PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Panduan Membuat Paspor or Passport

Cara Bikin Paspor di IndonesiaSeperti janji kami untuk menuliskan tips dan tata cara pembuatan paspor atau passport di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana artikel sebelumnya yang mengisahkan repotnya membuat paspor tanpa calo di Kantor Imigrasi Semarang.

Tips Umum:
1. Datanglah pagi-pagi sekali
2. Hari Selasa
2. Lengkapi Dokumen
3. Berpakaian Rapi Sopan dan Bersepatu
4. Bawa Alat tulis
5. Bawa Lem perekat
6. Siapkan materai 6000 (kalo dibutuhkan)
7. Hindari Calo dan Sabar

Dokumen Penting (semua asli dan fotocopy):
1. Akte Lahir
2. Kartu Keluarga yang masih berlaku
3. Kartu Tanda Pengenal (ktp/sim)
4. Ijasah Terakhir
5. Surat Nikah (bagi yang menikah)
6. Surat Rekomendasi Perusahaan/Instansi (asli aja)
7. Photo 4×6 2 lembar

Prosedure Umum Pembuatan Paspor
1. Datang Ke Kantor Imigrasi
2. Ingat Bawa Dokumen Penting
3. Ambil Formulir di loket Pendaftaran (harusnya gratis)
4. Isi formulirnya (bisa baca tulis khan?)
5. Jika di isi pekerjaan swasta maka butuh Surat Rekomendasi (tulis aja wiraswasta)
6. Tempelkan photo 4×6 1lbr pada bagian depan PERDIM II
7. Masukkan semua berkas asli maupun fotocopy
8. Berikan ke Petugas di LOKET B2 (penerima)
9. Tunggu untuk dipanggil dan pengembalian berkas asli ke pemilik.
10.Pulang dengan membawa selembar kertas pendaftaran.

Prosedure Lanjutan Pembuatan Paspor
1. Kita akan datang 3-4 hari setelah penyerahan dokumen
2. Jangan lupa bawa kertas pendaftaran
3. Serahkan kertas pendaftaran ke Loket B2 (loket awal)
4. Tunggu panggilan (cepet kok pas sepi cuma 15 menit)
5. Setelah dipanggil, kita menuju ruang Photo Biometric (antri)
6. Dandan yang rapi, bercermin kalo acak-acakkan
7. Berphoto, harus senyum nggak boleh nangis
8. Finger Print, photo 10 sidik jari tangan kita
9. Wawancara perihal arsip, dokumen dan tujuan imigran.
10. Bayar di loket pembayaran, minta kwitansi untuk pengambilan.
11. Tanda Tangan Paspor

Biaya Yang harus dikeluarkan Paspor 48
1. Adminitsrasi: Rp. 5000
2. Paspor 48: Rp. 200.000
3. Photo Bio: Rp. 55.000

Pengambilan Paspor
1. 3-4 hari kemudian bawa kwitansi sebagai bukti untuk pengambilan
2. Serahkan Kwitansi ke Loket B1 (penyerahan)
3. Tunggu hingga dipanggil
4. Tanda tangan Pengambilan
5. Simpan paspor dengan baik dan bawa pulang.
6. Selesai

PERSYARATAN UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR (DIBAWAH 17 TAHUN)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi)
  2. Melampirkan berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lainakte lahir:
    • KTP orang Tua
    • Kartu Keluarga
    • STTB/Ijazah atau Akte Lahir Orang Tua
    • Surat Kawin/Nikah Orang Tua
    • Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku
  3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI
    • Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.
  4. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

Ini prosedure yang telah kami lakukan dan semua proses tanpa calo, sebagai bukti anda bisa lihat di artikel Membuat Paspor Tanpa Calo. Kalo ada tindak kecurangan lakukan konfirmasi setiap 2 jam kepada petugas yang menangani. Niscaya petugas yang bersangkutan nggak enak ati, soalnya seperti di Kantor Imigrasi Klas I Semarang menulis larangan proses melalui calo karena mengganggu ketertiban, tapi kalo diem aja kayak saya ya sampe sore. Karena berdasar pengalaman saya pribadi datang pagi pulang sore, capek deehhh….

Kuncinya adalah sabar melihat keganjilan para calo yang bagaikan berjalan di rumah sendiri tanpa memperdulikan itu kantor pemerintah atau bukan. Oya jenis paspor perorangan ini ada 2, yaitu paspor 24 dan paspor 48. Perbedaannya adalah jarak jangkau tujuan, untuk paspor 24 hanya wilayah terntentu di asia sedangkan paspor 48 lebih flexibel untuk perorangan.

Semoga artikel panduan membuat passport ini bermanfaat bagi anda yang berniat membuat paspor sendiri secara jujur dan tertib, tidak meracuni petugas imigrasi yang sudah kaya itu dengan sogokan uang haram kita lewat perantara. Meski prosesnya cukup lama yaitu 7-9 hari tapi dengan bekal persiapan diatas proses jadi lebih cepat.

Pencarian terlaris disini:

  • CARA MEMBUAT PASPOR (112)
  • yhs-fh_lsonsw (68)
  • membuat paspor (51)
  • cara membuat pasport (47)
  • cara membuat passport (43)

203 Comments

Add a Comment
  1. wah, infonya berguna sekali ini…
    mungkin perlu juga dibiasakan untuk mengurus segala sesuatu tanpa berhubungan dengan percaloan..
    menghindari pemberian ‘uang pelicin’ …
    walaupun harus repot, yang penting ada pembelajaran yang bisa diambil dari buruknya birokrasi…

  2. makasi ya mbak atas info-nya.Krn ksusahan si mbak mbuat paspor, qt jd dpt info yg berharga (bcanda) πŸ˜‰

  3. paspor ridu berlaku sampe 4 tahun lagi,, ok makasih atas infonya πŸ™‚

  4. dulu saya ngurus sendiri bikin pasport, tanpa calo, sekali sih dirayu sama petugas loketnya, ngiming2ngi bisa bikin cepet, tapi nggak kepencut, wong sudah ada jalur resminya

    thanks kunjungannya ya

  5. 5. Surat Nikah (bagi yang menikah)

    berarti surat jomblo buat yang lagi jomblo *ngelirik ridu*

    -ga fokus, lagi mumet πŸ™ –

  6. mereka ada karena kita ada atau kita ada karena mereka ada

  7. Wah info yang berguna. Herannya sampai hari begini info yang seperti ini jarang kita dapatkan langsung pada saat membuat. Kelihatannya memang dikondisikan seperti ini untuk dimanfaatkan para calo.

    Thanks infonya

  8. Saya blon pernah ke luar negri… πŸ™
    Dan ndak ada rencana ke sana…

  9. #tehaha: trims
    #toim: sama2
    #ridu: ayo jalan2 bareng πŸ™‚
    #elys welt: sama2, calo dimana2 emang nggemesin
    #waterbomm: kalo yang belum nikah pakai ijazah aja cukup
    #paramarta: mereka ada karena keserakahan dan karena kita nggak tertib
    #riyogarta: yup persis seperti itu
    #praditya: ngurus duluan, kalo berangkat dah nggak report πŸ˜€

    Passpor sudah jadi hari ini

    1. halomas
      kalo dulu pernah punya paspor tahun 1997,tapirusak dan hilang apa kita harus juga lapor polisi?apa bisa juga buat yg baru gitu?

    2. waaaaaaaaaaaah ini baru info yang berkualitas… ada tiga aja orang indonesia yang seperti embak, aduuuuh bakan mahu deeeh bangsa ini.. heee

  10. Tips dan trik yang good banget… soale, saya belum pernah berurusan dengannya.. hehehehehe….

  11. kapan yah q keluar negeri?

    ke desa aja deh

  12. terima kasih, infonya sangat membantu sekali hehe

  13. infonya bagus..
    pasporku yang sekarang sebenernya hasil calo sih..

  14. paspor itu yang di kuis2 itu kan? :culun:

  15. om sorry kalo OOT tapi bingung nih artikel terbarunya mana ? themesnya kayak koran tapi bingung mau baca dari kiri atao tengah πŸ˜‰

  16. ajibbbb…. kayakna ckarang dah bisa,., emang kmaren yang di blog2 aku yang laen bisa., tapi pas belum migrasi tuh., klu aku mo bikin kodenya,., tar aku tarok ngga nongol iklannx.., yawdh.,., thx banged ia oms…

  17. #gempur: bisa jadi rekomendasi donk
    #quelopi: desaku yang kucinta
    #liezmaya: sama-sama, semoga bermanfaat
    #Riri Audiya: yang penting besok jangan lagi πŸ˜€
    #Baladika: bukan itu lho pas bernyayi bersama πŸ˜›
    #arham: sebelah kiri, khan ada tulisan artikel baru kami (kebiasaan english sih )
    #rizoa: wussss, met adsense-adsenan ya

  18. belajaradsense.info

    Info yg sangat bermanfaat

  19. He he he πŸ™‚
    Syaratnya buanyak sekali πŸ™‚

  20. Namun komprehensip Kok πŸ˜€

  21. Si calo yang bagaikan berjalan di rumah sendiri tanpa memperdulikan itu kantor pemerintah atau bukan.. untung ngga dijual kantornya… Hebat yah yang namanya calo punya banyak rumah..

  22. cari uang dolo biar bisa ke luar negeri,he……….
    getmobilegame

  23. sebellll
    mungkin itu istilah yg tepat saat ni.
    aq barusan mo ngurus paspor, eh dihadang masalah………
    udah di belain bangun pagi2,
    sebel aq.
    proses awal di suruh beli formulir,
    trus di isi.
    smpe sini sukses.
    trus di serahin ke petugas.
    nah di sini di baca ma mbak nya itu.
    trus aq di tanyain.
    mau bikin paspor buat apa?
    ya q jawab q mo kerja ke luar negri
    tapi g lewat agen or biro jasa.
    eh mbak nya bilang “mas nya harus ke depnaker dulu minta surat rekomendasi”
    ok.
    akhirnya aq ke depnaker
    nah ini yg bikin sebel
    di depnaker aq bilang klo mo urus surat rekomend yg di syarat kan pihak imigrasi.
    trus bapak nya tanya.harus punya surat dr perusahaan yg mo ku tempati.
    nah gmn g sebel,
    jengkel
    wes pokoknya banyak deh
    dr perusahaan luar itu minta da paspor.
    dr sini minta surat dr t4 itu.
    gmn nyambungnya
    aduh gmn ya?
    ada saran or solusi?
    pls help me…..
    atas di baca nya keluhan ini thx very much.

    1. sudah jdi passportnya mbak?? soalnya saya juga ngalamin hal yang sama

  24. walah…kayaknya repot ya…gw emang belum pernah bikin paspor, tapi gw pernah alami hal yang sama waktu mendaftarkan pernikahan ade gw tanpa calo…dan nyaaaaaris sama ribetnya…
    tapi karna tips ini , sekarang gw jadi lebih berani mau bikin paspor sendiri…
    thanks ya….

  25. NO CALO (C-A-L-O).titik!!!!!

  26. Wah, Infonya bagus sekali. Benar2 informasi yang dapat mendisiplinkan masyarakat dan pegawai Imigrasinya :). Seharunya dari pihak Imigrasi melarang keras dengan keberadaan CALO yang ‘seliweran’ di kantor imigrasi seakan-akan mereka bekerja disana :).

    Yah, mau diapain lagi. Buntutnya, toh mereka cari nafkah :(.

    Kapan ya, masyrakat Indonesia bisa sadar dengan kedisiplinan :).

  27. #Sri Agustina: Cari nafkah halal sekarang lebih sulit dari yang haram πŸ˜›

  28. thanks a lot for your information, this information very useful for my future !!!

  29. wow subhanallah mba,trmksh infrmsiny,itu sgt berguna skl bg saya.sy brncn mo go k arab saui.SAY NO TO CALO!!!!!!!!!

  30. aduch, pucink deH… ribEtt dech….lama lg……bt tw

  31. udah kayak tetep aja laper … payahhh….
    moga2 pada sadar deh :))

  32. terima kasih petunjuknya, akan segera saya coba di imigrasi jakarta utara

  33. Saya tadi pagi dari kantor imigrasi mau buat passport…bayar formulir Rp. 21.500 trus formulir di isi..dah gitu di serahkan ke loket beserta dokumen..KK, Akta Kelahiran, KTP dan ijazah terakhir (asli dan fotokopi). Tapi ternyata masih ada yang kurang… bagi yang wanita belum menikah harus ada surat ijin dari orang tua dan fotokopi KTP orang tua… … selain itu bagi yang tugas belajar tapi di KTP tercantum udah kerja harus ada surat rekomendasi dari perusahaan tempat kita kerja …(tidak cukup surat dari kampus aja)..

  34. #ayu: terimakasih atas tambahannya. semoga bermanfaat buat yang lain.

  35. waaaah, udah bkin paspor bbrp wktu lalu, G PAKE’ C-A-L-O sih, tp disuruh byr 600rb bo !!! Gile bener dah, yang minta petugasx langsung, itupun udah melalui acara tawar menawar yang seru, akhirx mentok nilai 600rb g bisa turun lagi. nah kalo sehari yang bikin paspor 48 skitar 20 orang, kalikan aja……..

  36. halo,sya punya mslh nih.ssaya pernah buat paspor,tp skrg di bw broker yg ktnya mau ngurusin aku ke japan,skrg g tau ada dimana,bw kabur dokumen jg uang kami.
    permasalahan skrg sy mau buat paspor lagi,sybilang kl hilang kok di minta 3,5jt,ktnya skrg sistim geometri sulit.apa mmg segitu ya biayanya????
    buat yg bisa ksh solusi please bantu aku.
    tantosiawase@yahoo.com makasih

  37. pusing deh birokrasi indonesia???????????????????

  38. #yesa: hal ini harusnya tidak terjadi, ini namanya calo beneran bukan petugas imigrasi. kecuali jika saat ini sudah ada update harga. Yang akan terpampang di depan imigrasi dan harus dipampang lho. Karena layanan publik.
    #tanto.solo: laporkan kepada pihak yang berwenang, misal kepolisian dan imigrasi. Memang ada aturan jika kehilangan kita harus menggantinya, tapi tidak sebesar itu kok

  39. Di Imgrasi Padang, 15 aGUSTUS 2008, seminggu sebelumnya ambil formulir dan diserhakan setelah ngantri 4 jam, namuunnnn ampunnnnnn maaaaakkkk, saat wawancara dan foto, ampuunn, amiittt-amiittt, maaaakkkkkkk setelah ngantrriiiiiii dari jam 07.00 pagi sampaaaaaaiiiiiiiiiiiiiii jam 04.30 pagiiiiiii laggiiiii baru dapat foto, setelahhhhh difoto dikasih tahuuuuuuu bahwa data yang masuk dari Jakarta salah oranggggggg, tapi fotonya sammaaaaaaaa……….dan disuruh datang lagiiiii besoknya…….. (berarti ngantri lagi selam 24 jam lagi atau ngantriiiiii 48 jammmmm)…………. ya Tuhann ampuuunnnnnnnnnnnnnnnnnnkanlah sisitim baru ini yang telah menganaiaya nenek-nenek tua, anakkk-anakkk, bapak tua renta……untuk tidur berantakan dibangku ruang tunggu imigrassiiii

  40. Thanks infonya! lg mo bikin passport neh.. ehehehe

  41. #ulil amran: yang sabar ya. birokrasi semakin dipermudah kok
    #Paulus: silahkan jadi referensi

  42. mau tanya. bisa gak bikin passport di kantor imigrasi kota lain. maksudnya, KTP ku kan depok, jawa barat, bisa ga aku bikin passport di yogyakarta? atau harus bikin di bandung/jakarta? Thx.

  43. Artikel panduan membuat paspor ini saran saya diganti Cara Membuat Paspor, karena rinciannya sangat detail dan bisa jadi rujukan yg sangat bermanfaat.

    Oya asal kita ikut aturan, perkara org dalam mau main calo cuek aja. Kalo kita gak kasih umpan toh mereka juga gak dapat kail kok.

    Thanks info paspor ini bermanfaat.

  44. wah, infonya berguna banget…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com