PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Panduan Membuat Paspor or Passport

Cara Bikin Paspor di IndonesiaSeperti janji kami untuk menuliskan tips dan tata cara pembuatan paspor atau passport di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana artikel sebelumnya yang mengisahkan repotnya membuat paspor tanpa calo di Kantor Imigrasi Semarang.

Tips Umum:
1. Datanglah pagi-pagi sekali
2. Hari Selasa
2. Lengkapi Dokumen
3. Berpakaian Rapi Sopan dan Bersepatu
4. Bawa Alat tulis
5. Bawa Lem perekat
6. Siapkan materai 6000 (kalo dibutuhkan)
7. Hindari Calo dan Sabar

Dokumen Penting (semua asli dan fotocopy):
1. Akte Lahir
2. Kartu Keluarga yang masih berlaku
3. Kartu Tanda Pengenal (ktp/sim)
4. Ijasah Terakhir
5. Surat Nikah (bagi yang menikah)
6. Surat Rekomendasi Perusahaan/Instansi (asli aja)
7. Photo 4×6 2 lembar

Prosedure Umum Pembuatan Paspor
1. Datang Ke Kantor Imigrasi
2. Ingat Bawa Dokumen Penting
3. Ambil Formulir di loket Pendaftaran (harusnya gratis)
4. Isi formulirnya (bisa baca tulis khan?)
5. Jika di isi pekerjaan swasta maka butuh Surat Rekomendasi (tulis aja wiraswasta)
6. Tempelkan photo 4×6 1lbr pada bagian depan PERDIM II
7. Masukkan semua berkas asli maupun fotocopy
8. Berikan ke Petugas di LOKET B2 (penerima)
9. Tunggu untuk dipanggil dan pengembalian berkas asli ke pemilik.
10.Pulang dengan membawa selembar kertas pendaftaran.

Prosedure Lanjutan Pembuatan Paspor
1. Kita akan datang 3-4 hari setelah penyerahan dokumen
2. Jangan lupa bawa kertas pendaftaran
3. Serahkan kertas pendaftaran ke Loket B2 (loket awal)
4. Tunggu panggilan (cepet kok pas sepi cuma 15 menit)
5. Setelah dipanggil, kita menuju ruang Photo Biometric (antri)
6. Dandan yang rapi, bercermin kalo acak-acakkan
7. Berphoto, harus senyum nggak boleh nangis
8. Finger Print, photo 10 sidik jari tangan kita
9. Wawancara perihal arsip, dokumen dan tujuan imigran.
10. Bayar di loket pembayaran, minta kwitansi untuk pengambilan.
11. Tanda Tangan Paspor

Biaya Yang harus dikeluarkan Paspor 48
1. Adminitsrasi: Rp. 5000
2. Paspor 48: Rp. 200.000
3. Photo Bio: Rp. 55.000

Pengambilan Paspor
1. 3-4 hari kemudian bawa kwitansi sebagai bukti untuk pengambilan
2. Serahkan Kwitansi ke Loket B1 (penyerahan)
3. Tunggu hingga dipanggil
4. Tanda tangan Pengambilan
5. Simpan paspor dengan baik dan bawa pulang.
6. Selesai

PERSYARATAN UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR (DIBAWAH 17 TAHUN)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi)
  2. Melampirkan berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lainakte lahir:
    • KTP orang Tua
    • Kartu Keluarga
    • STTB/Ijazah atau Akte Lahir Orang Tua
    • Surat Kawin/Nikah Orang Tua
    • Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku
  3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI
    • Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.
  4. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

Ini prosedure yang telah kami lakukan dan semua proses tanpa calo, sebagai bukti anda bisa lihat di artikel Membuat Paspor Tanpa Calo. Kalo ada tindak kecurangan lakukan konfirmasi setiap 2 jam kepada petugas yang menangani. Niscaya petugas yang bersangkutan nggak enak ati, soalnya seperti di Kantor Imigrasi Klas I Semarang menulis larangan proses melalui calo karena mengganggu ketertiban, tapi kalo diem aja kayak saya ya sampe sore. Karena berdasar pengalaman saya pribadi datang pagi pulang sore, capek deehhh….

Kuncinya adalah sabar melihat keganjilan para calo yang bagaikan berjalan di rumah sendiri tanpa memperdulikan itu kantor pemerintah atau bukan. Oya jenis paspor perorangan ini ada 2, yaitu paspor 24 dan paspor 48. Perbedaannya adalah jarak jangkau tujuan, untuk paspor 24 hanya wilayah terntentu di asia sedangkan paspor 48 lebih flexibel untuk perorangan.

Semoga artikel panduan membuat passport ini bermanfaat bagi anda yang berniat membuat paspor sendiri secara jujur dan tertib, tidak meracuni petugas imigrasi yang sudah kaya itu dengan sogokan uang haram kita lewat perantara. Meski prosesnya cukup lama yaitu 7-9 hari tapi dengan bekal persiapan diatas proses jadi lebih cepat.

User Also Read:

  • CARA MEMBUAT PASPOR (100)
  • yhs-fh_lsonsw (49)
  • membuat paspor (47)
  • cara membuat pasport (41)
  • cara membuat passport (33)

Informasi Pencari

197 Comments

Add a Comment
  1. nice post… pas butuh, pas ketemu ni postingan…
    mw tanya bbrpa hal:
    1. saya dulu buat paspor untuk kuliah, trus dah expired april 2009, setahun setelah slesai kuliah. karna ga butuh, paspor tidak segera diperbaharui… kira2 saya daftarnya paspor baru atau perpanjangan ya?
    2. KTP saya msh KTP solo, sedang posisi saya di depok.. apa bisa mengurus dan ambil paspornya di depok?
    3. setahu agan, Kalau saya ganti KTP depok sebelum masa berlaku paspor habis, apakah paspor saya tidak valid lagi?

    thx in advance

    pututik: point 1: bisa berlanjut cuma kena denda besarnya kurang tahu deh, point 2: sepertinya harus kesolo, point 3: paspor tetap berlaku, yang harus dilakukan adalah proses perpindahan dari solo ke depoknya jika sudah menetap

  2. temen tolong saya…
    saya mengurus paspor adek keponakan saya di imigrasi,nah adek saya sudah berumur 17 tahun tp di imigrasi pada saat interview disuruh bawa orang tuanya…
    padahal orang tuanya bekerja sebagai TKI di hongkong,keinginan orang tua kuat untuk anaknya bisa berlibur ke negara tersebut.
    kemudian adek saya tidak sabar…
    tanpa sepengetahuan saya adek saya ngurus paspor lewat calo dan sampai selesai…
    tapi di imigrasi di kota lain itu tidak bisa di cetak…
    terus saya harus gimana?
    apa tetep di imigrasi yg pertama saya daftarkan?
    apa paspor sudah jadi di imigrasi yang pertama tempat saya daftar?
    tolong bantu teman

    pututik: setahu saya harus dilokasi dia membuat awal hingga prosesnya selesai, maaf saya tidak bisa bantu untuk proses lebih dari menjawab saja.

  3. Maaf, tadi di bagian ‘dokumen penting’ ada surat rekomendasi perusahaan. Kalau masih pelajar alias blm kerja gmn?

    pututik: untuk pelajar harus ada surat ijin dari orang tua dan keterangan pelajar kalo nggak salah

  4. apakah setiap kota ada layanan pembuatan paspor?
    saya ada di kota magetan, baratnya kota madiun.

    mohon infonya terima kasih ^^

    pututik: waduh mohon maaf saya tidak bisa jawab hal ini, jika kota besar sih kemungkinan besar ada

  5. Mau tanya donk. Kalo mau buat paspor untuk adik saya yang masih pelajar, sementara ibu dan bapak saya tidak memiliki paspor kepengurusannya gimana ya?
    Lalu utk surat rekomendasi dr ktr apakah mrpkan keharusan? karena tujuan wat bikin paspor hanya untuk liburan saja..
    Mohon pencerahannya.

    Thanks,

    pututik: orang tua tidak harus punya paspor jika yang ingin pergi hanya si adik saja, kalo orang tua juga ikut ya harus buat. Surat pernyataan dari orang tua dibutuhkan karena nanti sebagai jaminan imigrasi bahwa tujuannya telah mendapat persetujuan, jadi kalo belum kerja dan masih anak2 tetap pakai surat keterangan dari orang tua.

  6. Mohon info, apakah bikin paspor bisa pake KTP lain daerah?
    Sy sekarang tinggal di BSD Tangerang, tp KTP masih Kebumen..
    Sebaiknya ngurus paspornya kemana? Tangerang apa Kebumen (asal KTP)

    pututik: harusnya sih tidak ada masalah, tapi silahkan cek terlebih dahulu ke kantor imigrasi terdekat

  7. sekedar update proses pembuatan passport berdasarkan pengalaman saya di kantor imigrasi kota semarang.
    tujuan : pembuatan passport 48 halaman untuk pengajuan beasiswa.

    -.proses hari pertama (3 Januari 2011):
    datang di kantor imigrasi jam 09.00 WIB. langsung ke loket pengambilan folmulir. bayar 17000 untuk formulir,materai, dan sampul passport. mengisi formulir dan melampirkan KK,KTP,Akte kelahiran, ijasah (semua asli dan foto copy).langsung menyerahkan berkas ke loket pelayanan paspor. tunggu hingga dipanggil kembali. berkas asli dan tanda terima berkas dikembalikan. semua proses hanya 15 menit. disuruh kembali setelah SEPULUH HARI (meleset dari perkiraan).jam 10.15 WIB pulang.

    -.10 hari kemudian (13 Januari 2011)
    datang jam 09.00 langsung menuju loket pelayanan paspor menyerahkan tanda terima berkas.jam 10 masih belum dipanggil, jam 11 belum juga, jam 12 istirahat, jam 12.30 WIB dipanggil untuk membayar biaya 200000(paspor)+55000(biometrik), kemudian diberi kuitansi+No antrian. No saya 121, dan pada saat itu baru dipanggil No 56 (WTF!!!), jam 17.00 WIB dipanggil untuk foto, cap jari, dan wawancara. (ada yang dateng jam 7 pagi dan foto jam 5 sore). kembali keloket pelayanan passpor, dan diberi tahu pengambilan paspor “SATU BULAN LAGI” (ANJ**G).padahal butuhnya cepet.

    perlawanan terakhir nyoba tanya2 calo:

    Saya: “mas, saya udah ngurus semua, terus tinggal ngambil paspor bulan depan, kira2 kalo dibikin cepet gimana mas? kira2 nambah berapa?”
    calo: “waduh mas, kalo kayak gitu mahal,musti bayar travel kejakarta. kok g dari kemarin saja lewat calo mas? sehari langsung jadi, bayar 700000. gini aja mas, mending bikin ulang bayar 700ribu, yang 255ribu tadi diikhlasin aja”
    Saya : (WTF!!! seenak udel lo, lo kata! udah nunggu seharian gini juga) “ya udah mas, nanti saya tanyain ke Bapak dulu mas, permisi”

    dari pembicaraan dengan calo2 disitu, mereka berpendapat kalo petugas2 imigrasi yg terhormat itu brengsek2 semua, mata duitan (bukan cuma saya yg bilang)

    endingnya saya berniat untuk ngurus lewat calo keesokan harinya. kata bapak bilang “daripada mburu uceng kelangan deleg”, lebih baik kehilangan uang ratusan ribu untuk mendapat sesuatu yang lebih besar lagi :)

    pututik: sayangnya dengan kesempatan yang diberikan seperti ini maka kita semakin membuka celah buat mereka, dijakarta 5 teman saya hanya seminggu kelar.

  8. kalo yg msh pelajar apa + apa ajh syaratnya?

    pututik: sepertinya di komentar sebelumnya sudah kami sebutkan, maaf males ngulang seperti anda males baca

  9. According to Sikucrit’s post…

    Ribet amat buat passport,,,
    itu dikarenakan pegawai2 imigrasi yg kurang memiliki pendidikan moral. Selalu ingin mencari lahan haram. Grr

    pututik: tidak semua sih mas, kondisi lingkungan tempat mereka berada yang mendidik mereka seperti itu, coba kalo di ajarkan tentang hukum akhirat tiap pagi sebelum kerja bisa nangis darah mereka makan uang riba haram

  10. bermanfaat sekali ilmunya, saya rencana mau studi abroad jg, lagi nyari2 beasiswa, doakan bisa lulus,

    o iya kalo ada waktu monggo mampir ke blog saya yang sederhana tapi menarik

    http: //yuanadesukma .wordpress .com/

    matur nuwun

    pututik: sami-sami mas, semoga sukses dengan predikat yang sangat baik

  11. apa boleh kopi paste nanti saya kasih link ke blig nya anda. makasih sebelumnya…

    pututik: silahkan asal bermanfaat

  12. panjang ya, ga ada yang bebas calo apa?
    dari jual rumah sampe bikin SKCK, calooooo isinya

    pututik: ada kok, hanya saja ini kan ulah oknum mas, jangan di generalisir. Kasihan mereka yang jujur dalam bertugas bisa kena imbasnya

  13. Pak, mau tanya apakah semua copy surat itu harus dilegalisir untuk membuat passport?
    terimakasih…

    pututik: untuk surat keterangan kerja harus asli, untuk copy surat yang lain sih tidak perlu karena kita harus bawa yang asli untuk diperlihatkan kepada petugas

  14. kalo ijazah SMA saya ada yg salah nama, tp ijazah SD saya bener,apa bisa?
    terus saya hanya punya surat tanda kelahiran ga ada akte itu gimana ya?
    mohon info.
    kalo saya ga sempet buka ini tolong email saya ya,
    thanks

  15. oia ketinggalan mas, klo untuk wisata apa harus ada surat dari orang tua?
    itu isinya gimana ya mas,saya ga ngerti.
    thanks lagi :)

    pututik: maaf telat jawabnya, saya jawab keduanya ya. sepertinya akan ada kendala jika nama di ijasah itu berbeda meskipun sedikit. kemudian mengenai wisata ya tinggal diisi tujuannya kemana gitu aja kok nggak ribet-ribet amat. cuma dipastikan dari pihak imrigasi “bukan untuk kerja kan” begitu

  16. hi met kenal mbk /mas saya mau tnya saya mau tanya
    gini saya punya paspor tki tp udah expire
    klu saya mau ganti paspor48 halmn syrtnya ap aj minta pnjelsanya
    n maksih n thansx bnget jwbne

    pututik answer: mohon hubungi imigrasi setempat, bawalah paspor lama karena semua akan lebih cepat prosesnya, saya belum tau apakah sekarang diterapkan sistem denda

  17. numpang tanya. teman saya WN Malaysia, mau ambil pengasuh anak dr indonesia. utk calon pekerja yg saya rekomendasikan itu apakah harus apply passport tki dan diurus melalui PJTKI?

    pututik: harusnya iya karena ia statusnya sebagai pekerja, kecuali mau ilegal nah itu tergantung pribadi masing-masing

  18. mau tanyak kalau bikin paspor untuk anak yang masih kecil,umurnya baru 6 tahun persaratanya apa aja dan berapa lama selesainya

    pututik: surat lahir, surat dari orang tua dan keterangan lainnya silahkan di baca dari komentar2 lain disini ada

  19. thank banget buat info nya semoga makin mendapat berkah atas kebaikan nya…

    abang aq mau buat paspor karena mau kerja di luar negri kami kewalahan cari info tentang
    syarat yang di tentukan ,,masalah nya abang saya hanya punya ktp,kk,dan surat nikan sedangkan untuk ijazah nya tidak ada gimana ya mas ada solusi lain ngak .trim banyak

  20. Hi aku ibu rumah tangga,mo berkunjung ke UK , klo mo buat pasport tanpa akte kelahiran ,di ganti sama lainnya bisa gak ya?

  21. Salam gan, maf kalau untuk anak kuliah syaratnya perlu izin atau rekomendasi dari kampus gak?
    ane liburan kuliah kali ini pengen ke singapur n malaysia

  22. Maaf ni mau tanya, saya datang ke Taiwan pake visa TKW dengan dat usia di tuakan 1 tahun . karan a saat itu keadaan mama baru nikah ama orang taiwan , jadi gak punya dana buat visa perjalanan, nah, sekarana aku udah hampir 1th 3bln di Taiwan, pengennya buat visa keluaraga tapi usiaku udah 21 jadi gak bisa. andai kalo aku mengajukan visa perjalanan ke Taiwan dengan data tanggal lahir asliku< apakah akan menimbulkan masalah nantinnya? makasih sebelumnya, Tuhan memberkati.

  23. bikin paspor tanpa calo ternyata cepat juga koq, ini crita singkatnya
    senin: ajukan permohonan dan langsung bayar di bni 46 (idr260.000)
    rabu: antri dari pagi pkl 07 dan pkl 10 sdh wawancara dan foto
    senin: minggu depannya ambil paspor

    biasankanlah segala sesuatu diurus sesuai aturan dan prosedurnya
    niscaya negeri ini jadi lebih tertib, sehat dan modern

  24. mhon pnjlsaannya, mau bikin paspor, tapi ktp asli saya hilang, dan itu ktp non elektronik. saya hnya punya ftokopinya, sedangkan dari kantor catatan sipil saya hanya diberi ktp sementara menunggu e-ktp jadi. bolehkah ktp sementara untuk membuat paspor? terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Cepat Murah