PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Panduan Membuat Paspor or Passport

Cara Bikin Paspor di IndonesiaSeperti janji kami untuk menuliskan tips dan tata cara pembuatan paspor atau passport di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana artikel sebelumnya yang mengisahkan repotnya membuat paspor tanpa calo di Kantor Imigrasi Semarang.

Tips Umum:
1. Datanglah pagi-pagi sekali
2. Hari Selasa
2. Lengkapi Dokumen
3. Berpakaian Rapi Sopan dan Bersepatu
4. Bawa Alat tulis
5. Bawa Lem perekat
6. Siapkan materai 6000 (kalo dibutuhkan)
7. Hindari Calo dan Sabar

Dokumen Penting (semua asli dan fotocopy):
1. Akte Lahir
2. Kartu Keluarga yang masih berlaku
3. Kartu Tanda Pengenal (ktp/sim)
4. Ijasah Terakhir
5. Surat Nikah (bagi yang menikah)
6. Surat Rekomendasi Perusahaan/Instansi (asli aja)
7. Photo 4×6 2 lembar

Prosedure Umum Pembuatan Paspor
1. Datang Ke Kantor Imigrasi
2. Ingat Bawa Dokumen Penting
3. Ambil Formulir di loket Pendaftaran (harusnya gratis)
4. Isi formulirnya (bisa baca tulis khan?)
5. Jika di isi pekerjaan swasta maka butuh Surat Rekomendasi (tulis aja wiraswasta)
6. Tempelkan photo 4×6 1lbr pada bagian depan PERDIM II
7. Masukkan semua berkas asli maupun fotocopy
8. Berikan ke Petugas di LOKET B2 (penerima)
9. Tunggu untuk dipanggil dan pengembalian berkas asli ke pemilik.
10.Pulang dengan membawa selembar kertas pendaftaran.

Prosedure Lanjutan Pembuatan Paspor
1. Kita akan datang 3-4 hari setelah penyerahan dokumen
2. Jangan lupa bawa kertas pendaftaran
3. Serahkan kertas pendaftaran ke Loket B2 (loket awal)
4. Tunggu panggilan (cepet kok pas sepi cuma 15 menit)
5. Setelah dipanggil, kita menuju ruang Photo Biometric (antri)
6. Dandan yang rapi, bercermin kalo acak-acakkan
7. Berphoto, harus senyum nggak boleh nangis
8. Finger Print, photo 10 sidik jari tangan kita
9. Wawancara perihal arsip, dokumen dan tujuan imigran.
10. Bayar di loket pembayaran, minta kwitansi untuk pengambilan.
11. Tanda Tangan Paspor

Biaya Yang harus dikeluarkan Paspor 48
1. Adminitsrasi: Rp. 5000
2. Paspor 48: Rp. 200.000
3. Photo Bio: Rp. 55.000

Pengambilan Paspor
1. 3-4 hari kemudian bawa kwitansi sebagai bukti untuk pengambilan
2. Serahkan Kwitansi ke Loket B1 (penyerahan)
3. Tunggu hingga dipanggil
4. Tanda tangan Pengambilan
5. Simpan paspor dengan baik dan bawa pulang.
6. Selesai

PERSYARATAN UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR (DIBAWAH 17 TAHUN)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi)
  2. Melampirkan berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lainakte lahir:
    • KTP orang Tua
    • Kartu Keluarga
    • STTB/Ijazah atau Akte Lahir Orang Tua
    • Surat Kawin/Nikah Orang Tua
    • Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku
  3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI
    • Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.
  4. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

Ini prosedure yang telah kami lakukan dan semua proses tanpa calo, sebagai bukti anda bisa lihat di artikel Membuat Paspor Tanpa Calo. Kalo ada tindak kecurangan lakukan konfirmasi setiap 2 jam kepada petugas yang menangani. Niscaya petugas yang bersangkutan nggak enak ati, soalnya seperti di Kantor Imigrasi Klas I Semarang menulis larangan proses melalui calo karena mengganggu ketertiban, tapi kalo diem aja kayak saya ya sampe sore. Karena berdasar pengalaman saya pribadi datang pagi pulang sore, capek deehhh….

Kuncinya adalah sabar melihat keganjilan para calo yang bagaikan berjalan di rumah sendiri tanpa memperdulikan itu kantor pemerintah atau bukan. Oya jenis paspor perorangan ini ada 2, yaitu paspor 24 dan paspor 48. Perbedaannya adalah jarak jangkau tujuan, untuk paspor 24 hanya wilayah terntentu di asia sedangkan paspor 48 lebih flexibel untuk perorangan.

Semoga artikel panduan membuat passport ini bermanfaat bagi anda yang berniat membuat paspor sendiri secara jujur dan tertib, tidak meracuni petugas imigrasi yang sudah kaya itu dengan sogokan uang haram kita lewat perantara. Meski prosesnya cukup lama yaitu 7-9 hari tapi dengan bekal persiapan diatas proses jadi lebih cepat.

Pencarian terlaris disini:

  • CARA MEMBUAT PASPOR (112)
  • yhs-fh_lsonsw (68)
  • membuat paspor (51)
  • cara membuat pasport (47)
  • cara membuat passport (43)

203 Comments

Add a Comment
  1. wew..berguna banget ne.. tq yaaa..
    hiduup caloo.. eh maksudnya,,hidup bikin passport tanpa caloo…!!
    =)

  2. sip deh……..moga2 di imigrasi depok ngk ada calo!

  3. kalau aku tinggal dgh ktp lampung bisa ga kalau bikin pasport di tangeramg ??????

  4. makasih ya infonya…ternyata ngk mahal untuk pebuatan pasport kirain berjuta juta..trs klo cuma jalan jalan ke luarnegeri apa harus buat visa juga?trs cara dan biayanya giman?mohon infonya ya.gimana dgn npwp apa harus buat juga?..makasih sebelumnya

  5. bu, anak saya mau ikut ke spore, sama saya tp umurnya 12 tahun, trus gimana buat paspornya, sedangkan saya dan suami dah punya. apa yg harus saya lakukan.

    1. Silahkan urus dulu paspornya, karena sekarang paspor untuk anak itu berdiri sendiri. Tidak ikut ke orang yuanya. Cara pengurusannya sama kok, Hanya ditambahkan surat nikah ortu, Waktu wawancara aja nanti akan perlu didampingi. Semoga dapat membantu

  6. Saya mencoba buat paspor online, tetapi setelah seluruh proses selesai, yang ada hanya tulisan verifikasi terus….. demikian juga ketika diulang. tidak ada yang dapat dicetak. Tolong diberi info dong….

  7. Kalau perpanjangan syaratnya sama enggak yaaa?

  8. @herman effendi: prosedurnya sama saja cuma bawa paspor yang lama
    @Andri: untuk system online lebih baik coba ulang menggunakan browser yang lain recomended firefox dan IE saja
    @lina: sudah dijawab sama andre
    @dwi: npwp berguna untuk bebas masalah viskal
    @lilin: apakah online database paspor berlaku atau belum silahkan cek di tangerang, jika sudah harusnya tidak ada masalah. surat ijin tinggal perlihatkan juga.

  9. mas mohon infonya..aku ud buka di internet explorer….aku udah coba berkali kali..setelah upload data..muncul tulisan verifikasi terus tapi blank…ga ada tulisan apa apa..bingung ni

    thanks before

  10. saya berencana untuk membuat paspor, rencanannya mau daftar online saja, tapi masih sedikit bingung dengan pekerjaan, karena saya hanya kerja bantuin kakak, apakah saya tulis “wiraswasta” saja?. Karena saya dengar kalo ditulis pegawai swasta ato swasta akan dimintai surat rekomendasi tempat kerja. mohon infonya…

  11. Hi…bisa bantu kasih informasi tentang pengurangan nama dalam paspor ga? Aku ex-TKI.pertama kali bikin paspor yang urus PJTKI. Mereka asal2an aja nambahin nama bapakku di belakang namaku dalam paspor.selama ini aku ga ada masalah dengan paspor itu.
    tapi…giliran sekarang aku mo nikah sama WNA,perbedaan nama paspor dan identitasku yg laen jd masalah besar. Jadi aku hendak ngajuin penggatian paspor dengan perubahan nama dalam artian nama bapakku di hapus dari paspor aku. caranya gimana ya? kira-kira bisa ga? mohon infonya….and thanks sebelumnya.

  12. rencana saya akan pergi ke india, peng punya pasport. sebenarnya ke sana mau ketemu sama temen chating saya, enaknya bikin pasport yang mana bu??? lalu waktu wawancara ntar ditanyain apa aja ya???? oia umur saya sekarang 3o tahun belum menikah, masak harus pake ktp orang tua?????
    mohon jawabannya

  13. kalo kartu pelajar??

  14. Apakah sekarang syarat pembuatan paspor masih memerlukan SBKRI?? Saya WNI sejak lahir & kakek nenek moyang saya sudah lahir di Indonesia, tapi dulu 12 tahun yang lalu waktu mengurus paspor masih diminta syarat SBKRI…..bila masih diminta, apakah anak saya masih harus membuat SBKRI juga,karena anak saya akan membuat paspor juga.
    Trm kasih bu….

  15. donnyrahman : bukanya dari int.explorer browser. semua document tidak ada yang landscape. semua posisinya berdiri (saya ga tau istilah komputernya hehe)

  16. Rika Chika Andriani

    thanks bgt inpo nya 🙂

  17. dimana.kalaun gurus ktnya susah

  18. prakteknya nga kayak gitu kalee…di mampang tu antrian mpendaftaran aja mpe no 500, sementara sampai dgn jam 12 baru dipanggil no 64….tutup jam 16.00, yah palin g mpe tutup juga baru nomer 100-an…..pa lagi di tangerang lebih gila lagi, nomor diambil manual pada rebutan en cuma dibatesin mpe no 70…

  19. @anis: mohon maaf saya tidak bisa menjawab lebih detail masalah ini, mohon hubungi pihak imigrasi.
    @roe: untuk wiraswasta hmmm saya kembali tidak dapat mejawabnya
    @mars: tinggal mengajukan dan memberikan data sebenarnya, karena paspor itu data internasional seperti sulit untuk merubah data yang terlanjur ada karena biometrik itu tak boleh di 2 user berbeda.
    @lia: tujuan wisata saja? gunakan yang 42 sekalian toh gak terpaut banyak dan masak anda tidak punya ktp kan aneh.
    @im: tetap bisa kan asal ada data resmi kunjungan serta ijin orang tua secara tertulis.
    @amelia: thanks sudah membantu
    @Rika chika andriani: sama-sama semoga bermanfaat.
    @thomas: nggak jelas pertanyaannya. ngurus paspor itu gampang, yang mempersulit adalah kita sendiri.
    @dandy: lain ladang lain cangkulannya mas, prakteknya saya sudah bisa menggunakan paspor saya keluar negeri dan artikel cara membuat paspor ini telah menjadi rekomendasi ribuan orang. padahal saya menulis ini sejak tahun 2008 tepat setelah saya memproses paspor.

  20. Dear Pututik,

    Terima kasih website sangat sekali membantu bagi kita yg akan membuat paspor.
    Saya,istri dan kedua anak saya mau membuat paspor utk persiapan saja bila sewaktu-waktu diperlukan.
    saya ingin menanyakan utk surat rekomendasi dr ktr apakah mrpkan keharusan? krn kalo saya isi wiraswasta akan berbeda dgn di ktp pekerjaan karyawan.
    Bgmn dgn syarat2 untuk kedua anak saya yg msh berumur 6 thn dan 6 bln?
    Apakah hari sabtu dan minggu juga buka? dmn kita bisa mendaftar? saya tinggal di ciputat. Adakah tips yg lain agar bisa membuat paspor dgn praktis, efisien dan efektif?

    Salam.

    Praya

  21. hi, kaka saya dan suaminya mau bikin paspor, mereka minta saya yg ngurusin dulu, bisa ga ya? trus yang saya bingung juga, suami kaka saya itu ga punya akte lahir dan ga punya ijasah (katanya blm sempet lulus sd udah merantau, padahal d kk tertulis lulusan sma) masih bisa bikin pasport ga? mereka mau honeymoon katanya..
    masalah lainnya, untuk pendidikan terakhir kaka saya d kk tertulis lulusan smp sedangkan ijasah yg ada ijasah sma, gmana tuh? bingung deh jadinya, tambah lagi tahun lahir kaka yg di ijasah sm yg di ktp juga beda.

  22. terima kasih info nya mbak..
    yupp saya setuju dg angelina, pengalaman saya yg sdh 4 kali ganti paspor sampe sekarang masih perlu SBKRI…
    padahal mulai dari kakek, nenek udah lahir di sini..

    indonesia ku yg TERCINTA…

  23. saya inigin membuat passport untuk pergi liburan ke kota kinabulu malasya..
    tapi saya tidak ada ijasah terakhir..tidak selesai sekolah..

  24. thanks infonya. saya memang lagi mau buat paspor.

    kita bisa ke kantor imigrasi mana aja ya, gak harus sesuai KTP kan? Misalnya saya tinggal di Jakarta, tapi ke kantor imigrasi Tangerang… karena kantor deket sana. Boleh ga ya?

  25. matur suwun ingkang info,,,,,

    infone sanget apik lan bermanfaat

  26. Makasih baget Mr.Pututi
    bagus banget…saya baca semua artikel Mr.Pututi tentang paspor, pembuatannya, etc.
    Saya sangat setuju dengan Mr.Pututi, dan saya sangat tidak respect pada petugas MARKUSSSS dimana aja.

  27. sebelumnya maaf kalau repost…
    soalnya buanyak banget postingan diatas… ga sempet baca satu2… hehe…

    mau tanya nih…
    kalau misalnya kk saya kk jawa tengah (semarang), bisa ga saya bikin paspornya di tangerang?
    soalnya sekarang saya tinggalnya di tangerang.
    tolong reply ke email saya yach…

    thanks before n’ after… 🙂

  28. numpang ngasih info, dari pengalaman saya ngurus paspor online

    untuk saat ini layanan PASPOR ONLINE sudah TIDAK BISA lagi.

    terima kasih. semoga tidak jatuh korban lagi 🙁

  29. Kalo ga ada akte kelahiran gimmanaaaaa macem orang-orang jaman duluuuuuu…. ? tq bos.

    1. hari gini belum punya akte kelahiran pak? waduh sebenarnya dari sebelum bapak buat paspor kan sudah buat akte kelahiran. untuk hal ini mahal pak maaf saya tidak bisa jawab.

  30. eh bos gini , gw kan g px KTP soalx lom cukup umur , trs ngurusnya gmn ??
    tq 😀

  31. boleh bertanya? kalo hanya untuk berpetualang/berkunjung sendirian disuatu negara bisa gak?

  32. thanks a lot for the information. its really help us.

  33. mohon info mbak, untuk anak-anak gimana yah, anak saya yang besar umur 7 tahun yang kecil umur 2 tahun, trus paspornya gimana yah, apakah masih ada paspor keluarga, atau harus sendiri-sendiri? kalau sendiri-sendiri, wah biaya bengkak jadi 4 kali nih…ck…ck…ck..

    Trus yang jadi ganjelan saya tuh kenapa wawancaranya selalu ditanya tujuan imigran, setahu saya dinegara lain paspor merupakan sebuah kewajiban seperti KTP, kenapa dinegara kita masih seperti barang mewah ya….?

  34. makasih infonya mbak, sangat membantu. Saya diterima bekerja diperusahaan game dubai. Kerja sistem remote ( tetep dirumah ) Saat ini saya sedang menunggu surat rekomendasi pembuatan pasport dan NDA. Perusahaan meminta mengirimkan copy passport serta NDA yang telah ditandatangani beserta foto ukuran pasport..
    sekalian tanya ya mbak, berapa ukuran foto pasport itu dan baiknya gimana kirim lewat email aja atau jasa ekspedisi?

    1. untuk hal ini mohon maaf silahkan tanyakan ke imigrasi terdekat.

  35. Malasnya buat paspor sendiri itu kalau sudah ketemu petugas yang sok. Belum lagi hrs mengalah dari mereka yang membayar.

  36. wah,,mantap niy infonya…kebetulan aku juga mw bikin paspor niy…
    aku orang solo,,tapi kerja di pekanbaru…akhir taun lalu mw bikin di pku,,tapi gak bsa,,katanya harus make ktp pku…nah,,skarang jadi males ngurusnya…
    kebetulan ntar lagi mau cuti balik ke solo,,,mw skalian bikin di solo,,,gak masalah kan kalo rekomendasi dari kantor di pku????makasih sebelumnya…

  37. besok saya mau bertempur ke kantor imigrasi Batam, senjata2 sudah lengkap. mudah-mudahan tidak TERLALU dipersulit. doain ya biar sukses. sampai titik darah penghabisan( hahaha… mau bikin paspor seperti mau perang aja)

    1. hehe….pasporku udah mau jadi. rupanya gak sulit2 amat, yg penting surat2 lengkap en gangguan calo yg selip( nonton trus aja gerak geriknya abis penasaran). pegawai imigrasi pun sopan, pokoknya beda banget dgn doeloe. say no to “CALO”.

  38. Saya mau bikin paspor untuk mengunjungi tmn saya di Amerika (citizen).ktp saya statusnya msh mahasiswa,pdhl aslinya udah kerja wiraswasta,1 thn stlh buat KTP.soalnya KTP skrg untuk 5 thn.trus KK saya ayahnya msh hidup.pdhl aslinya udah meninggal.itu berpengaruh gk sih buat bikin passport.soalnya udah gk ada waktu lg untuk ngrubah status KTP atau KK.nanti pengaruh apa gk ya klo passpornya udah jd untuk pengurusan VISAnya?

  39. Kalo mau pake aplikasi paspor online, pastikan bukanya di INTERNET EXPLORER ya, supaya bisa dapat bukti registrasi dlm bentuk pdf 🙂

  40. @rania
    Mba Rania – saya mau buat passpor anak saya. itu cara nya dan persyaratannya apa saja kalau via online.. kalau ada info tata cara pengisiannya..seperti kalau anak saya 13 tahun masih sekolah, terus disisi pekerjaannya apa? terus NO ID/NIK/KTP kan tdk ada, musti diisi apa? terima kasih sebelumnya- martacila

  41. saya minta email kantor imigrasi yang ada di yogyakarta.

  42. Nice Info . Numpang infoin di tempatku yah . Mampir dong makasih gan:D

  43. nanya, kl mo bikin paspornya bareng langsung orangtua ma anak2nya yg msh kecil, apa bisa lsg sekalian ato ortunya dulu br anak-anaknya??? makasih atas infonya….

  44. permisi mas numpang tanya,klo pas hr k 2(sesi foto+wawancara) ga bs dtg gmn?apa bisa dtg d lain hari?pls bls yg cpt,krn aku sdg dlm proses bikin paspor tp trnyata pas hr k2 aku ga bs dtg krn ada kuliah.

  45. Ridloin abay faqih ulin nuha

    jika mau buat paspor tapi ijazah smanya belum keluar bagaimana????????karena persyaratan untuk kuliah di rusia adalah ada paspor dan pendaftarannya bulan januari 2011,apakah bisa diganti dengan raport saja????????????

  46. jwb wawancara’y susah gk ea. ? . ?

  47. infonya good banget ,soalnya aku mau bikinin passpor buat ibuku yang mau jenguk saudara diluar negeri dan baru mau pertama kali bikin paspor,jadi info ini sangat bermanfaat sekali,thanks.

  48. waktu itu salahbikin paspor jadi 24 halaman..
    Bagaimana ya cara mengganti paspor yang 24 halaman ke 48 halaman?

  49. Numpang ynt smua persyaratan/dokumen penting diatas itu fotokopiannya kita hrs siapin brp kali?

    Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com