Change from Subfolder to Root Web

From Sub Folder to Root Web Sekali-kali saya coba berbagi tentang tips wordpress sesuai dengan judulnya saya anggap sudah sesuai. Secara Indonesia berarti Cara Merubah Web dari sub folder ke root (atau bagian utama). Saya menggunakan htaccess untuk melakukan hal ini, bagi yang belum terbiasa silahkan baca tutorial yang ada di dunia maya ini sangat banyak. Saya ambil contoh situs ini awalnya beralamat http://pututik.com/blog (blog ini di sebut sub folder) namun karena hacking dan kesalahan saya akhirnya database menghilang begitu saja. Dan dengan mengais-ngais data akhirnya saya rubah ke http://www.pututik.com (nah ini disebut root) namun salahnya tidak saya gunakan tehnik redirect. Akibatnya banyak link yang selalu dianggap salah oleh Google webmaster maupun Yahoo Explorer.
Cara yang saya pakai ini juga bisa dipakai untuk memindahkan alamat dari folder ke halaman utama, syaratnya di bagian wp-admin/options-general.php anda rubah dulu alamat ke halaman utama kemudian pindah semua yang ada di folder anda ke bagian public_html atau htdocs tergantung jenis server yang digunakan. Nah siapkan notepad kemudian ketikkan  script dibawah ini:
# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
Redirect /blog/ http://www.pututik.com
</IfModule>
# END WordPress
Setelah selesai silahkan simpan file tersebut dengan nama .htaccess kemudian upload ke root folder server anda kemudian lihat apa yang terjadi? Maka link lama anda secara otomatis akan di arahkan ke link baru di root web. Misal link artikel ini awalnya http://www.pututik.com/blog/?p=895 maka akan otomatis berlari ke alamat http://www.pututik.com/?p=895 karena pemaksaan opsi redirect yang kita tuliskan.
Jadi fungsi Redirect /blog/ http://www.pututik.com adalah melempar link dari folder blog ke halaman utama tanpa merubah alamat link sebenarnya. Tips ini juga bisa digunakan sebagai sarana redirect iklan anda, yang pasti pengunjung anda tidak sadar bahwa sebenarnya telah terjadi kesalahan alamat dulunya dan sudah kita perbaiki.
Selamat mencoba!

30 replies
    • pututik
      pututik says:

      mas kips, kalau untuk waktu nggak ada 5 menit kok yang penting pindahan dari sub folder ke rootnya wordpress sesuai bahkan mau ke subfolder yang lainnya juga bisa

      Reply
  1. purwanto
    purwanto says:

    nah… ini yang saya cari, rencananya saya akan merubah blog saya dengan tampilan yang lebih minimalis, tapi takut ketika blog di ganti total banyak pengunjung (gr.com) yang tidak menemukan link yang telah terhapus
    pututik: semoga bermanfaat mas cuma agak beda tehniknya untuk ganti domain

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *