada tambahan formulir pernyataan dari kedua orang tua.
    2. Mengisi Formulir Pendaftaran lebih baik dilakukan dirumah karena apabila mengisinya di kantor imigrasi ybs bakalan gak bisa konsentrasi karena calo-calo yg bersliweran menawarkan jasa mereka.
    3. Foto 4×6, 2 lbr tidak dibutuhkan
    4. Kalau anda bekerja pada suatu instansi lebih baik ambil cuti 2 hari. Ambil jarak cutinya selang 3 hari. Satu hari untuk submit Formulir Pendaftaran dan berkas-berkas terkait. Satu hari untuk Bayar Paspor, Foto dan Interview.
    5. Apabila paspor barunya untuk anak-anak, anak-anak dibawa pada saat cuti di hari yang kedua (Foto dan Interview Session). Pastikan di hari itu datangnya pagi-pagi sekali supaya mendapat nomer antrian kecil. Jadi anak-anak gak perlu bete atau rewel menunggu terlalu lama. Tapi gak perlu bada’ subuh sudah di imigrasi capek nunggunya kelamaan, paling gak jam 8 pagi sebelum loket buka sudah ngantri dengan maniezzz disana.

    Reply
  19. Gunawan
    Gunawan says:

    Ditempat ku, di Imigrasi Dabo Singkep. Satu hari siap. Gak pake calo, itu kata ayahku sewaktu mengurus paspor. Cuman aku sekarang ada di Riau, jadi informasi ini sangat penting bagiku. Matur nuwun yo Mas. 🙂

    Reply
  20. ini igi
    ini igi says:

    lalu klo mw bikin tp gak punya surat ijin kerja/rekomendasi kantor, bs gak yah? misal mw bikin paspor untuk wisata gt, bisa gak yah? ato mw bikin dl tp nyari kerja di luar nya belakangan gt, hehehehehe

    Reply
  21. pututik
    pututik says:

    #Gunawan: kalo sekarang ngurus paspor masih dipersulit berarti masih primitif. semoga dengan artikel ini buat paspor imigrasi singkep lebih mudah
    #ini igi: bisa dari orang tua dan foto copy ktp orang tua cek info ayu, apalagi wisata gampang. sedang kalo kamu menipu buat paspor wisata kesana trus kerja (persis orang luar yang ke indonesia) ini akan dituntut hukum setempat bahkan di deportasi secara tidak hormat. gunakan paspor dengan bijak

    Reply
    • pututik
      pututik says:

      @wiena, Halo wiena, untuk mengurus paspor di makassar silahkan hubungi Kantor Imigrasi Klas I Makassar
      Alamat:
      JL. PERINTIS KEMERDEKAAN KM 13 KEC. TAMALANREA
      MAKASSAR
      INDONESIA
      Telepon: (0411) 584559
      Fax: (0411) 584906
      Informasi: KANTOR IMIGRASI KELAS I MAKASSAR tanggal 16/2/2009

      Reply
  22. rania
    rania says:

    PAKE PASSPORT ONLINE http://www.imigrasi.go.id
    saya sedang ngurus penggantian paspor yg udah habis masa berlaku, feb 2009.
    sebelum ke imigrasi mampang jaksel , saya registrasi online pra pemohonan ke kantor imigrasi yang mau dituju, trus dapet nomor permohonan. nomor ini harus dicatat. kalo bisa diprint. ternyata bisa memperlancar. sekarang bisa dateng ke kantor imigrasi manapun, ga harus sesuai KTP.
    selasa pagi verifikasi dokumen asli dan serahkan foto kopinya (KTP, KK, paspor lama, Akte lahir, surat nikah, surat rekomendasi dari perusahaan asli). semua dokumen asli ditunjukin, kecuali paspor lama dikumpulin. tulis nomor reg online di form. (jangan lupa bawa bolpoin hitam, siapkan data tgl lahir orang tua) sepertinya ga pake materai.
    siang , di kasir bayar 200rb utk paspor 48 hal, 55rb utk foto, 15 rb utk sidik jari, total 270rb. ga pake calo, cepet juga ya.. paspor saya yang dulu-dulu juga diurus sendiri.
    trus foto. Alhamdulillah, sekarang boleh foto pake jilbab. dulu, foto paspor harus buka jilbab, akibatnya waktu di jeddah, diusilin ama petugas imigrasi disana.
    nunggu ga sampe 15 menit,dipanggil foto dan sidik jari 5menit-an, pindah ke meja lain buat wawancara. tanda tangan di lembar yang udah ada fotonya hasil jepretan tadi. hari senin dijanjiin udah bisa diambil. suami/ istri boleh ambilin.
    kalo belum reg online, kamis disuruh dateng lagi buat foto.
    kalo buat surat rekomendasi dari perusahaan, harus ada tulisan : Kepada Kepala Kantor Imigrasi … (sebutin), tanggal dan nomor surat.
    kalo salah, dikasih kesempatan ngasih revisinya pada pagi hari pengambilan paspor, paspor baru bisa diambil siangnya.
    petugas imigrasi di pengumpulan dokumen, masih muda2 dan tanggap, tau service excellence lah.. jadi yang berhubungan langsung dengan pemohon, orangnya lebih muda, bersemangat dan ramah.. seperti di bank..

    Reply
  23. Queen
    Queen says:

    Hello semua, bisa tolong saya? saya ingin bantu seorang kawan Indonesia yang ingin membaharui pasportnya di Semarang nanti bila pulang. Saya sepatutnya menolongnya membaharui di Singapura tapi majikannya yang tidak berperikemanusian itu tidak mengizinkannya. Kesian pada budak kampong ini, kerana dia tidak akan tahu prosesnya. Bisa tahu no telefon dan lokasi kantor di Semarang untuk membaharui pasport untuk bisa saya berikan padanya? Terima kasih banyak semua.

    Reply
    • pututik
      pututik says:

      @queen: anda bisa menghubungi ditjen imigrasi jakarta
      Jl. Rasuna Said Kav 8-9 Kuningan
      Jakarta Selatan
      Jakarta
      Indonesia
      Telepon: 021-5224658
      Fax: 021-5224658
      Atau untuk semarang di imigrasi semarang:
      JL. SILIWANGI KRAPYAK
      SEMARANG
      INDONESIA
      Telepon: 024-7623145, 7623144
      Fax: 024-7607461

      Reply
  24. mama ITA
    mama ITA says:

    Assalamualaikum mas.terima kasih atas infonya.
    ia dapat membantu saya. cuma ingin tahu mas,
    di jawa tengah, di manakah pejabat
    konsulat kedutaan atau pesuruhjaya tinggi malaysia
    untuk membuat calling visa?

    Reply
  25. tutie
    tutie says:

    Katanya sekarang pembuatan paspor tidak perlu sesuai alamat KTP ya?
    Contoh : KTP Jakpus bisa juga bikin di Jaksel, dll.
    Apa memang begitu?
    5 thn lalu saya pernah ngurus sendiri paspor saya, dan sehari selesai dgn biaya sesuai biaya resmi

    Reply
  26. pututik
    pututik says:

    @wahyu524: saya harap hubungi kantor anda sendiri utk PNS
    @mama ITA: bisa cek di imigrasi.go.id untuk pengurusan VISA secara online
    @tutie: yup ibu tutie benar, sekarang harusnya dimanapun bisa asal sistem onlinenya jalan. Nah baiknya jakarta memang bisa cepat, kalo daerah bu, apalagi semarang-jogja-solo waktu itu semuanya pake sogokan.
    @global-iklan: semoga cara bikin paspor ini bermanfaat.
    @M Rafly: kalo calo bisa 🙂 harusnya diambil sendiri2. Atau cek dgn telp ke imigrasi setempat utk kolektifnya.

    Reply
  27. feisal ghazali
    feisal ghazali says:

    Tanya dong…, saya mau membuatkan paspor untuk anak saya 12 tahun untuk study tour ke singapore. alamat saya di pasar rebo jaktim. apa saja yg diperlukan termasuk daftar online, utk wawancara apakah orang tua juga ikut?
    wasalam

    Reply
  28. elyas
    elyas says:

    wah kok adik saya yang baru hari ini bikin passport di imigrasi jakarta timur disuruh kembalinya 1 minggu ya? jadi total pengurusannya bisa 3 minggu,. tadi ditawarin calo 450rb jadi 3hari tapi karena memang duit pas saya suruh dia pake jalur sebenarnya saja…. tapi kok malah jadi begitu ya?….

    Reply
  29. Wawan Sri Wahyuni
    Wawan Sri Wahyuni says:

    mas mau nanya kalo bikin paspor di solo mana ya? Untuk bapak n Ibu saya syaratnya apa. trus anak saya 12 thn. Mksh mas. Tunggu blsan scptnya

    Reply
  30. wica
    wica says:

    makasih yah, tips n infonya, ini harganya masih berlaku sampai skarang k ? di daerah saya yakni makassar biayax sekitar 400-500 rb, trus sy mau pake untuk mendaftar beasiswa, trus surat rekeomendasi dari perusahaan itu bgm sy khan bru aja lulus dari univ n blum kerja ? tlng di bls ya d email s, mksh

    Reply
  31. indra
    indra says:

    Saya baru saja mebaca info ini dan sangat bermanfaat.
    Saya ingin bertanya: bagaimana jika dulu pernah punya passport pada tahun 2002 namun sudah hilang. Dulu buatnya di bandung, sekarang mau buat di bali. Saya sempat bertanya di perantara, katanya: harus buat surat kehilangan di kepolisian, buat pengumuman kehilangan di koran, dan membayar biaya BAP hingga mencapai 3,5 juta rupiah, dan BAP diselesaikan dalam waktu kurang lebih 2 sampai 3 minggu. Apa ini benar?? Tidak bisakah kita membuat passport baru tanpa mengurus yang sudah lama mengingat sudah lebih dari masa berlaku passport yaitu 5 tahun?
    Dimohon sekali informasinya.
    Terimakasih banyak

    Reply
  32. pututik
    pututik says:

    @feisal ghazali : anak harus dipandu orang tua saat wawancara, KK harus disediakan
    @elyas : untuk jakarta seharusnya tidak, bisa cepat kok. kebetulan ini sudah tahun 2008
    @Wawan Sri Wahyuni: semua prosesnya sama, hanya untuk anak saja yang berbeda yaitu harus didampingi orang tua. Sedang bapak ibu jika tidak bisa baca tulis harus didampingi.
    @wica: untuk harga saya kurang tahu apakah masih berlaku atau tidak, sepertinya masih. Kalo masih sekolah harus ada surat rekomendasi dari pihak sekolah dan orang tua.
    @farhan: wah kebetulan saya tidak simpan draftnya
    @indra: untuk yang hilang dan masa berlakunya habis benar sekali harus membuat surat kehilangan kepolisian. ada di imigrasi setempat mengenai keterangan biaya yang harus ditanggung cuma saya tidak catat, mohon maaf belum bisa memberi jawaban yang tepat. lain dari itu data imigrasi harusnya sama kecuali ada force majour, secara hukum data anda akan tercatat terus di imigrasi manapun di dunia, jika double sidik jari kan aneh.

    Reply
  33. fanni
    fanni says:

    Hai, salam kenal. saya mau tanya apakah tiap daerah harga buat passport berbeda? kalo tahun ini kena harga brp y kira2? kok kata papanya temen saya bayar 450rb n harus balik 2 kali?apa itu hrg calo ato gmn?
    Klo surat rekomendasi dr yayasan/perusahaan, itu perlu sekali ya? krn saya hanya guru les, jd apa perlu surat itu?
    THanks a lot.

    Reply
  34. Harris
    Harris says:

    Mau tanya, untuk urus paspor di Madiun apa tarifnya sama dengan tarif standard yang tertulis di blog ini (Rp270.000,-)? Kok saya ditawarkan tarif Rp900.000,- untuk pengurusan paspor 48 halaman untuk perorangan? Terima kasih.

    Reply
  35. pututik
    pututik says:

    @budi: sama-sama
    @fanni: jika guru les sebuah yayasan lebih baik disertakan, jika tidak dan hanya sebagai ibu rumah tanggapun yang penting KK sudah cukup kok. Artikel saya ini ditahun 2008 dan saya rasa masih valid kok, harus jelas juga jenis pasportnya dan apakah diurus sendiri atau orang lain. Ikuti prosedur aja jeng
    @haris: wah kalo 900rb itu urus baru apa kehilangan, kalo baru bisa dipastikan nggak bener deh. Urus sendiri saja, anda masih warga negara Indonesia kan?

    Reply
  36. donnyrahman
    donnyrahman says:

    Saya mau bikin passport online setelah upload data-data kok gak ada respon apa-apa ya, cuma muncul layang biru dengan tulisan VERIFIKASI..maksudnya apa ya? katanya kalo daftar online bakalan dapet nomor reg onlinenya. Saya kok gak dapet ya?????

    Reply
  37. pututik
    pututik says:

    @hendiwijaya: kisaran masih antara 275rb-350rb dan syara bikin paspornya tambah npwp
    @dennyrahman: buat paspor online harusnya lebih mudah, tp saya belum pernah coba. Verifikasi cek apakah ada kode tertentu yang luput dari anda (kebiasaan awam malas baca faq) atau ada email verifikasi yg belum dicek. Hanya nomor registrasi saja seperti npwp, tetap harus kekantor imigrasi.

    Reply
  38. mukrim
    mukrim says:

    aslkum,mnt info nya,apa ada sarat tambahan utk anak dibawah umur 2 thn klu mau buat paspor, krn anak sy msh umur 22 bulan.trims.tlg bls nda pakai lama.

    Reply
  39. yanti
    yanti says:

    saya seorang TKW skg mau plg Indo terus mau bikin paspor turis soalnya saya udah nggak kerja lg sbg tkw.saya mau datang lg ke hk mengunjungi pacar dan sebentar lg ada rencana menikah.yg mau say tanyakan nanti klu sesi wawancara apakah perlu saya jawab klu saya udah pernah ke hk?trus apakah paspor yg lama perlu diserahkan?soalnya paspor lama paspor tkw 24 hal.terima kasih atas bantuannya….

    Reply
  40. pututik
    pututik says:

    @mukrim: maaf pakai lama ya, untuk anak dibawah umur akta kelahiran dan syarat lain harap tanyakan ke imigrasi terdekat
    @yanti: paspor lama harap dibawa dan nanti baiknya gunakan paspor 48 agar step selanjutnya lebih mudah. semoga mendapatkan pasangan yang setia lagi baik hati.
    @yani: yang jelas suap dan sogokan itu termasuk korupsi lagi haram. Proses sebenernya bisa ringkas paling 3 hari jadi. Yang bikin lama karena ada sebab lain yang “mereka menghambat” atau kita yang tidak lengkap memberikan data dengan baik.

    Reply
  41. eel
    eel says:

    Kalo pengambilan paspor itu bisa diwakilkan gak? Kalo bisa rencananya saya daftarnya lewat online. Jadi perlu ke kantor imigrasinya cuma 1x untuk foto. Pengambilan diwakilkan. Toh pake agen juga hrs datang sendiri untuk foto kan? Jadi sama saja hrs kesana, tapi kalo diurus sendiri kan jauh lebih murah

    Reply
  42. evry
    evry says:

    *
    pututik says:
    10 September 2009 at 03:48
    @hendiwijaya: kisaran masih antara 275rb-350rb dan syara bikin paspornya tambah npwp
    @dennyrahman: buat paspor online harusnya lebih mudah, tp saya belum pernah coba. Verifikasi cek apakah ada kode tertentu yang luput dari anda (kebiasaan awam malas baca faq) atau ada email verifikasi yg belum dicek. Hanya nomor registrasi saja seperti npwp, tetap harus kekantor imigrasi.
    Reply
    *
    donnyrahman says:
    10 September 2009 at 04:46
    Sejauh yang saya lihat sih gak ada yang luput, dan masalahnya gak ada FAQ juga yang bisa saya pelajari disitus tersebut..
    mungkin anda buka situsnya di Mozila firefox,,,coba buka di internet explorer..

    Reply
  43. yanti
    yanti says:

    Terima kasih atas jawabannya ya…………
    Kemarin saya ke kantor imigrasi utk membuat paspor 48 hal tiba disana ke tempat pendaftaran terus beli formulir lalu aku isi semua sebenarnya waktu itu ada deketin pura2 kasih tau tp saya cuek aja dan blg saya bisa isi semuanya ahkirnya dia pergi mungkin calo yg cari mangsa kali……….
    setelah semua selesai saya kembali lg ke tempat semua terus dia cek semua lalu saya disuruh kemeja petugas yg lain terus dia tanya buat apa bikin paspor saya bilang utk wisata ke hk lalu tanya apa pernah kerja disana saya blg iya terus dia minta paspor lama saya blg ke hk bkn utk kerja terus aku kasih lihat invitation letter dr hk yg di buat pacar saya versi inggris dan indonesia terus bapak itu blg semua dokumen plus paspor lama saya akan dikirim kesurabaya untuk minta persetujuan dr pusat akhirnya saya diminta lg dtg tgl 19 utk melihat hasilnya. apakah memang begitu prosesnya klu mau ganti paspor dr 24 ke 48 hal?terus klu misalnya nggak bisa terus saya mau bikin paspor dimana dong?terima kasih atas jawabannya..

    Reply
  44. Ponco5
    Ponco5 says:

    Kalau mau buat passport tidak kemana-mana bisa ga? Tujuan saya hanya untuk verifikasi salah satu web di internet. Soalnya ktp di indonesia ga mau menerima. Jadi hanya nama saya yang go internasional, bukan orangnya. Terima kasih.

    Reply
  45. rein
    rein says:

    Mengapa harus ada surat rekomendasi perusahaan? apakah memang di aturan seperti itu. Bagaimana dengan orang yg wiraswasta?
    apakah persyaratan itu sama dengan mengurus perpanjangan paspor?

    Reply
  46. Nia
    Nia says:

    Saya mau tanya kalau pembuatan passport itu harus memakai surat sponsor/surat keterangan dari kantor. saya pernah membaca dari artikel lain kalau memakai surat sponsor/surat keterangan rekomendasi dari kantor itu apabila pekerjaan yg tercantum di KTP sebagai Karyawan. Sedangkan di KTP saya masih tertulis sebagai mahasiswa tapi saya sudah lulus kuliah.
    Yang mau ditanyakan, apakah saya harus tetap membuat surat sponsor/ surat rekomendasi tersebut? Tapi nanti tidak sama dgn yg tercantum di KTP. Karena biasanya semua harus sesuai dengan identitas diri
    Terima Kasih,
    Nia

    Reply
  47. pututik
    pututik says:

    @eel: Pengambilan bisa diwakilkan dengan surat kuasa
    @Yanti: saya kurang jelas dengan yang dimaksud
    @Ponco5: registrasinya bisa, sedang administrasinya belum memungkinkan karena banyak data tidak valid di negeri ini
    @rein: untuk pengusaha nanti ditanya terlebih dahulu tujuannya
    @Nia: baiknya di update identitas pribadi anda
    @reggy: hari gini nggak punya akte, yang terpenting adalah anda melengkapi sesuai dengan syarat yang ditentukan supaya tidak repot
    @vieta: tentunya sendiri2 donk bu

    Reply
  48. nhofia
    nhofia says:

    ih seneng bs ikutan bc blog ini, jd nambah info bwt aq. Mo tanya nich pak, inshallah mei ntar q mo ke LN n netep dsna, trus aq bingung jenis paspor da brp n aq hrs bwt paspornya apa yach?, sekalian dunk info visa. oh ya sedikit informasi ni,aku lulus april berarti ijazah q kan blm keluar, nah enaknya kapan bwt ngurus paspornya?. makasih n ditunggu banggets jwbnya.^_^

    Reply
  49. dwi
    dwi says:

    makasih ya infonya…ternyata ngk mahal untuk pebuatan pasport kirain berjuta juta..trs klo cuma jalan jalan ke luarnegeri apa harus buat visa juga?trs cara dan biayanya giman?mohon infonya ya.gimana dgn npwp apa harus buat juga?..makasih sebelumnya

    Reply
  50. lina
    lina says:

    bu, anak saya mau ikut ke spore, sama saya tp umurnya 12 tahun, trus gimana buat paspornya, sedangkan saya dan suami dah punya. apa yg harus saya lakukan.

    Reply
    • Andri
      Andri says:

      Silahkan urus dulu paspornya, karena sekarang paspor untuk anak itu berdiri sendiri. Tidak ikut ke orang yuanya. Cara pengurusannya sama kok, Hanya ditambahkan surat nikah ortu, Waktu wawancara aja nanti akan perlu didampingi. Semoga dapat membantu

      Reply
  51. Andri
    Andri says:

    Saya mencoba buat paspor online, tetapi setelah seluruh proses selesai, yang ada hanya tulisan verifikasi terus….. demikian juga ketika diulang. tidak ada yang dapat dicetak. Tolong diberi info dong….

    Reply
  52. pututik
    pututik says:

    @herman effendi: prosedurnya sama saja cuma bawa paspor yang lama
    @Andri: untuk system online lebih baik coba ulang menggunakan browser yang lain recomended firefox dan IE saja
    @lina: sudah dijawab sama andre
    @dwi: npwp berguna untuk bebas masalah viskal
    @lilin: apakah online database paspor berlaku atau belum silahkan cek di tangerang, jika sudah harusnya tidak ada masalah. surat ijin tinggal perlihatkan juga.

    Reply
  53. anis
    anis says:

    mas mohon infonya..aku ud buka di internet explorer….aku udah coba berkali kali..setelah upload data..muncul tulisan verifikasi terus tapi blank…ga ada tulisan apa apa..bingung ni
    thanks before

    Reply
  54. roe
    roe says:

    saya berencana untuk membuat paspor, rencanannya mau daftar online saja, tapi masih sedikit bingung dengan pekerjaan, karena saya hanya kerja bantuin kakak, apakah saya tulis “wiraswasta” saja?. Karena saya dengar kalo ditulis pegawai swasta ato swasta akan dimintai surat rekomendasi tempat kerja. mohon infonya…

    Reply
  55. Mars
    Mars says:

    Hi…bisa bantu kasih informasi tentang pengurangan nama dalam paspor ga? Aku ex-TKI.pertama kali bikin paspor yang urus PJTKI. Mereka asal2an aja nambahin nama bapakku di belakang namaku dalam paspor.selama ini aku ga ada masalah dengan paspor itu.
    tapi…giliran sekarang aku mo nikah sama WNA,perbedaan nama paspor dan identitasku yg laen jd masalah besar. Jadi aku hendak ngajuin penggatian paspor dengan perubahan nama dalam artian nama bapakku di hapus dari paspor aku. caranya gimana ya? kira-kira bisa ga? mohon infonya….and thanks sebelumnya.

    Reply
  56. lia
    lia says:

    rencana saya akan pergi ke india, peng punya pasport. sebenarnya ke sana mau ketemu sama temen chating saya, enaknya bikin pasport yang mana bu??? lalu waktu wawancara ntar ditanyain apa aja ya???? oia umur saya sekarang 3o tahun belum menikah, masak harus pake ktp orang tua?????
    mohon jawabannya

    Reply
  57. angelina
    angelina says:

    Apakah sekarang syarat pembuatan paspor masih memerlukan SBKRI?? Saya WNI sejak lahir & kakek nenek moyang saya sudah lahir di Indonesia, tapi dulu 12 tahun yang lalu waktu mengurus paspor masih diminta syarat SBKRI…..bila masih diminta, apakah anak saya masih harus membuat SBKRI juga,karena anak saya akan membuat paspor juga.
    Trm kasih bu….

    Reply
  58. amelia
    amelia says:

    donnyrahman : bukanya dari int.explorer browser. semua document tidak ada yang landscape. semua posisinya berdiri (saya ga tau istilah komputernya hehe)

    Reply
  59. dandy
    dandy says:

    prakteknya nga kayak gitu kalee…di mampang tu antrian mpendaftaran aja mpe no 500, sementara sampai dgn jam 12 baru dipanggil no 64….tutup jam 16.00, yah palin g mpe tutup juga baru nomer 100-an…..pa lagi di tangerang lebih gila lagi, nomor diambil manual pada rebutan en cuma dibatesin mpe no 70…

    Reply
  60. pututik
    pututik says:

    @anis: mohon maaf saya tidak bisa menjawab lebih detail masalah ini, mohon hubungi pihak imigrasi.
    @roe: untuk wiraswasta hmmm saya kembali tidak dapat mejawabnya
    @mars: tinggal mengajukan dan memberikan data sebenarnya, karena paspor itu data internasional seperti sulit untuk merubah data yang terlanjur ada karena biometrik itu tak boleh di 2 user berbeda.
    @lia: tujuan wisata saja? gunakan yang 42 sekalian toh gak terpaut banyak dan masak anda tidak punya ktp kan aneh.
    @im: tetap bisa kan asal ada data resmi kunjungan serta ijin orang tua secara tertulis.
    @amelia: thanks sudah membantu
    @Rika chika andriani: sama-sama semoga bermanfaat.
    @thomas: nggak jelas pertanyaannya. ngurus paspor itu gampang, yang mempersulit adalah kita sendiri.
    @dandy: lain ladang lain cangkulannya mas, prakteknya saya sudah bisa menggunakan paspor saya keluar negeri dan artikel cara membuat paspor ini telah menjadi rekomendasi ribuan orang. padahal saya menulis ini sejak tahun 2008 tepat setelah saya memproses paspor.

    Reply
  61. Praya
    Praya says:

    Dear Pututik,
    Terima kasih website sangat sekali membantu bagi kita yg akan membuat paspor.
    Saya,istri dan kedua anak saya mau membuat paspor utk persiapan saja bila sewaktu-waktu diperlukan.
    saya ingin menanyakan utk surat rekomendasi dr ktr apakah mrpkan keharusan? krn kalo saya isi wiraswasta akan berbeda dgn di ktp pekerjaan karyawan.
    Bgmn dgn syarat2 untuk kedua anak saya yg msh berumur 6 thn dan 6 bln?
    Apakah hari sabtu dan minggu juga buka? dmn kita bisa mendaftar? saya tinggal di ciputat. Adakah tips yg lain agar bisa membuat paspor dgn praktis, efisien dan efektif?
    Salam.
    Praya

    Reply
  62. mey
    mey says:

    hi, kaka saya dan suaminya mau bikin paspor, mereka minta saya yg ngurusin dulu, bisa ga ya? trus yang saya bingung juga, suami kaka saya itu ga punya akte lahir dan ga punya ijasah (katanya blm sempet lulus sd udah merantau, padahal d kk tertulis lulusan sma) masih bisa bikin pasport ga? mereka mau honeymoon katanya..
    masalah lainnya, untuk pendidikan terakhir kaka saya d kk tertulis lulusan smp sedangkan ijasah yg ada ijasah sma, gmana tuh? bingung deh jadinya, tambah lagi tahun lahir kaka yg di ijasah sm yg di ktp juga beda.

    Reply
  63. atan
    atan says:

    terima kasih info nya mbak..
    yupp saya setuju dg angelina, pengalaman saya yg sdh 4 kali ganti paspor sampe sekarang masih perlu SBKRI…
    padahal mulai dari kakek, nenek udah lahir di sini..
    indonesia ku yg TERCINTA…

    Reply
  64. andika mawarni
    andika mawarni says:

    saya inigin membuat passport untuk pergi liburan ke kota kinabulu malasya..
    tapi saya tidak ada ijasah terakhir..tidak selesai sekolah..

    Reply
  65. nimmie
    nimmie says:

    thanks infonya. saya memang lagi mau buat paspor.
    kita bisa ke kantor imigrasi mana aja ya, gak harus sesuai KTP kan? Misalnya saya tinggal di Jakarta, tapi ke kantor imigrasi Tangerang… karena kantor deket sana. Boleh ga ya?

    Reply
  66. estiewe
    estiewe says:

    Makasih baget Mr.Pututi
    bagus banget…saya baca semua artikel Mr.Pututi tentang paspor, pembuatannya, etc.
    Saya sangat setuju dengan Mr.Pututi, dan saya sangat tidak respect pada petugas MARKUSSSS dimana aja.

    Reply
  67. Leonarko
    Leonarko says:

    sebelumnya maaf kalau repost…
    soalnya buanyak banget postingan diatas… ga sempet baca satu2… hehe…
    mau tanya nih…
    kalau misalnya kk saya kk jawa tengah (semarang), bisa ga saya bikin paspornya di tangerang?
    soalnya sekarang saya tinggalnya di tangerang.
    tolong reply ke email saya yach…
    thanks before n’ after… 🙂

    Reply
  68. fredy
    fredy says:

    numpang ngasih info, dari pengalaman saya ngurus paspor online
    untuk saat ini layanan PASPOR ONLINE sudah TIDAK BISA lagi.
    terima kasih. semoga tidak jatuh korban lagi 🙁

    Reply
    • pututik
      pututik says:

      hari gini belum punya akte kelahiran pak? waduh sebenarnya dari sebelum bapak buat paspor kan sudah buat akte kelahiran. untuk hal ini mahal pak maaf saya tidak bisa jawab.

      Reply
  69. Tri
    Tri says:

    mohon info mbak, untuk anak-anak gimana yah, anak saya yang besar umur 7 tahun yang kecil umur 2 tahun, trus paspornya gimana yah, apakah masih ada paspor keluarga, atau harus sendiri-sendiri? kalau sendiri-sendiri, wah biaya bengkak jadi 4 kali nih…ck…ck…ck..
    Trus yang jadi ganjelan saya tuh kenapa wawancaranya selalu ditanya tujuan imigran, setahu saya dinegara lain paspor merupakan sebuah kewajiban seperti KTP, kenapa dinegara kita masih seperti barang mewah ya….?

    Reply
  70. Uji
    Uji says:

    makasih infonya mbak, sangat membantu. Saya diterima bekerja diperusahaan game dubai. Kerja sistem remote ( tetep dirumah ) Saat ini saya sedang menunggu surat rekomendasi pembuatan pasport dan NDA. Perusahaan meminta mengirimkan copy passport serta NDA yang telah ditandatangani beserta foto ukuran pasport..
    sekalian tanya ya mbak, berapa ukuran foto pasport itu dan baiknya gimana kirim lewat email aja atau jasa ekspedisi?

    Reply
  71. riesta
    riesta says:

    wah,,mantap niy infonya…kebetulan aku juga mw bikin paspor niy…
    aku orang solo,,tapi kerja di pekanbaru…akhir taun lalu mw bikin di pku,,tapi gak bsa,,katanya harus make ktp pku…nah,,skarang jadi males ngurusnya…
    kebetulan ntar lagi mau cuti balik ke solo,,,mw skalian bikin di solo,,,gak masalah kan kalo rekomendasi dari kantor di pku????makasih sebelumnya…

    Reply
  72. jono
    jono says:

    besok saya mau bertempur ke kantor imigrasi Batam, senjata2 sudah lengkap. mudah-mudahan tidak TERLALU dipersulit. doain ya biar sukses. sampai titik darah penghabisan( hahaha… mau bikin paspor seperti mau perang aja)

    Reply
    • jono
      jono says:

      hehe….pasporku udah mau jadi. rupanya gak sulit2 amat, yg penting surat2 lengkap en gangguan calo yg selip( nonton trus aja gerak geriknya abis penasaran). pegawai imigrasi pun sopan, pokoknya beda banget dgn doeloe. say no to “CALO”.

      Reply
  73. Andri
    Andri says:

    Saya mau bikin paspor untuk mengunjungi tmn saya di Amerika (citizen).ktp saya statusnya msh mahasiswa,pdhl aslinya udah kerja wiraswasta,1 thn stlh buat KTP.soalnya KTP skrg untuk 5 thn.trus KK saya ayahnya msh hidup.pdhl aslinya udah meninggal.itu berpengaruh gk sih buat bikin passport.soalnya udah gk ada waktu lg untuk ngrubah status KTP atau KK.nanti pengaruh apa gk ya klo passpornya udah jd untuk pengurusan VISAnya?

    Reply
  74. alyah
    alyah says:

    Kalo mau pake aplikasi paspor online, pastikan bukanya di INTERNET EXPLORER ya, supaya bisa dapat bukti registrasi dlm bentuk pdf 🙂

    Reply
  75. martacila
    martacila says:

    @rania
    Mba Rania – saya mau buat passpor anak saya. itu cara nya dan persyaratannya apa saja kalau via online.. kalau ada info tata cara pengisiannya..seperti kalau anak saya 13 tahun masih sekolah, terus disisi pekerjaannya apa? terus NO ID/NIK/KTP kan tdk ada, musti diisi apa? terima kasih sebelumnya- martacila

    Reply
  76. tiar
    tiar says:

    nanya, kl mo bikin paspornya bareng langsung orangtua ma anak2nya yg msh kecil, apa bisa lsg sekalian ato ortunya dulu br anak-anaknya??? makasih atas infonya….

    Reply
  77. lidya
    lidya says:

    permisi mas numpang tanya,klo pas hr k 2(sesi foto+wawancara) ga bs dtg gmn?apa bisa dtg d lain hari?pls bls yg cpt,krn aku sdg dlm proses bikin paspor tp trnyata pas hr k2 aku ga bs dtg krn ada kuliah.

    Reply
  78. Ridloin abay faqih ulin nuha
    Ridloin abay faqih ulin nuha says:

    jika mau buat paspor tapi ijazah smanya belum keluar bagaimana????????karena persyaratan untuk kuliah di rusia adalah ada paspor dan pendaftarannya bulan januari 2011,apakah bisa diganti dengan raport saja????????????

    Reply
  79. susan
    susan says:

    infonya good banget ,soalnya aku mau bikinin passpor buat ibuku yang mau jenguk saudara diluar negeri dan baru mau pertama kali bikin paspor,jadi info ini sangat bermanfaat sekali,thanks.

    Reply
  80. supul
    supul says:

    nice post… pas butuh, pas ketemu ni postingan…
    mw tanya bbrpa hal:
    1. saya dulu buat paspor untuk kuliah, trus dah expired april 2009, setahun setelah slesai kuliah. karna ga butuh, paspor tidak segera diperbaharui… kira2 saya daftarnya paspor baru atau perpanjangan ya?
    2. KTP saya msh KTP solo, sedang posisi saya di depok.. apa bisa mengurus dan ambil paspornya di depok?
    3. setahu agan, Kalau saya ganti KTP depok sebelum masa berlaku paspor habis, apakah paspor saya tidak valid lagi?
    thx in advance
    pututik: point 1: bisa berlanjut cuma kena denda besarnya kurang tahu deh, point 2: sepertinya harus kesolo, point 3: paspor tetap berlaku, yang harus dilakukan adalah proses perpindahan dari solo ke depoknya jika sudah menetap

    Reply
  81. dilla
    dilla says:

    temen tolong saya…
    saya mengurus paspor adek keponakan saya di imigrasi,nah adek saya sudah berumur 17 tahun tp di imigrasi pada saat interview disuruh bawa orang tuanya…
    padahal orang tuanya bekerja sebagai TKI di hongkong,keinginan orang tua kuat untuk anaknya bisa berlibur ke negara tersebut.
    kemudian adek saya tidak sabar…
    tanpa sepengetahuan saya adek saya ngurus paspor lewat calo dan sampai selesai…
    tapi di imigrasi di kota lain itu tidak bisa di cetak…
    terus saya harus gimana?
    apa tetep di imigrasi yg pertama saya daftarkan?
    apa paspor sudah jadi di imigrasi yang pertama tempat saya daftar?
    tolong bantu teman
    pututik: setahu saya harus dilokasi dia membuat awal hingga prosesnya selesai, maaf saya tidak bisa bantu untuk proses lebih dari menjawab saja.

    Reply
  82. Akbar
    Akbar says:

    Maaf, tadi di bagian ‘dokumen penting’ ada surat rekomendasi perusahaan. Kalau masih pelajar alias blm kerja gmn?
    pututik: untuk pelajar harus ada surat ijin dari orang tua dan keterangan pelajar kalo nggak salah

    Reply
  83. maxlender
    maxlender says:

    apakah setiap kota ada layanan pembuatan paspor?
    saya ada di kota magetan, baratnya kota madiun.
    mohon infonya terima kasih ^^
    pututik: waduh mohon maaf saya tidak bisa jawab hal ini, jika kota besar sih kemungkinan besar ada

    Reply
  84. niqebox
    niqebox says:

    Mau tanya donk. Kalo mau buat paspor untuk adik saya yang masih pelajar, sementara ibu dan bapak saya tidak memiliki paspor kepengurusannya gimana ya?
    Lalu utk surat rekomendasi dr ktr apakah mrpkan keharusan? karena tujuan wat bikin paspor hanya untuk liburan saja..
    Mohon pencerahannya.
    Thanks,
    pututik: orang tua tidak harus punya paspor jika yang ingin pergi hanya si adik saja, kalo orang tua juga ikut ya harus buat. Surat pernyataan dari orang tua dibutuhkan karena nanti sebagai jaminan imigrasi bahwa tujuannya telah mendapat persetujuan, jadi kalo belum kerja dan masih anak2 tetap pakai surat keterangan dari orang tua.

    Reply
  85. rully
    rully says:

    Mohon info, apakah bikin paspor bisa pake KTP lain daerah?
    Sy sekarang tinggal di BSD Tangerang, tp KTP masih Kebumen..
    Sebaiknya ngurus paspornya kemana? Tangerang apa Kebumen (asal KTP)
    pututik: harusnya sih tidak ada masalah, tapi silahkan cek terlebih dahulu ke kantor imigrasi terdekat

    Reply
  86. sikucrit (nama disamarkan)
    sikucrit (nama disamarkan) says:

    sekedar update proses pembuatan passport berdasarkan pengalaman saya di kantor imigrasi kota semarang.
    tujuan : pembuatan passport 48 halaman untuk pengajuan beasiswa.
    -.proses hari pertama (3 Januari 2011):
    datang di kantor imigrasi jam 09.00 WIB. langsung ke loket pengambilan folmulir. bayar 17000 untuk formulir,materai, dan sampul passport. mengisi formulir dan melampirkan KK,KTP,Akte kelahiran, ijasah (semua asli dan foto copy).langsung menyerahkan berkas ke loket pelayanan paspor. tunggu hingga dipanggil kembali. berkas asli dan tanda terima berkas dikembalikan. semua proses hanya 15 menit. disuruh kembali setelah SEPULUH HARI (meleset dari perkiraan).jam 10.15 WIB pulang.
    -.10 hari kemudian (13 Januari 2011)
    datang jam 09.00 langsung menuju loket pelayanan paspor menyerahkan tanda terima berkas.jam 10 masih belum dipanggil, jam 11 belum juga, jam 12 istirahat, jam 12.30 WIB dipanggil untuk membayar biaya 200000(paspor)+55000(biometrik), kemudian diberi kuitansi+No antrian. No saya 121, dan pada saat itu baru dipanggil No 56 (WTF!!!), jam 17.00 WIB dipanggil untuk foto, cap jari, dan wawancara. (ada yang dateng jam 7 pagi dan foto jam 5 sore). kembali keloket pelayanan passpor, dan diberi tahu pengambilan paspor “SATU BULAN LAGI” (ANJ**G).padahal butuhnya cepet.
    perlawanan terakhir nyoba tanya2 calo:
    Saya: “mas, saya udah ngurus semua, terus tinggal ngambil paspor bulan depan, kira2 kalo dibikin cepet gimana mas? kira2 nambah berapa?”
    calo: “waduh mas, kalo kayak gitu mahal,musti bayar travel kejakarta. kok g dari kemarin saja lewat calo mas? sehari langsung jadi, bayar 700000. gini aja mas, mending bikin ulang bayar 700ribu, yang 255ribu tadi diikhlasin aja”
    Saya : (WTF!!! seenak udel lo, lo kata! udah nunggu seharian gini juga) “ya udah mas, nanti saya tanyain ke Bapak dulu mas, permisi”
    dari pembicaraan dengan calo2 disitu, mereka berpendapat kalo petugas2 imigrasi yg terhormat itu brengsek2 semua, mata duitan (bukan cuma saya yg bilang)
    endingnya saya berniat untuk ngurus lewat calo keesokan harinya. kata bapak bilang “daripada mburu uceng kelangan deleg”, lebih baik kehilangan uang ratusan ribu untuk mendapat sesuatu yang lebih besar lagi 🙂
    pututik: sayangnya dengan kesempatan yang diberikan seperti ini maka kita semakin membuka celah buat mereka, dijakarta 5 teman saya hanya seminggu kelar.

    Reply
  87. hendar
    hendar says:

    kalo yg msh pelajar apa + apa ajh syaratnya?
    pututik: sepertinya di komentar sebelumnya sudah kami sebutkan, maaf males ngulang seperti anda males baca

    Reply
  88. RC
    RC says:

    According to Sikucrit’s post…
    Ribet amat buat passport,,,
    itu dikarenakan pegawai2 imigrasi yg kurang memiliki pendidikan moral. Selalu ingin mencari lahan haram. Grr
    pututik: tidak semua sih mas, kondisi lingkungan tempat mereka berada yang mendidik mereka seperti itu, coba kalo di ajarkan tentang hukum akhirat tiap pagi sebelum kerja bisa nangis darah mereka makan uang riba haram

    Reply
  89. yuan
    yuan says:

    bermanfaat sekali ilmunya, saya rencana mau studi abroad jg, lagi nyari2 beasiswa, doakan bisa lulus,
    o iya kalo ada waktu monggo mampir ke blog saya yang sederhana tapi menarik
    http: //yuanadesukma .wordpress .com/
    matur nuwun
    pututik: sami-sami mas, semoga sukses dengan predikat yang sangat baik

    Reply
  90. yuan
    yuan says:

    apa boleh kopi paste nanti saya kasih link ke blig nya anda. makasih sebelumnya…
    pututik: silahkan asal bermanfaat

    Reply
  91. iyek
    iyek says:

    panjang ya, ga ada yang bebas calo apa?
    dari jual rumah sampe bikin SKCK, calooooo isinya
    pututik: ada kok, hanya saja ini kan ulah oknum mas, jangan di generalisir. Kasihan mereka yang jujur dalam bertugas bisa kena imbasnya

    Reply
  92. Asep Septiadi
    Asep Septiadi says:

    Pak, mau tanya apakah semua copy surat itu harus dilegalisir untuk membuat passport?
    terimakasih…
    pututik: untuk surat keterangan kerja harus asli, untuk copy surat yang lain sih tidak perlu karena kita harus bawa yang asli untuk diperlihatkan kepada petugas

    Reply
  93. faira
    faira says:

    kalo ijazah SMA saya ada yg salah nama, tp ijazah SD saya bener,apa bisa?
    terus saya hanya punya surat tanda kelahiran ga ada akte itu gimana ya?
    mohon info.
    kalo saya ga sempet buka ini tolong email saya ya,
    thanks

    Reply
  94. faira
    faira says:

    oia ketinggalan mas, klo untuk wisata apa harus ada surat dari orang tua?
    itu isinya gimana ya mas,saya ga ngerti.
    thanks lagi 🙂
    pututik: maaf telat jawabnya, saya jawab keduanya ya. sepertinya akan ada kendala jika nama di ijasah itu berbeda meskipun sedikit. kemudian mengenai wisata ya tinggal diisi tujuannya kemana gitu aja kok nggak ribet-ribet amat. cuma dipastikan dari pihak imrigasi “bukan untuk kerja kan” begitu

    Reply
  95. ismi
    ismi says:

    hi met kenal mbk /mas saya mau tnya saya mau tanya
    gini saya punya paspor tki tp udah expire
    klu saya mau ganti paspor48 halmn syrtnya ap aj minta pnjelsanya
    n maksih n thansx bnget jwbne
    pututik answer: mohon hubungi imigrasi setempat, bawalah paspor lama karena semua akan lebih cepat prosesnya, saya belum tau apakah sekarang diterapkan sistem denda

    Reply
  96. sari suwito
    sari suwito says:

    numpang tanya. teman saya WN Malaysia, mau ambil pengasuh anak dr indonesia. utk calon pekerja yg saya rekomendasikan itu apakah harus apply passport tki dan diurus melalui PJTKI?
    pututik: harusnya iya karena ia statusnya sebagai pekerja, kecuali mau ilegal nah itu tergantung pribadi masing-masing

    Reply
  97. anita
    anita says:

    mau tanyak kalau bikin paspor untuk anak yang masih kecil,umurnya baru 6 tahun persaratanya apa aja dan berapa lama selesainya
    pututik: surat lahir, surat dari orang tua dan keterangan lainnya silahkan di baca dari komentar2 lain disini ada

    Reply
  98. paulo
    paulo says:

    thank banget buat info nya semoga makin mendapat berkah atas kebaikan nya…
    abang aq mau buat paspor karena mau kerja di luar negri kami kewalahan cari info tentang
    syarat yang di tentukan ,,masalah nya abang saya hanya punya ktp,kk,dan surat nikan sedangkan untuk ijazah nya tidak ada gimana ya mas ada solusi lain ngak .trim banyak

    Reply
  99. baby
    baby says:

    Hi aku ibu rumah tangga,mo berkunjung ke UK , klo mo buat pasport tanpa akte kelahiran ,di ganti sama lainnya bisa gak ya?

    Reply
  100. Almisky
    Almisky says:

    Salam gan, maf kalau untuk anak kuliah syaratnya perlu izin atau rekomendasi dari kampus gak?
    ane liburan kuliah kali ini pengen ke singapur n malaysia

    Reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] you see, we always used some bold font for every optimized. I hope this article like my passport article thats always on top of […]

  2. […] posting on the web. Because he really interested how can my article on top on google or yahoo. Like cara membuat paspor, how this article seo friendly and how search engine record many article from pututik […]

  3. […] karena saya awalnya dari solo yang pindah semarang jadi istilahnya Mutasi SIM, apakah nanti sesulit membuat paspor yang juga saya lakukan di Semarang? Semoga saja tidak ya…. Naik bus aja yang ngirit daripada […]

  4. […] Cara membuat paspor di Indonesia apakah beda dengan di Singapura, itu saya tanyakan. Hingga apakah tidak ada database terkoneksi antara Indonesia dengan Singapura, sampai saya bilang alangkah terlalunya petugas yang tadi mengira saya anggota sindikat terlarang dengan tampang yang tidak sopan lagi. Sampai akhirnya saya habis berkata-kata karena bahasa inggris pas-pasan ditambah dialek inggris mereka tidak begitu mengena ditelinga. Saya berniat menunjukkan surat tugas dari pihak penyelenggara dan tujuan hotelnya, namun mereka mengurungkan, malah menggeledah tas saya. Akhirnya saya lolos juga, namun belum sampai disitu, pintu keluarpun saya masih digeledah, oooooo ya Alloh what are you doing guys, I am not terrorist. Apakah jenggot identik dengan teroris? Lalu bagaimana dengan para wanita yang berpakaian erotis atau warga mereka yang bermesraan di tempat umum, apakah itu bukan biang terror syahwat. Hehehe nggak nyambung ya. […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *