Talk about family

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Sejak lama aku menyukai dunia internet dan teknologi, sejak lama pula aku belajar tehnik pemrograman berbagai platform software, namun hasilnya sama sekali kurang memuaskan. Semua hanya berlalu begitu saja tanpa ada penguasaan secara mendalam. Bahasa rumit assembler, PLC, Visual Basic, Delphi, Pascal, OrCAD, AutoCAD, SQL database, Linux coding dan masih banyak lagi karena lupa menyebutkannya. Akhirnya aku mulai tertarik terhadap pemrograman nakal macro (1998-2003) dan klenik html, aku membuat varian virus Bablas (dari BppHacker) dengan menambahkan pengingat waktu sholat setiap jam komputer penunjukkan waktu yang telah kuperkirakan masuk sholat. Aku sempat membuat pengusaha rental di semarang kewalahan karena antivirus hanya menghapus macro dan tidak menghapus registry maupun .bas file yang dikamuflasekan sebagai .txt file. Sadar bahwa tidak semua pengguna komputer itu muslim, aku membuat varian sederhana yang menghapus macro programku tersebut. Lagipula sekarang word sudah sangat aman dari exploitasi macro maupun semacamnya.

Read more

Topeng Monyet Kemana Langkahmu…??

Adakah diantara kalian yang tidak mengenal istilah topeng monyet? Ini adalah sebuah seni yang menonjolkan monyet sebagai obyek untuk memainkan berbagai peran yang pawang ajarkan padanya. Saya sendiri tidak tahu darimana topeng monyet ini berasal, yang jelas sewaktu saya masih kecil dan hidup saat jakarta masih banyak tumbuhan sekitar 1983 sering menyaksikan atraksi ini. Penontonnya begitu banyak lebih dari 30 orang, baik anak kecil, remaja maupun orang tua yang sekedar menjaga anaknya. Biasanya topeng monyet menyertakan hewan pelengkap antara lain anjing, kucing, ular dan kakak tua. Monyet merupakan pemeran utama dalam setiap atraksi. Kenapa disebut topeng monyet? Sang abang bingung menjawab, dia hanya bilang biar mudah di ingat dan monyet lebih sering pakai penutup wajah saat bermain. Memang kalau sedang atraksi monyet menggunakan topeng, helm dan reog mungil sesuai peran yang dimainkan. Read more

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Sucikan Hati dan Raga
Raih Prestasi tuk Akhir Masa
Mencari Ridho Alloh Yang Maha KuasaJaga hati, bathin, jiwa, raga, akhlak, mata, ucapan dan perbuatan
Ingat

Jangan sampai puasa merugi

Usiaku berkurang satu tahun

Ada yang memegang diriku dari belakang, terasa sangat kuat dan begitu membuat aku ingin berteriak namun tidak bisa. Cengkraman itu begitu kuat memegang bagian tangan kananku, akupun istighfar berharap Alloh membantu melepaskannya. Namun cengkeraman itu semakin kuat dan membuat aku berkeringat dingin, akupun berteriak kencang aahhhhh……. Allohu Akbar…. Aku segera beranjak dari tempat dimana aku tadi dikekang, kulihat pintu terbuka lebar dan kulihat kamarku berantakkan. Jam di dinding menunjukkan pukul 01.20 wib, ternyata aku bermimpi dan aku ingat barusan tertidur tanpa berdoa terlebih dahulu entah jam berapa yang jelas aku pulas tanpa memperhatikan lingkungan sekitarku.
Saat perasaan kaget dan lelah itu berkecamuk, hawa dingin membuat bulu kudu ini merinding akhirnya aku segera berlalu menuju sudut ruangan sempit di samping kamar untuk buang air kecil. Lega dan kutata kembali posisi tempat tidur memperhatikan ada sesuatukah yang janggal? Ternyata semua barang masih di tempatnya, berarti tadi benar-benar mimpi buruk saja dan tidak ada pencuri …he..he..he…
Ooohhh aku masih online dari tadi sore, kasihan komputerku belum kumatikan. Sesaat hendak mematikan modem phone aku tersentak kaget oleh ringtone dan getar 7250 warna biru yang selalu kujadikan modem itu. Kulihat waktu 01.30 wib dan kulihat siapa gerangan penelpon disana ternyata ibunya arya, pikirku ngapain gini hari dia telp….???
aku: assalamu’alaikum wr. wb.
mama: walaikum salam wr. wb.
aku: ada apa ma? malam-malam begini telp… kok belum tidur….
mama: selamat ulang tahun pa…. sehat selalu…
aku: ha….??!? (kaget berpikir ini beneran nggak sih)
mama: ya udah tidur doonk, masak selalu larut jaga kesehatan ya…. takut bangunin arya… i love you jangan lupa berdoa
aku: oh ya, makasih ya ma… sebentar lagi juga dah mau tidur kok…
mama: assalamu’alaikum wr. wb.
aku: wa alikum salam
MasyaAlloh benar juga usiaku saat ini, tepatnya pukul 02.00 usiaku telah berkurang menjadi 27th aku harus bersyukur dan aku merencanakan sesuatu untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang lebih membutuhkan dari sekedar acara makan-makan pengisi perut kami yang sudah gembul ini. Saat melamun merencanakan ini itunya terdengar lirih ada sms masuk ke communicatorku…
Selamat ulang tahun ya pa. Semoga panjang umur, tambah sayang ma keluarga, bs jd imam yg baik tuk keluarga, murah rizki, bnyk sodaqoh & bahagia selalu.
Amin.

-=MyWife=-
+62815xxxxxxx
01:30:01
26/09/2005

Aamiin…
Ya, istriku memang termasuk golongan romantis. Coba kalo saat ini kami sedang bersama, selalu ada saja yang dia buat surprise buat kami sekeluarga. Tapi karena ada tugas dan aku sendiri lupa, ya sudah saat ini aku di yogya berteman seperangkat komputer dan modem tanpa lilin atau kue tart menghias kamar. Tidak juga sun sayang dari arya yang selalu bikin aku semangat bekerja.
Terimakasih Ya Alloh atas segala kesempatan yang Engkau beri dan terimakasih istriku semoga doamu dikabulkan Alloh SWT.

Anakku Susah Makan

Beberapa hari ini tidak ada ide buat ngeblog dan hiatus merupakan salah satu pilihan tepat. Ada saja kendala yang membuat hasil ketikkan menjadi berantakan, terlebih melihat tubuh arya yang semakin kurus karena susah makan. Aku menghabiskan banyak waktu saat liburan kemarin hanya ingin membuat arya mau makan dengan lahap, batinku menangis bertanya kenapa hal ini bisa terjadi padahal kami memberikan berbagai bentuk rasa, jenis, ukuran, tingkat kekenyalan dan wadah yang menarik. Nyatanya arya masih enggan memakan apa yang kami suguhkan, baik pagi, siang, sore maupun malam tetap saja membungkam mulut. Apalagi saat melihat mama membawa mangkuk kecil, hmmm dia langsung teriak menangis menandakan rasa tidak inginnya.
Saat memberi makan seperti orang menyiksa anak, harus dipaksa dengan cara di sempitkan ruang geraknya. Meronta-ronta sudah pasti, namun sementara baru cara ini yang ampuh untuk dapat memasukkan paling tidak 4-7 sendok bayi. Kadang karena begitu khawatirnya kami mengjaknya berkeliling supaya dia senang dengan suasana sekitar untuk memancing rasa laparnya datang. Belum membuahkan hasil yang diinginkan karena setiap kali kali menggodanya untuk makan selalu tidak mau. Lebih parah lagi 4 jam kami membawanya ke berbagai suasana dengan mengganti makanan agar tidak basi atau bau tetap saja tidak mau.
Konsultasi dengan dokter anak sudah kami lakukan, ramuan herbal sudah kami berikan, kamipun tidak pernah memarahi dia karena menurut para ahli ia akan semakin enggan makan jika kita terpancing emosi. Literaur yang kudapat dari berbagai macam media belum membuahkan hasil, salah satu yang populer adalah karya Soeroyo Machfudz dr. Sp.A(K) MPH. Kiat Mengatasi Anak Susah Makan. Republika. 13 Juli 2003. Dan nampaknya semua cara dari beliau sudah kami lakukan, tinggal telaten atau sabar melaksakannya hingga batas waktu dua tahun. Jika tidak akan terjadi ganguan pada saluran pencernaan arya kelak.
Pemberian ASI tetap menjadi prioritas utama saat ini, daripada membuat arya kekurangan gizi lebih baik mama sedikit endut untuk memperbaiki kualitas ASI yang akan diberikan. Aku sendiri hampir setiap hari telpon ke semarang hanya sekedar menanyakan arya atau berbicara bahasa balita dengan arya. Dia sering mengadu padaku, entah apa yang dibicarakan karena masih berupa bahasa indah yang sulit dimengerti oleh kita yang sudah fasih berbicara. Setiap aku tanggapi maka ia akan tersenyum bangga dan tertawa girang boros pulsa nih.
Minggu ini aku libur Jum’at karena ada kerabat yang punya gawe, aku dimandat untuk membantu proses pernikahan mereka. Nah rencananya aku mengajak arya berenang, mungkin saja ia akan merasa senang bermain air dan saraf-saraf tubuhnya berkembang. Tujuan utama kami adalah membuat cara berpikirnya lebih luas dari kami dan tentu mau makan dengan sendirinya karena lapar. Menurut banyak orang kemungkinan besar arya seperti diriku yang memang sangat susah makan, tapi itu terjadi setelah aku kuliah dan waktu kecil sangat rakus akan makanan. Praduga sih, tapi yo memang ini ujian buat kesabaran kami. Semoga di hitung sebagai amal ibadah kebaikan oleh Alloh SWT, semoga arya juga makin lahap makannya. Nah berhubung sudah siang aku mau ke bengkel dulu benerin kendaraan trus keliling menepati janji dengan rekan di yogya.
Have a nice day you all…

Satu tahun ananda arya

Semoga Alloh SWT memberikan
Cara berfikir yang jernih lagi bersih
Kesolehan sikap, sifat dan akhlak terpuji
Cinta Alloh SWT dan Rasululloh
Cinta Al Qur’an dan Al Hadist
Menjadi Suri Tauladan yang baik
Kemudahan dalam beribadah dan sulit berkeinginan bakhil
Fitrah yang baik yang mendoakan kami orang tuamu
Aryaputra Widyatamaka
09-09-2005

Satu tahun sudah kami mendidikmu nak dan tentu kami akan membimbingmu hingga engkau akhil balik kelak. Ijin Alloh yang membuat kami tetap bertahan hidup untuk menjalankan amanat mulia ini, sedikit perayaan semacam walimah untuk membahagiakanmu bersama dengan sahabat kecil. Insya Alloh setelah kita bersama, ayah lebih banyak memberi perhatian sebagaimana Rasululloh memperhatikan keturunan bahkan cucunya di bidang akhlak dan budi pekerti.

Perayaan Kemerdekaan RI

Kemarin aku melakukan blogwalking untuk mencari ide aktivitas hari ini, namun dari kebanyakan blog yang kubaca masih jarang berupa catatan untuk memancing pembacanya menjadi lebih kreatif menuangkan pengalamannya. Sama juga dengan artikel yang ada disini belum bisa membangkitkan selera para pembacanya, maklum kami hanya mengetik untuk menuangkan semua tanpa mengarang sebelumnya.
O ya kami telah melakukan regristrasi kartu pada salah satu operator GSM dengan mengaktifkan flat GPRS, sarana ini sangat membantu merambah dunia karena jika aksesnya menggunakan dial-up begitu sulit pun lambat. Teknologi GPRS ini mampu membawa kita mobile bersama dengan internet tanpa perlu pergi ke warnet atau nyolokin kabel telpon yang ribet.
Berhubung judulnya mencari inspirasi kemarin kami memang lagi gencar-gencar cari ide untuk desain kamar, alhasil aku bertugas mencari artikel di dunia maya yang kufungsikan sebagai perpustakaan internasional 🙂 . Namun sayang karena bukan seorang desain ulung malah jadi bingung milihnya, maunya hiasan kamar dibuat banyak pernik lucu supaya arya semakin terbuka cara berpikirnya 🙁 lha nggak cukup dengan ukuran kamar nan kecil itu. Ada ide untuk membuat kamar seperti ruang kelas TK, semua tembok dihiasi lukisan lucu berwarna warni dan berbagai gambar tempel di letakkan disetiap sudut yang mudah dijangkau si mungil arya. Namun mama tidak setuju, ya udah kita cat warna polos aja, lampu kita beri dua warna yaitu coklat kemerahan dan warna putih benderang.

Read more

Cari Inspirasi

Kemarin aku melakukan blogwalking untuk mencari ide aktivitas hari ini, namun dari kebanyakan blog yang kubaca masih jarang berupa catatan untuk memancing pembacanya menjadi lebih kreatif menuangkan pengalamannya. Sama juga dengan artikel yang ada disini belum bisa membangkitkan selera para pembacanya, maklum kami hanya mengetik untuk menuangkan semua tanpa mengarang sebelumnya.
O ya kami telah melakukan regristrasi kartu pada salah satu operator GSM dengan mengaktifkan flat GPRS, sarana ini sangat membantu merambah dunia karena jika aksesnya menggunakan dial-up begitu sulit pun lambat. Teknologi GPRS ini mampu membawa kita mobile bersama dengan internet tanpa perlu pergi ke warnet atau nyolokin kabel telpon yang ribet.
Jika ada yang membantu kami siap menerimanya apalagi sampai mau mebuatkan file jadinya 🙂 bangganya kami.

Read more

Kesabaran Teruji

Hari ini terasa begitu melelahkan, jam kerja seperti membuat aku mengejar waktu. Pantas saja jika aku sering disebut sebagai workakholik, setiap hari jam terbangku antara 8-14 jam membaca buku 2 jam tidur 3-5 jam dan bersantai antara 1-2 jam. Tinggal bagaimana cara membagi waktu yang baik antara pekerjaan, kegiatan dan keluarga. Aku semakin tersadar ketika sholat dan rasa sakit di dada muncul secara tiba-tiba saat sujud bersimpuh ke hadapan Illahi. Segala prestasi, pengetahuan dan amal ibadah belum cukup menutupi keterpurukan, kebodohan dan dosa-dosa yang selama ini menghantui kehidupanku sendiri. Saat suntuk seperti hari ini, rasanya semua pekerjaan sulit untuk kuselesaikan.

Read more