PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Tidak berpuasa di bulan Ramadhan

Umat manusia secara keseluruhan di wajibkan berpuasa bagi mereka yang beriman, dalam islam kewajiban ini tertuang dalam rukun Islam yang lima. Sedang kewajiban berpuasa pada bulan ramadhan sendiri ditetapkan sesudah Rasulullah Muhammad saw berhijrah ke madinah dengan diturunkannya ayat 183, Surat Al-Baqarah:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (al-baqarah (2): 183).

Ayat ini sering dikumandangkan menjelang Ramadhan hingga selama bulan puasa, anak-anak kitapun hafal dengan ayat ini. Memaknai ayat ini jangan hanya dari sisi wajibnya saja, namun lebih karena kebutuhan jasmani dan rohani kita. Kebutuhan jasmani dikiaskan karena tubuh ini butuh istirahat setelah selama 11 bulan bekerja setiap siang hari mengolah beban berat serat makanan maupun minuman yang kita konsumsi tanpa henti. Kebutuhan rohani lebih mengingatkan kita akan keagungan Alloh atas nikmat yang telah diberikan dan sebagai waktu menggembleng ibadah kita untuk lebih khusyuk mempersiapkan 11 bulan berikutnya dengan kegiatan ibadah yang akan kita jalankan dengan tertib, tepat waktu, lebih ikhlas dan hanya karena Alloh swt.

Rukun Iman yang kelima ini Rasulullah ungkapkan dalam hadistnya:

“Abdullah bin umar berkata: Rasulullah saw bersabda: Islam dibagun atas lima (rukun): Bersaksi (meyakini) bahwa tiada Tuhan yang pantas disembah melainkan Alloh dan Muhammad adalah hamba dan utusan Alloh, mendirikan sholat, menunaikan zakat, menunaikan hajji ke Baitillah dan berpuasa bulan Ramadhan”. (ditakhrijkan oleh Muslim, no 21/16)

Karena puasa itu membentuk kita menjadi insan yang bertakwa kepada Alloh swt, menjaga diri dari segala perbuatan yang menyebabkan murkanya Alloh karena kesalahan, kebodohan, kemunafikan dan kesombongan kita. Namun kebanyakan manusia melupakan bahwa Sombong itu hanyalah milik Alloh yang tidak boleh dimiliki hamba lain. Sehingga ketika dating suatu peringatan malah dianggap angin lalu saja, karenanya bagi anda sekalian peringatan atas suatu kewajiban akan terkait dengan ayat dibawah ini.

Alloh berfirman:

“Dan barangsiapa yang mendurhakai Alloh dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Alloh memasukkannya kedalam api neraka, sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang amat menghinakan”. (an-nisa(4):14)

“… Dan barangsiapa yang mendurhakai Alloh dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya baginyalah neraka Jahannam, mereka kekasl di dalamnya selama-lamanya.” (al-Jinn(72):23)

“… Dan barangsiapa mendurhakai Alloh dan Rasul-Nya maka sesungguhnya dia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata”. (al-ahzab(33):36)

Ancaman bagi mereka yang mengetahui bahwa puasa Ramadhan itu wajib baik beritanya merupakan firman Alloh swt serta sabda Muhammad saw namun dengan sengaja meninggalkannya tanpa hal yang dibenarkan oleh ketetapan dalam Islam (syar’i) tentu akan berhadapan dengan azab Alloh. Karena kita dianggap telah mendurhakainya, kita menyombongkan diri karena sudah merasa lebih atau kita munafik karena pura-pura tidak mengetahui atau tidak mau tahu hukum ini.

Mari kita simak hadist Rasulullah saw yang diriwayatkan:

“Dari Umamah al-Bahiliy r.a., ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: Ketika saya tidur, datanglah kepada dua orang kemudian memegang lengan tanganku, lalu mengajak aku ke suatu gunung yang sangat sulit mendakinya, kemudian keduanya berkata: dakilah gunung itu! Lalu saya berkata: Saya tidak mampu mendakinya, lalu keduanya berkata: Baiklah akan kupermudah bagimu. Lalu akupun mendakinya, sehingga ketika saya sampai dikegelapan gunung, mendengar suara yang dahsyat. Maka aku pun berkata: Suara apakah ini? Mereka menjawa: Itulah rintihan penghuni Neraka. Kemudian keduanya pergi mengajak saya, maka aku pun melihat sekelompok kaum yang diikat dengan urat-urat mereka, dan sudut mulut mereka dibelah dan mengalirkan darah, maka aku pun berkata: Siapakah itu? Mereka menjawab: Mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum waktu berbuka puasa….” (Ditakhrijkan oleh an-Nasa’iy, dalam alkubra: 3287, dari Abi Umamah al Bahiliy)

Tidak berpuasa di bulan Ramadhan bagi mereka wanita yang haid dan nifas memang diperkenankan oleh syar’i, atau bagi mereka yang sakit maupun berpenyakit membahayakan jika berpuasa. Namun bagi mereka diwajibkan mengganti dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan.

Untuk mejaga kualitas puasa kita bersih dari segala yang menghanguskan ibadah ini harap onliner yang sering menampilkan foto, video, cerita ataupun forum mesum harap menutupnya. Karena anda akan menanggung dosa yang dialami surfer yang memang tidak mampu menahan nafsu. Offliner harap menjaga mata dan hati dengan mematikan sinetron, gossip, film di televisi yang sudah menyimpang, membakar Blue Film dan menghindari Bom Sex yang melegak legok dengan pakaian telanjang mereka di Mall maupun pantai. Bumi ini sudah demikian panas, buatlah nafsu buruk kita dingin dengan ibadah lebih baik dan menahan nafsu yang tidak amanah itu.

Updated: August 17, 2009 — 7:18 pm

22 Comments

Add a Comment
  1. Semoga aja ramadhan taon ini saya dapat full puasanya seperti dahulu kala saat saya masih kecil… hiks…
    Numpang ngucapin Met puasa aja buat yang ngejalankan…

  2. bener bro, cegah tangkal lebih baik.. selamat datang ramadhan, mari berlomba memperbanyak ibadah, semoga hidayah, kesehatan dan kemudahan senantiasa bersama kita, amin…

  3. sampe kelupaan, template ini makin dinamis, keren..

  4. Insya Allah saya puasa hehe, kalau onlinehm gak buka-buka yang begituan tapi biasanaya buka-buka resep masakan dan terciptalah difikiran semakin ingin makan hehe

  5. mohon maaf lahir batin bos

  6. Hello! Your reviews and your blog are very good! I guess you could make some profit from it. I’d like to invite you to http://www.linkfromblog.com – the place where you can find a lot of good opportunities of earning money without paying any commission just for writing posts in your blog.

  7. terus, kenapa tidak berpuasa di bulan Ramadan? itu udah dijelaskan ayat-ayatnya…

    but, Marhaban Yaa Ramadhan. kunjungan baliknya ditunda dulu yaa… lagi dibuat nih tulisannya 😀

    salam ganteng dari diazhandsome

  8. just passing by with another blog..
    visist me if u don’t mind, thanks pututik.com… ^_^

  9. i mean here > cantigi.blogdetik, hehehee…

  10. sori mas put, tanya nya nggak nyambung sama judul gpp ya? kl mo bikin link tukeran kaya mas putut gimana ya…maksudnya kalau dibuka link2nya baru kelihatan isinya. saya dah coba tapi di halaman depan muncul semua link2nya kelihatannya jadi kurang bagus, makasih sebelumnya…lagi nelajar ngeblog neh hehehe…

    1. Tambah satu page, di dashboard>add page
      Beri nama link exchange atau tukeran link, tiap ada yg request ya tinggal di edit. Cara ini lebih baik karena link yang diberikan menguntungkan kedua belah pihak linkback atau backlink lebih terasa. Awas gak nyambung lagi 🙂

  11. @Brandal Surga: amiin, terimakasih semua didoakan.
    @cantigi: amiin, semoga berkah dan terimakasih doanya. Cari banyak link ya 🙂
    @BaliSugar: saya juga suka makan hehehehe
    @kuliah gratis: yuk kita sambut dgn ibadah
    @suwung: mohon maaf lahir batin juga bos
    @mr. Handzome: nah itulah uniknya artikel agar kita membaca lebih detail agar tdk salah kaprah. Tak datengi

  12. Met menunaikan ibada puasa ramadhan ya?

  13. matap…. selamat ramdhan

  14. Para Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang ..
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  15. main lagi ke sini… ternyata belum ada update-an. hehe… (baca: ngomporin)

    salam Ramadan dari diazhandsome

  16. selamat puasa saja hehehe
    salam

  17. terima kasih atas nasihatnya pak putut.. met puasa ya pak 🙂

  18. aku puasa si puasa teros.. btw, taraweh ma tadarusnya yg jebol2..
    kita saling mendoakan ya kawan..
    moga bisa jadi ‘pemenang’ ramadhan taon ini…

  19. Yg penting kalau kita melakukan puasa harus dibarengi ikhlas. Soalnx kalau gak ikhlas nanti pahalanya kabur semua!
    Lam kenal mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com