Google Analytics v5 2011

Google Analytic Satu kabar menarik dari Google mengenai update terbaru yang sudah lama ingin mereka lakukan akhirnya terwujud sudah. Google Analytic tidak lain dan tidak bukan adalah tools yang sangat powerfull untuk melihat report dari sebuah situs yang berisi banyak hal, seperti jumlah kunjungan, jumlah tampilan, asal negara, ip report, ads report dan keywoard atau artikel yang menarik dari situs kita berdasar kunjungan.
Dengan berbagai fitur tersebut ternyata google menerima berbagai masukkan serta ingin menyelaraskan update skema yang diterapkan pada PageRank. Berikut adalah fitur yang nantinya akan dibenamkan dan menjadi kunci utama para webmaster untuk melakukan optimalisasi situs yang dikelolanya termasuk saya. Selain antarmuka didesain ulang yang membuatnya lebih mudah untuk mengeksplorasi data Anda, Anda juga akan melihat beberapa fitur baru yang signifikan. Berikut adalah beberapa favorit yang saya jelaskan di awal berdasar informasi dari team Analytic.
Google AnalyticReal-Time Google Analytics
Laporan ini menunjukkan apa yang terjadi di situs Anda! Laporan diperbarui secara terus menerus dan setiap tampilan halaman dilaporkan perdetik setiap ada perubahan dan kunjungan di situs Anda. Anda akan menemukan Real-Time laporan di tab ‘Home’.
New From Google AnalyticMulti-Channel Funnels
Untuk melihat saluran pelanggan Anda berinteraksi selama 30 hari terakhir. Konversi data path meliputi interaksi dengan saluran media iklan adsense, termasuk klik dari pencarian dibayar dan organik, afiliasi, jaringan sosial, dan iklan display.
Laporan Analytic Mobile AccessMobile Report
Inilah hal menarik yang saya sendiri masih terlalu dini untuk memberikan proses penampakan, analytic akan memberikan laporan setiap pengunjung dari perangkat mobile. Laporan Mobile di versi baru dari Google Analytics membantu Anda memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dari mobile, kitapun dapat lihat perangkat mobile pengunjung mengoptimalkan bagi perangkat mereka. Tujuannya sangat banyak, potensinyapun besar karena setiap gadget kita bisa optimalkan bagaimana template yang akan disuguhkan dan penetrasi iklan apa yang bisa kita suguhkan.
Visualisasi Aliran
Visualisasi Aliran adalah alat yang dirancang dengan indah dan sangat canggih menggunakan grafis menunjukkan bagaimana pengunjung bernavigasi melalui situs Anda. Google Analytics sungguh baik karena biasanya hal ini aka tersedia pada versi berbayar macam sitemeter atau tools analysis lain. Sungguh banyak keuntungan bagi anda yang mau eksplorasi lebih akan hal ini.
Sebagaimana update Blogger beberapa waktu lalu, Team Google memberikan kesempatan kita nantinya untuk tetap bisa menggunakan versi sebelumnya hingga 2012 dan switch ke v5. Akan tetapi peringatan mereka agar kita membiasakan diri di v5 ini, karena awal 2012 versi lama akan dihilangkan. Proses pembelajaran serta kebutuhan report dari pengguna sangat diharapkan, kerjasama kita sebagai pengguna tentu akan membantu google melakukan improvisasi.
Selamat menganalisa situs Anda!

20 replies
  1. Sriyono Semarang
    Sriyono Semarang says:

    google emang tiada matinyaaa… kapan ya ada perusahaan indonesia yang bisa kayak gini, masih ngimpi…
    pututik: sudah ada sih, tinggal komitmen dari penggeraknya. yang sederhana saja kang onnowpurbo salah satunya

    Reply
  2. Joko Sutarto
    Joko Sutarto says:

    Kalau nggak salah saya sempat terima email pemberitahuan ini dari Google. Cuma saya belum cek ke Google Analytics saya untuk mencobanya. Terima kasih sharingnya. Saya langsung meluncur ke TKP. 🙂
    pututik: efektif tahun depan sudah harus biasa memakainya

    Reply
  3. Endy
    Endy says:

    mank dari dulu google analytic ini sangat berguna mas,,,
    kita bisa memperhatikan graphik peningkatan ataupun penurunan blog kita dan memperbaiki jikalau ada penurunan..
    pututik: betul sekali endy, sampai saya sedih kalo traffic yang dilihat cuma dibawah 100 tiap harinya

    Reply
  4. jarwadi
    jarwadi says:

    ini google analytic merupakan yang tersohor dan paling disegani terkait popularitas dan hitung hitungan web
    pututik: sitemeter salah satu yang cukup kreatif sebelumna

    Reply
  5. Fonega
    Fonega says:

    jujur, waktu pake GA, bingung ini gimana cara kerjanya trus money2nya ga tambah2 hahaha sumpah ndeso banget dulu 🙂
    pututik: walah ini mah keliru sama Google Adsense

    Reply
  6. m-amin
    m-amin says:

    Google Analytic memang sangat saya nantikan juga mas. tentunya bagi para blogger sangat membutuhkan fasilitas seperti ini juga.
    pututik: tidak perlu dinanti emang sudah ada kok mas, silahken masuk ke google.com/analytics

    Reply
  7. masyhury
    masyhury says:

    Keren fitur barunya,, tapi sekarang saya sudah malas pasang google analytic, scriptnya berat.. 😀
    pututik: masak mas? sepengetahuan saya ringan kok selama ini saya pakai. terkecuali isp yang kita pakai menggunakan proxy atau firewall yang membatasi akses ke fitur mereka

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *