Tak Kenal Maka Tak Sayang

Sejak lama aku menyukai dunia internet dan teknologi, sejak lama pula aku belajar tehnik pemrograman berbagai platform software, namun hasilnya sama sekali kurang memuaskan. Semua hanya berlalu begitu saja tanpa ada penguasaan secara mendalam. Bahasa rumit assembler, PLC, Visual Basic, Delphi, Pascal, OrCAD, AutoCAD, SQL database, Linux coding dan masih banyak lagi karena lupa menyebutkannya. Akhirnya aku mulai tertarik terhadap pemrograman nakal macro (1998-2003) dan klenik html, aku membuat varian virus Bablas (dari BppHacker) dengan menambahkan pengingat waktu sholat setiap jam komputer penunjukkan waktu yang telah kuperkirakan masuk sholat. Aku sempat membuat pengusaha rental di semarang kewalahan karena antivirus hanya menghapus macro dan tidak menghapus registry maupun .bas file yang dikamuflasekan sebagai .txt file. Sadar bahwa tidak semua pengguna komputer itu muslim, aku membuat varian sederhana yang menghapus macro programku tersebut. Lagipula sekarang word sudah sangat aman dari exploitasi macro maupun semacamnya.

Pada tahun 1999 belum banyak orang mengerti tehnik pembuatan website, belajar dengan cara contek html dari Yaho! dan Microsoft akhirnya notepad sebagai senjata ampuh mampu memberikan gambaran pembuatan situs sederhana dengan berbagai script menarik. Banyak sekali situs yang aku buat untuk menelorkan aspirasi tanpa meninggalkan jejak siapa pembuat sebenarnya. Merelakan ratusan ribu rupiah demi belajar otodidak sistem database belum juga membuahkan hasil. Akupun berhenti sejenak, berbagai situsku ditutup dari pihak penyelenggara hosting gratisan karena tidak memenuhi quota yang ditentukan. Forum komunikasi dan situs almumni masih berjalan dengan baik hingga sekarang.

Keinginan memiliki hosting dan domain sendiri tumbuh begitu saja, desain awal begitu kacau karena format yang aku buat masih single link tanpa adanya automatic script editing with database engine seperti CMS dan Board Forum. Aku biarkan saja situs ini terbengkalai, menyibukkan diri dengan pekerjaan sehari-hari. Suatu ketika aku teringat blog belum di update, jadilah aku melakukan penghapusan beberapa tulisan terdahulu dan mempelajari tehnik yang digunakan oleh blogger team. Sulit bagiku, namun kuterus cari hingga berjumpa dengan salah satu blogger dialah sdr. Abdul Fattah. Dari dia kami banyak mendapatkan link terutama situs isnaini, vi3, uyet, qq samudra dan blogfam. Aku hanya berdecak kagum memperhatikan situs-situs mereka ini tersusun dengan rapi, ada keinginan belajar banyak dari mereka tapi takut mengganggu. Kuberanikan diri mendaftar ke situs blogfam yang sempet down beberapa kali itu. Disela-sela itu aku googling berbagai situs desainer yang memberikan template secara gratis. Alhasil aku mendapatkan irene WAG, dari situsnya aku banyak belajar dan menggunakan salah satu template darinya.

Selama di blogfam, aku bukanlah orang yang aktif namun bukan pula anggota yang pasif. Sesekali sumbang tulisan atau menjawab salam perkenalan dari anggota baru sekaligus mencari informasi tools gratisan apa yang handal untuk buat website. Referensi dari rekan-rekan blogfam seperti MT, WP, CMS dan B2 segera mengarahkan perhatian khususku pada semua program tersebut. Semua kubaca dengan seksama baik support, forum maupun eksploitasi yang berhasil dilakukan. WP termasuk tools yang paling ngirit space, cepat lagi aman menurutku. Semuanya harus melalui proses administrasi, inilah keunggulan WP dari tools lainnya. Tidak berhenti disitu saja, segera kucari di blogfam siapa yang menggunakan WP pada hosting pribadi ternyata tidaklah cukup. Kebanyakan pengguna blogspot, blodrive dan blogsome yang fitur tertentu tidak bisa diedit. Ingat aku pada Pak JaF dan Bung Isnaini, bongkar pasang begitu menyeramkan tidak seperti perubahan mendadak yang sering dilakukan isnaini dalam situsnya. Layout buatanku mletot-mletot tidak beraturan, tagboard terpuruk karena lupa login, spam menyerang guestbook dan email membuat aku frustasi. Secara sabar namun pasti aku mencari kembali bahasan WP di blogfam dan *baanngg* ternyata sudah dipisahkan sehingga lebih mudah dibaca. Kurengguk semua ilmu dari situ, sampai-sampai tagihan pulsa telpon melonjak 1 juta akibat ujicoba kulaksanakan secara online. Begitu banyak ilmu maupun link yang kudapat dari forum ini, maka berusaha kukenali forum ini dengan hati yang jernih, tujuan positif juga berikan manfaat yang baik. Dan dari sinilah aku mulai sering berkunjung ke blogfam untuk memperdalam penguasaan pembuatan website yang apik, menarik, loading cepat lagi interaktif. Meskipun hingga saat ini aku belum mampu membuat layout terbaik karya sendiri untuk di launching. Saat aku semakin sayang dengan forum blogger Indonesia ini, ternyata perjumpaan dengan rekan-rekan meskipun masih secara online tak urung semakin sulit kulakukan. Koneksi internet bakalan terbatas, operator menaikkan tarif, ngeblogpun terpaksa ngadat, blogwalking semakin jarang dan mampir ke blogfam pun hanya sesekali. Belum sempat aku mengenal lebih jauh mereka-mereka yang aktif disana dan belum ada sumbangsih terbaik yang mampu kuberikan sebagai kenangan terbaik.

Mohon maaf bagi mereka yang belum kami sebut namanya karena kekurang hafalan aku secara pribadi dan karena begitu banyak anggota blogfam. Orang-orang diblogfam yang jelas memang berkumpul karena tulisan mereka yang disumbangsihkan untuk khalayak umum. Para senior cukup menguasai medan laga ini dan memiliki fans yang cukup banyak terlihat dari comments setiap artikel yang mereka bawakan tak kurang dari 10 orang. Susunan rapi dari blogfam saat ini membuat aku semakin betah untuk hanya sekedar melihat berita terbaru. Update serta info khusus disertakan moderator ke setiap anggota mencegah ketertinggalan info bagi mereka yang offline. Forum blog ini dimotori oleh orang-orang yag berdedikasi tinggi untuk mempertahankannya, Selamat Ulang Tahun ke-2 BLOGFAM semoga menjadi keluarga maya yang mampu memberi manfaat terbaik pada anggotanya.Keluarga Putut dan Tutik
PututM Tutik Arya