PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Panduan Membuat Paspor or Passport

Cara Bikin Paspor di IndonesiaSeperti janji kami untuk menuliskan tips dan tata cara pembuatan paspor atau passport di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana artikel sebelumnya yang mengisahkan repotnya membuat paspor tanpa calo di Kantor Imigrasi Semarang.

Tips Umum:
1. Datanglah pagi-pagi sekali
2. Hari Selasa
2. Lengkapi Dokumen
3. Berpakaian Rapi Sopan dan Bersepatu
4. Bawa Alat tulis
5. Bawa Lem perekat
6. Siapkan materai 6000 (kalo dibutuhkan)
7. Hindari Calo dan Sabar

Dokumen Penting (semua asli dan fotocopy):
1. Akte Lahir
2. Kartu Keluarga yang masih berlaku
3. Kartu Tanda Pengenal (ktp/sim)
4. Ijasah Terakhir
5. Surat Nikah (bagi yang menikah)
6. Surat Rekomendasi Perusahaan/Instansi (asli aja)
7. Photo 4×6 2 lembar

Prosedure Umum Pembuatan Paspor
1. Datang Ke Kantor Imigrasi
2. Ingat Bawa Dokumen Penting
3. Ambil Formulir di loket Pendaftaran (harusnya gratis)
4. Isi formulirnya (bisa baca tulis khan?)
5. Jika di isi pekerjaan swasta maka butuh Surat Rekomendasi (tulis aja wiraswasta)
6. Tempelkan photo 4×6 1lbr pada bagian depan PERDIM II
7. Masukkan semua berkas asli maupun fotocopy
8. Berikan ke Petugas di LOKET B2 (penerima)
9. Tunggu untuk dipanggil dan pengembalian berkas asli ke pemilik.
10.Pulang dengan membawa selembar kertas pendaftaran.

Prosedure Lanjutan Pembuatan Paspor
1. Kita akan datang 3-4 hari setelah penyerahan dokumen
2. Jangan lupa bawa kertas pendaftaran
3. Serahkan kertas pendaftaran ke Loket B2 (loket awal)
4. Tunggu panggilan (cepet kok pas sepi cuma 15 menit)
5. Setelah dipanggil, kita menuju ruang Photo Biometric (antri)
6. Dandan yang rapi, bercermin kalo acak-acakkan
7. Berphoto, harus senyum nggak boleh nangis
8. Finger Print, photo 10 sidik jari tangan kita
9. Wawancara perihal arsip, dokumen dan tujuan imigran.
10. Bayar di loket pembayaran, minta kwitansi untuk pengambilan.
11. Tanda Tangan Paspor

Biaya Yang harus dikeluarkan Paspor 48
1. Adminitsrasi: Rp. 5000
2. Paspor 48: Rp. 200.000
3. Photo Bio: Rp. 55.000

Pengambilan Paspor
1. 3-4 hari kemudian bawa kwitansi sebagai bukti untuk pengambilan
2. Serahkan Kwitansi ke Loket B1 (penyerahan)
3. Tunggu hingga dipanggil
4. Tanda tangan Pengambilan
5. Simpan paspor dengan baik dan bawa pulang.
6. Selesai

PERSYARATAN UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR (DIBAWAH 17 TAHUN)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi)
  2. Melampirkan berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lainakte lahir:
    • KTP orang Tua
    • Kartu Keluarga
    • STTB/Ijazah atau Akte Lahir Orang Tua
    • Surat Kawin/Nikah Orang Tua
    • Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku
  3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI
    • Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.
  4. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

Ini prosedure yang telah kami lakukan dan semua proses tanpa calo, sebagai bukti anda bisa lihat di artikel Membuat Paspor Tanpa Calo. Kalo ada tindak kecurangan lakukan konfirmasi setiap 2 jam kepada petugas yang menangani. Niscaya petugas yang bersangkutan nggak enak ati, soalnya seperti di Kantor Imigrasi Klas I Semarang menulis larangan proses melalui calo karena mengganggu ketertiban, tapi kalo diem aja kayak saya ya sampe sore. Karena berdasar pengalaman saya pribadi datang pagi pulang sore, capek deehhh….

Kuncinya adalah sabar melihat keganjilan para calo yang bagaikan berjalan di rumah sendiri tanpa memperdulikan itu kantor pemerintah atau bukan. Oya jenis paspor perorangan ini ada 2, yaitu paspor 24 dan paspor 48. Perbedaannya adalah jarak jangkau tujuan, untuk paspor 24 hanya wilayah terntentu di asia sedangkan paspor 48 lebih flexibel untuk perorangan.

Semoga artikel panduan membuat passport ini bermanfaat bagi anda yang berniat membuat paspor sendiri secara jujur dan tertib, tidak meracuni petugas imigrasi yang sudah kaya itu dengan sogokan uang haram kita lewat perantara. Meski prosesnya cukup lama yaitu 7-9 hari tapi dengan bekal persiapan diatas proses jadi lebih cepat.

Pencarian terlaris disini:

  • CARA MEMBUAT PASPOR (112)
  • yhs-fh_lsonsw (68)
  • membuat paspor (51)
  • cara membuat pasport (47)
  • cara membuat passport (43)

203 Comments

Add a Comment
  1. Infonya benar-benar bermanfaat sekali. Saya jadi sudah siap mental dan siap ATK plus materai Rp. 6000 (buat spare) untuk bertempur di kantor imigrasi Jakarta Timur.
    Buat additional tips,
    1. Pada saat membeli Formulir Pendaftaran, informasikan pada petugas penjual, paspor barunya untuk siapa. Dikarenakan apabila untuk anak, ada tambahan formulir pernyataan dari kedua orang tua.
    2. Mengisi Formulir Pendaftaran lebih baik dilakukan dirumah karena apabila mengisinya di kantor imigrasi ybs bakalan gak bisa konsentrasi karena calo-calo yg bersliweran menawarkan jasa mereka.
    3. Foto 4×6, 2 lbr tidak dibutuhkan
    4. Kalau anda bekerja pada suatu instansi lebih baik ambil cuti 2 hari. Ambil jarak cutinya selang 3 hari. Satu hari untuk submit Formulir Pendaftaran dan berkas-berkas terkait. Satu hari untuk Bayar Paspor, Foto dan Interview.
    5. Apabila paspor barunya untuk anak-anak, anak-anak dibawa pada saat cuti di hari yang kedua (Foto dan Interview Session). Pastikan di hari itu datangnya pagi-pagi sekali supaya mendapat nomer antrian kecil. Jadi anak-anak gak perlu bete atau rewel menunggu terlalu lama. Tapi gak perlu bada’ subuh sudah di imigrasi capek nunggunya kelamaan, paling gak jam 8 pagi sebelum loket buka sudah ngantri dengan maniezzz disana.

  2. #eka mediantoro: terimakasih atas info tambahannya, semoga artikel cara membuat paspor ini semakin mudah dipahami

  3. Ditempat ku, di Imigrasi Dabo Singkep. Satu hari siap. Gak pake calo, itu kata ayahku sewaktu mengurus paspor. Cuman aku sekarang ada di Riau, jadi informasi ini sangat penting bagiku. Matur nuwun yo Mas. 🙂

  4. lalu klo mw bikin tp gak punya surat ijin kerja/rekomendasi kantor, bs gak yah? misal mw bikin paspor untuk wisata gt, bisa gak yah? ato mw bikin dl tp nyari kerja di luar nya belakangan gt, hehehehehe

  5. #Gunawan: kalo sekarang ngurus paspor masih dipersulit berarti masih primitif. semoga dengan artikel ini buat paspor imigrasi singkep lebih mudah

    #ini igi: bisa dari orang tua dan foto copy ktp orang tua cek info ayu, apalagi wisata gampang. sedang kalo kamu menipu buat paspor wisata kesana trus kerja (persis orang luar yang ke indonesia) ini akan dituntut hukum setempat bahkan di deportasi secara tidak hormat. gunakan paspor dengan bijak

  6. pengurusan passport di makassar di mana yahh?

    1. @wiena, Halo wiena, untuk mengurus paspor di makassar silahkan hubungi Kantor Imigrasi Klas I Makassar

      Alamat:
      JL. PERINTIS KEMERDEKAAN KM 13 KEC. TAMALANREA
      MAKASSAR
      INDONESIA

      Telepon: (0411) 584559
      Fax: (0411) 584906

      Informasi: KANTOR IMIGRASI KELAS I MAKASSAR tanggal 16/2/2009

  7. PAKE PASSPORT ONLINE http://www.imigrasi.go.id
    saya sedang ngurus penggantian paspor yg udah habis masa berlaku, feb 2009.
    sebelum ke imigrasi mampang jaksel , saya registrasi online pra pemohonan ke kantor imigrasi yang mau dituju, trus dapet nomor permohonan. nomor ini harus dicatat. kalo bisa diprint. ternyata bisa memperlancar. sekarang bisa dateng ke kantor imigrasi manapun, ga harus sesuai KTP.

    selasa pagi verifikasi dokumen asli dan serahkan foto kopinya (KTP, KK, paspor lama, Akte lahir, surat nikah, surat rekomendasi dari perusahaan asli). semua dokumen asli ditunjukin, kecuali paspor lama dikumpulin. tulis nomor reg online di form. (jangan lupa bawa bolpoin hitam, siapkan data tgl lahir orang tua) sepertinya ga pake materai.

    siang , di kasir bayar 200rb utk paspor 48 hal, 55rb utk foto, 15 rb utk sidik jari, total 270rb. ga pake calo, cepet juga ya.. paspor saya yang dulu-dulu juga diurus sendiri.

    trus foto. Alhamdulillah, sekarang boleh foto pake jilbab. dulu, foto paspor harus buka jilbab, akibatnya waktu di jeddah, diusilin ama petugas imigrasi disana.

    nunggu ga sampe 15 menit,dipanggil foto dan sidik jari 5menit-an, pindah ke meja lain buat wawancara. tanda tangan di lembar yang udah ada fotonya hasil jepretan tadi. hari senin dijanjiin udah bisa diambil. suami/ istri boleh ambilin.

    kalo belum reg online, kamis disuruh dateng lagi buat foto.
    kalo buat surat rekomendasi dari perusahaan, harus ada tulisan : Kepada Kepala Kantor Imigrasi … (sebutin), tanggal dan nomor surat.
    kalo salah, dikasih kesempatan ngasih revisinya pada pagi hari pengambilan paspor, paspor baru bisa diambil siangnya.

    petugas imigrasi di pengumpulan dokumen, masih muda2 dan tanggap, tau service excellence lah.. jadi yang berhubungan langsung dengan pemohon, orangnya lebih muda, bersemangat dan ramah.. seperti di bank..

  8. Hello semua, bisa tolong saya? saya ingin bantu seorang kawan Indonesia yang ingin membaharui pasportnya di Semarang nanti bila pulang. Saya sepatutnya menolongnya membaharui di Singapura tapi majikannya yang tidak berperikemanusian itu tidak mengizinkannya. Kesian pada budak kampong ini, kerana dia tidak akan tahu prosesnya. Bisa tahu no telefon dan lokasi kantor di Semarang untuk membaharui pasport untuk bisa saya berikan padanya? Terima kasih banyak semua.

    1. @queen: anda bisa menghubungi ditjen imigrasi jakarta
      Jl. Rasuna Said Kav 8-9 Kuningan
      Jakarta Selatan
      Jakarta
      Indonesia

      Telepon: 021-5224658
      Fax: 021-5224658

      Atau untuk semarang di imigrasi semarang:

      JL. SILIWANGI KRAPYAK
      SEMARANG
      INDONESIA

      Telepon: 024-7623145, 7623144
      Fax: 024-7607461

  9. terimakasih mas. ijin simpan buat ngurus PASSPORT minggu besok.

    1. Sama2 mas sony, jangan lupa untuk membaca komentarnya. Karena banyak update baru yang mungkin juga bermanfaat.

  10. kalo contoh surat rekomendasi untuk PNS ada nggak ? trims lho

  11. Assalamualaikum mas.terima kasih atas infonya.
    ia dapat membantu saya. cuma ingin tahu mas,
    di jawa tengah, di manakah pejabat
    konsulat kedutaan atau pesuruhjaya tinggi malaysia
    untuk membuat calling visa?

  12. Katanya sekarang pembuatan paspor tidak perlu sesuai alamat KTP ya?
    Contoh : KTP Jakpus bisa juga bikin di Jaksel, dll.
    Apa memang begitu?

    5 thn lalu saya pernah ngurus sendiri paspor saya, dan sehari selesai dgn biaya sesuai biaya resmi

  13. Terimakasih infonya mas,
    Buat persiapan saya bikin passport, soalnya saya masih awam sekali mengenai pasport ini…

  14. Ass….. kalau untuk pengambilan paspor dalam satu keluarga bisa diwakili tidak ?

  15. @wahyu524: saya harap hubungi kantor anda sendiri utk PNS
    @mama ITA: bisa cek di imigrasi.go.id untuk pengurusan VISA secara online
    @tutie: yup ibu tutie benar, sekarang harusnya dimanapun bisa asal sistem onlinenya jalan. Nah baiknya jakarta memang bisa cepat, kalo daerah bu, apalagi semarang-jogja-solo waktu itu semuanya pake sogokan.
    @global-iklan: semoga cara bikin paspor ini bermanfaat.
    @M Rafly: kalo calo bisa 🙂 harusnya diambil sendiri2. Atau cek dgn telp ke imigrasi setempat utk kolektifnya.

  16. Tanya dong…, saya mau membuatkan paspor untuk anak saya 12 tahun untuk study tour ke singapore. alamat saya di pasar rebo jaktim. apa saja yg diperlukan termasuk daftar online, utk wawancara apakah orang tua juga ikut?
    wasalam

  17. wah kok adik saya yang baru hari ini bikin passport di imigrasi jakarta timur disuruh kembalinya 1 minggu ya? jadi total pengurusannya bisa 3 minggu,. tadi ditawarin calo 450rb jadi 3hari tapi karena memang duit pas saya suruh dia pake jalur sebenarnya saja…. tapi kok malah jadi begitu ya?….

  18. Wawan Sri Wahyuni

    mas mau nanya kalo bikin paspor di solo mana ya? Untuk bapak n Ibu saya syaratnya apa. trus anak saya 12 thn. Mksh mas. Tunggu blsan scptnya

  19. makasih yah, tips n infonya, ini harganya masih berlaku sampai skarang k ? di daerah saya yakni makassar biayax sekitar 400-500 rb, trus sy mau pake untuk mendaftar beasiswa, trus surat rekeomendasi dari perusahaan itu bgm sy khan bru aja lulus dari univ n blum kerja ? tlng di bls ya d email s, mksh

  20. mas punya contoh surat rekomendasi dari perusahaan ga dan surat pernytaan dari orang tua? terimakasih

  21. Saya baru saja mebaca info ini dan sangat bermanfaat.
    Saya ingin bertanya: bagaimana jika dulu pernah punya passport pada tahun 2002 namun sudah hilang. Dulu buatnya di bandung, sekarang mau buat di bali. Saya sempat bertanya di perantara, katanya: harus buat surat kehilangan di kepolisian, buat pengumuman kehilangan di koran, dan membayar biaya BAP hingga mencapai 3,5 juta rupiah, dan BAP diselesaikan dalam waktu kurang lebih 2 sampai 3 minggu. Apa ini benar?? Tidak bisakah kita membuat passport baru tanpa mengurus yang sudah lama mengingat sudah lebih dari masa berlaku passport yaitu 5 tahun?
    Dimohon sekali informasinya.
    Terimakasih banyak

  22. @feisal ghazali : anak harus dipandu orang tua saat wawancara, KK harus disediakan
    @elyas : untuk jakarta seharusnya tidak, bisa cepat kok. kebetulan ini sudah tahun 2008
    @Wawan Sri Wahyuni: semua prosesnya sama, hanya untuk anak saja yang berbeda yaitu harus didampingi orang tua. Sedang bapak ibu jika tidak bisa baca tulis harus didampingi.
    @wica: untuk harga saya kurang tahu apakah masih berlaku atau tidak, sepertinya masih. Kalo masih sekolah harus ada surat rekomendasi dari pihak sekolah dan orang tua.
    @farhan: wah kebetulan saya tidak simpan draftnya
    @indra: untuk yang hilang dan masa berlakunya habis benar sekali harus membuat surat kehilangan kepolisian. ada di imigrasi setempat mengenai keterangan biaya yang harus ditanggung cuma saya tidak catat, mohon maaf belum bisa memberi jawaban yang tepat. lain dari itu data imigrasi harusnya sama kecuali ada force majour, secara hukum data anda akan tercatat terus di imigrasi manapun di dunia, jika double sidik jari kan aneh.

  23. thanx atas infonya

  24. Hai, salam kenal. saya mau tanya apakah tiap daerah harga buat passport berbeda? kalo tahun ini kena harga brp y kira2? kok kata papanya temen saya bayar 450rb n harus balik 2 kali?apa itu hrg calo ato gmn?
    Klo surat rekomendasi dr yayasan/perusahaan, itu perlu sekali ya? krn saya hanya guru les, jd apa perlu surat itu?
    THanks a lot.

  25. Mau tanya, untuk urus paspor di Madiun apa tarifnya sama dengan tarif standard yang tertulis di blog ini (Rp270.000,-)? Kok saya ditawarkan tarif Rp900.000,- untuk pengurusan paspor 48 halaman untuk perorangan? Terima kasih.

  26. @budi: sama-sama
    @fanni: jika guru les sebuah yayasan lebih baik disertakan, jika tidak dan hanya sebagai ibu rumah tanggapun yang penting KK sudah cukup kok. Artikel saya ini ditahun 2008 dan saya rasa masih valid kok, harus jelas juga jenis pasportnya dan apakah diurus sendiri atau orang lain. Ikuti prosedur aja jeng
    @haris: wah kalo 900rb itu urus baru apa kehilangan, kalo baru bisa dipastikan nggak bener deh. Urus sendiri saja, anda masih warga negara Indonesia kan?

    1. aku mau tanya kalau pembuatan pasport skrg paling mahal kalau urus sndrinya kira2 brapaan ya?

    2. @agatha tania: anda bisa lihat/minta list harga resmi. Saya tdk bisa mengira-ira berapa besarnya, tp relatif sama hanya prosesnya seminggu. Padahal 2 hari saja harusnya selesai.

  27. Mas Putut,
    Saya tertarik untuk tukeran link dengan mas.
    Saya punya 2 blog yaitu
    Lowongan Kerja : http://jobdesc.net/
    Beasiswa International : http://findscholarship.net/

    Kalo mas mau nanti link mas putut akan saya pasang di 2 blog saya itu.

    Terimakasih 🙂

  28. hai,slm knl!ak hendi wijya!ak mau nnya klu pmbttn paspor skrng brpa yh?it yg 48 bsa kehongkong jgakn?lalu,pmbttn yh dimna yh?blz!

  29. Saya mau bikin passport online setelah upload data-data kok gak ada respon apa-apa ya, cuma muncul layang biru dengan tulisan VERIFIKASI..maksudnya apa ya? katanya kalo daftar online bakalan dapet nomor reg onlinenya. Saya kok gak dapet ya?????

    1. coba buka di internet explorer

  30. @hendiwijaya: kisaran masih antara 275rb-350rb dan syara bikin paspornya tambah npwp
    @dennyrahman: buat paspor online harusnya lebih mudah, tp saya belum pernah coba. Verifikasi cek apakah ada kode tertentu yang luput dari anda (kebiasaan awam malas baca faq) atau ada email verifikasi yg belum dicek. Hanya nomor registrasi saja seperti npwp, tetap harus kekantor imigrasi.

    1. Sejauh yang saya lihat sih gak ada yang luput, dan masalahnya gak ada FAQ juga yang bisa saya pelajari disitus tersebut..

  31. klu mau bkin paspor dibawah umur 2 thn ,gmna/

  32. aslkum,mnt info nya,apa ada sarat tambahan utk anak dibawah umur 2 thn klu mau buat paspor, krn anak sy msh umur 22 bulan.trims.tlg bls nda pakai lama.

  33. saya seorang TKW skg mau plg Indo terus mau bikin paspor turis soalnya saya udah nggak kerja lg sbg tkw.saya mau datang lg ke hk mengunjungi pacar dan sebentar lg ada rencana menikah.yg mau say tanyakan nanti klu sesi wawancara apakah perlu saya jawab klu saya udah pernah ke hk?trus apakah paspor yg lama perlu diserahkan?soalnya paspor lama paspor tkw 24 hal.terima kasih atas bantuannya….

  34. sebenernya kalo kita tau petugas imigrasinya pun menaikkan harga – kemana kita bisa ‘lapor’ ? trmasuk korupsi ga sih ?

  35. proses resminya 5 hari ? kalo urgen sebenernya bisa berapa hari dan kudu bayar berapa ?

  36. @mukrim: maaf pakai lama ya, untuk anak dibawah umur akta kelahiran dan syarat lain harap tanyakan ke imigrasi terdekat
    @yanti: paspor lama harap dibawa dan nanti baiknya gunakan paspor 48 agar step selanjutnya lebih mudah. semoga mendapatkan pasangan yang setia lagi baik hati.
    @yani: yang jelas suap dan sogokan itu termasuk korupsi lagi haram. Proses sebenernya bisa ringkas paling 3 hari jadi. Yang bikin lama karena ada sebab lain yang “mereka menghambat” atau kita yang tidak lengkap memberikan data dengan baik.

  37. Kalo pengambilan paspor itu bisa diwakilkan gak? Kalo bisa rencananya saya daftarnya lewat online. Jadi perlu ke kantor imigrasinya cuma 1x untuk foto. Pengambilan diwakilkan. Toh pake agen juga hrs datang sendiri untuk foto kan? Jadi sama saja hrs kesana, tapi kalo diurus sendiri kan jauh lebih murah

  38. *
    pututik says:
    10 September 2009 at 03:48

    @hendiwijaya: kisaran masih antara 275rb-350rb dan syara bikin paspornya tambah npwp
    @dennyrahman: buat paspor online harusnya lebih mudah, tp saya belum pernah coba. Verifikasi cek apakah ada kode tertentu yang luput dari anda (kebiasaan awam malas baca faq) atau ada email verifikasi yg belum dicek. Hanya nomor registrasi saja seperti npwp, tetap harus kekantor imigrasi.
    Reply

    *
    donnyrahman says:
    10 September 2009 at 04:46

    Sejauh yang saya lihat sih gak ada yang luput, dan masalahnya gak ada FAQ juga yang bisa saya pelajari disitus tersebut..

    mungkin anda buka situsnya di Mozila firefox,,,coba buka di internet explorer..

  39. Terima kasih atas jawabannya ya…………

    Kemarin saya ke kantor imigrasi utk membuat paspor 48 hal tiba disana ke tempat pendaftaran terus beli formulir lalu aku isi semua sebenarnya waktu itu ada deketin pura2 kasih tau tp saya cuek aja dan blg saya bisa isi semuanya ahkirnya dia pergi mungkin calo yg cari mangsa kali……….
    setelah semua selesai saya kembali lg ke tempat semua terus dia cek semua lalu saya disuruh kemeja petugas yg lain terus dia tanya buat apa bikin paspor saya bilang utk wisata ke hk lalu tanya apa pernah kerja disana saya blg iya terus dia minta paspor lama saya blg ke hk bkn utk kerja terus aku kasih lihat invitation letter dr hk yg di buat pacar saya versi inggris dan indonesia terus bapak itu blg semua dokumen plus paspor lama saya akan dikirim kesurabaya untuk minta persetujuan dr pusat akhirnya saya diminta lg dtg tgl 19 utk melihat hasilnya. apakah memang begitu prosesnya klu mau ganti paspor dr 24 ke 48 hal?terus klu misalnya nggak bisa terus saya mau bikin paspor dimana dong?terima kasih atas jawabannya..

  40. Kalau mau buat passport tidak kemana-mana bisa ga? Tujuan saya hanya untuk verifikasi salah satu web di internet. Soalnya ktp di indonesia ga mau menerima. Jadi hanya nama saya yang go internasional, bukan orangnya. Terima kasih.

  41. Mengapa harus ada surat rekomendasi perusahaan? apakah memang di aturan seperti itu. Bagaimana dengan orang yg wiraswasta?

    apakah persyaratan itu sama dengan mengurus perpanjangan paspor?

  42. Saya mau tanya kalau pembuatan passport itu harus memakai surat sponsor/surat keterangan dari kantor. saya pernah membaca dari artikel lain kalau memakai surat sponsor/surat keterangan rekomendasi dari kantor itu apabila pekerjaan yg tercantum di KTP sebagai Karyawan. Sedangkan di KTP saya masih tertulis sebagai mahasiswa tapi saya sudah lulus kuliah.

    Yang mau ditanyakan, apakah saya harus tetap membuat surat sponsor/ surat rekomendasi tersebut? Tapi nanti tidak sama dgn yg tercantum di KTP. Karena biasanya semua harus sesuai dengan identitas diri

    Terima Kasih,
    Nia

  43. pse infonya
    kalo tidak punya akte bisa cuma pake ijazah gak ya?

    thnks

  44. Ikut tanya dong…

    Kalo aku bikin pasport sekalian buat anak2 ku tuh jadi satu atau sendiri2 ya?
    anakku balita 2.

    Tq ya..

  45. @eel: Pengambilan bisa diwakilkan dengan surat kuasa
    @Yanti: saya kurang jelas dengan yang dimaksud
    @Ponco5: registrasinya bisa, sedang administrasinya belum memungkinkan karena banyak data tidak valid di negeri ini
    @rein: untuk pengusaha nanti ditanya terlebih dahulu tujuannya
    @Nia: baiknya di update identitas pribadi anda
    @reggy: hari gini nggak punya akte, yang terpenting adalah anda melengkapi sesuai dengan syarat yang ditentukan supaya tidak repot
    @vieta: tentunya sendiri2 donk bu

  46. no tilp kntr imigrasi semarang brapa ya ?

  47. sebaiknya qta buat pasport 24 atau 48?

  48. ih seneng bs ikutan bc blog ini, jd nambah info bwt aq. Mo tanya nich pak, inshallah mei ntar q mo ke LN n netep dsna, trus aq bingung jenis paspor da brp n aq hrs bwt paspornya apa yach?, sekalian dunk info visa. oh ya sedikit informasi ni,aku lulus april berarti ijazah q kan blm keluar, nah enaknya kapan bwt ngurus paspornya?. makasih n ditunggu banggets jwbnya.^_^

    1. untuk visa baiknya ditanyakan ke imigrasi sekalian, kemudian untuk menetap prosedurnya sama aja tapi menetapnya ini butuh syarat lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com