PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Tips: Dalam Kondisi Tekanan Hindari Stress

Tips Mengatasi Stress Tekanan Pekerjaan2VH85DR243PD Setiap orang pada suatu saat pasti akan masa dimana pekerjaan terasa begitu berat, sehingga semua yang dilakukan terasa menekan mental, fisik dan psikis. Misalkan anda dikejar beberapa deadline yang sangat singkat dari kantor, sedangkan anda mengengola bisnis dengan target sama, di saat yang bersamaan anda memiliki tanggung jawab terhadap client. Belum lagi anda harus menerima komplain dari keluarga karena menjadi kurang perhatian atau tetangga akibat sikap keseharian tidak bermasyarakat. Itu terjadi pada saat yang sama dalam waktu singkat namun impact kedepannya membuat bisnis menjadi besar. Inilah tantangan anda, jika bisa diselesaikan semua maka anda harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa karena anugerah yang tiada terkira tersebut. Namun bagi anda yang tidak dapat menyelesaikannya, maka tanggung jawab tersebut akan terngiang terus hingga waktu berlalu, jadilah tekanan tersebut membuat kita stress.

Saya punya tips pribadi, semoga dapat diambil manfaatnya bagi kita semua. Selama ini karena terbiasa bilang “bisa”, “sanggup” atau “insya Alloh” itu adalah hutang yang harus terselesaikan. Banyak kerabat, client, atasan, rekan kerja yang menerima kata-kata diatas. Hasilnya saya sering sekali harus berkutat dengan waktu, bahkan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan saya sempat menggunakan 2 laptop dan 1 komputer di waktu yang bersamaan.

Berikut Tipsnya:

Seimbangkan Diri Anda
Berdiri, duduk, berfikir dan beraktifitas harus mampu anda atur. Jangan sampai mempengaruhi kinerja anda menjadi berantakan. Jangan terlalu banyak menatap pekerjaan yang menumpuk, keluarlah sejenak, berdirilah sejenak, berbicaralah dengan rekan anda sejenak dan menikung sedikit dari pola standar anda itu lebih baik.

Nonton Film Romatis atau Humor
Ini paling sering saya lakukan, jika sudah terlalu penat maka senjata paling ampuh bin mujarab adalah nonton film bagi saya. Meluangkan waktu 1 – 2 jam tidak akan membuat kita kehabisan waktu, karena setelah itu biasanya malah menemukan ide dari project yang sedang dikerjakan. Ya tidak semua orang dapat ilham dari situ.

Bentak atau Teriak Sebentar
Bersifat sementara akibat kita buntu padahal tadinya sudah ada dalam benak tinggal kita tuangkan dalam aplikasi sebenarnya. Jika demikian membentak atau berteriak ringan adalah hal yang mampu merefresh atau mengacak kembali otak kita. Biasanya cukup dengan bentakan “Huuhhh” atau “Haahhh” atau “isssss” macem-macemlah terserah orang.

Mendinginkan diri di AC atau dibawah pohon
Agak aneh memang kenapa mesti dibawah AC, ya karena otak kamu kan panas, mungkin memang butuh didinginkan hahahahha. Tapi yang logis dan murah adalah dibawah pohon rindang disiang hari plus angin sepoy-sepoy. Pernah karena tidak menemukan jalan keluar dan harus mengembalikan sisa project jika besok tidak selesai, saya pasrah sambil berdoa mau nangis dibawah pohon mangga sambil bawa susu. Beuh, mujarab doanya terkabul karena idenya malah sesederhana dari yang kita pikir sebelumnya.

Jangan Lupakan Hal Dasar
Terkair dengan uraian diatas, kita bisa saja menjadi orang yang saat ini dianggap orang lain paling bisa. Akan tetapi akibat kita angkuh dan merasa sombong inilah merupakan bumerang kehancuran. Berdoalah, beribadahlah, berserah dirilah hanya kepada Alloh Yang Maha Sempurna agar setiap pekerjaan kita diberi kemudahan. Dan kita selalu di cerahkan dari hal dasar bukan di sumpal oleh pikiran seytan.

Salurkan Hobby dan Olahraga
Kalo hobby tidak usah dibilang semua pasti punya, nah salurkanlah dengan baik. Biarkan saja pekerjaan untuk sementara waktu, libatkan hobby anda agar lebih fresh. Olahragapun demikian, darah dan air dalam otak butuh pergerakan sederhana. Saraf motorik kita butuh diregangkan, maka segeralah berolah raga apapun yang anda suka, jangan kaya saya punya hobi olahraga malam upssss 🙂

Bicarakanlah dan Dapatkan Pendapat
Ilmu itu akan selalu bertambah jika kita berikan kepada orang lain, amiinnn. Hal ini menjadi bekal, sebelah anda atau rekan kerja anda merupakan tempat yang baik untuk berbagi cerita pekerjaan disaat jam kerja. Kadang ada saja ide yang dikeluarkan dari kata-kata mereka berimbas pada semakin positifnya pekerjaan kita, percaya deh ide itu mahal.

Jangan Merasa Semua Bisa
Sekarang sudah saya hindari, selain usia sudah mulai tidak muda lagi, saya sadar akan batas kemampuan yang saya miliki. Delegasikan pekerjaan yang baru atau sekiranya sudah mepet waktunya dengan orang lain atau bila perlu bayar saja freelance. Kemudian ambil pelajaran dari apa yang telah dikerjakan orang tersebut.

Itu saja yah, sekilas ketika saya sedang terpojok dengan 7-10 pekerjaan dalam 3 malam. Jangan sampai harmonisasi kehidupan anda terganggu hingga akhirnya menjadi gila karena tidak tahu tips mengatasi tekanan pekerjaan untuk hindari stress.

32 Comments

Add a Comment
  1. Meskipun skalanya beda2, tapi tiap orang (tanpa kecuali) kayaknya mengidap stress…

    Ada yang mampu mengelola, banyak yang menyerah
    Semoga kita termasuk yg bisa mengelola stress

    1. amiinnn, semoga selain mampu mengelola tingkat stress yang tinggi juga semakin amanah dalam hidup ya pak mars.

  2. mangtafff
    terima kasih atas tipsnya yang sangat bermanfaat

  3. modern classic furniture

    makasih udah share tipsnya ya..penting banget neh soalnya jaman sekarang makin banyak orang2 yang stress…

  4. Untung masih pelajar.. Gak terlalu tertekan kayak didunia Kerja

    1. Persiapan ke dunia kerja 🙂 di dunia pendidikan pun byk yg stress mengejar nilai

  5. komentar ini tolong diabaikan bos, terindikasi terkena jambakan si akis met yang ngaco

  6. waaaah tipsnya ampuh tuh mas.. aku kalo stress ya nulis biasanya sih, di block khusus yg isinya umpatan umpatan, hahahahaha… *jadi curhat*

    hmmm… mungkin lo ya, kalo kita stress mungkin karena ada masalah satu dua tiga yg tidak terselesaikan lalu datang masalah lagi… nah maka dari itu, kalo ada masalah kecil satu, SELESAIKAN DULU baru menginjak ke masalah selanjutnya. hehehe.. Dengan begitu masalah gak banyak2, solusi pun gampang dicapai..

    Semoga bermanfaat..

    Marindop Teguh

    HAHAHA…

    1. Hahahaha Marindop Teguh, Sepur Sexali hahaha. Kalau pekerjaanya 10 dan waktunya sama 3 hari, sudah tdk ada waktu itulah butuh trik yg kami sampaikan mungkin.

  7. mungkin jalan-jalan sama keluarga juga perlu dilakukan, ya minimal sekali dlm seminggu.. 🙂

    1. Jarang jalan-jalan mas. Kalo sebulan sekali woke.

  8. Trima kasih tips-nya…serasa diingatkan kembali deh, bahwa keseimbangan dalam hidup itu memang sangat penting…
    🙂

    1. Ibarat kaki yang menopang beban body yg berat, jika tidak menjaga keseimbangannya maka akan miring ke kanan atau ke kiri.

  9. malam ini dan malam2 lainnya saya suka stress … stress gak bisa tidur dan tips2nya gak berhasil … xixixi

    1. Rai bisa gunakan tips manjur dari saya, pengalaman insomnia membuat sedikit mengerti solusinya. Mendengarkan lagu lembut sebelum tidur macam jazz atau campursari, banyak kegiatan fisik / olahraga sore, minum susu dimalam hari dan bagi yg sudah bersuami/istri rutin olahraga malam.

      1. tips yg terakhir manjur banget tuh … tapi sayang belom beristri jadi gak bisa tiap hari *lho*

  10. trimkasih tipsnya, saya setuju semua, tapi bagi saya yg kadang masih belum terbiasa adalah membiasakan atau mengingat2 apa yg harus dilakukan di kala stress melanda 😀

    1. Kalo ini mah faktor males berusaha mas arif 😉 jika kita tidak mengkondisikan diri dalam posisi tenang yang terjadi adalah perang urat saraf

  11. Apa ga dibilang lebay ya kang pake acara ada “tereak” nya gitu?

    1. wakkakakakakka, lebay sih iya pastinya. tapi kalo “tereak lembut” kan bisa, biasanya tidak kita sadari kok melakukan yang demikian.

  12. wah mantab banget pak tipsnya memang sekarang-sekarang ini saya lagi stress ni dengan beban kerja dan keluarga.. harus bisa manajemen waktu dan kerjaan neh hehe

    1. jangan sampai campur aduk mas, antara pekerjaan dan keluarga bisa-bisa tidak harmonis 🙂

  13. Nah tips yang cukuyp bagus nih 😀

  14. kalau saya bersepeda sama ngeblog, hilang deh stressnya

  15. mengelola stress memang perlu keterampilan …
    Salam

  16. setiap orang punya ketahanan yang berbeda terhadap stress.
    tips yang bagus.

    salam.

  17. kalau aku nonotn film atau gak tidur deh.. Tapi kalau udah mepet gitu biasanya gak bisa juga buat tidur yak >.<

  18. Kalau aku kadang-kadang kalau sudah banyak pikiran. Berdiam diri sejenak, jangan mikir apa-apa, biarkan itu selama kurang lebih lima menit. rasanya pasti lebih legaaa…

  19. Itu betul pengalaman pak yang di bawah pohon? Bisa jadi alternatif juga keliatannya.

    Saya kalo banyak pikiran biasanya lakuin hal-hal yang lain dulu, ya sekedar maen ps, browsing internet, atau apapun 🙂

  20. Saya termasuk orang yang mengambil langkah ‘menangis’ bukan ‘marah’ saat pekerjaan terlalu menghipit. satu2nya melepaskan diri untuk itu, saya berusaha menikmati waktu malam saya sepulang kerja untuk berbaring di sofa, memutar film, menikmati secangkir susu, lalu tertidur. Besoknya saya bisa memulai hari lagi dengan semangat

  21. kalo aku sih biasanya refreshing ato jalan2. kalo dalam keadaan di kantor biasanya ngopi heula atuh sambil becanda sama temen2 yang lain 😀

  22. Kalau aku biasanya pergi keluar buat mencari hiburan atau yang seger2 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com