PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

NoteBook Buat Anak

Jika anda pemerhati dunia anak-anak seperti saya, tentu tidak heran dengan keinginan dan imajinasi mereka di usia dini. Sangat menakjubkan bukan, bahkan saking hebatnya imajinasi mereka kadang sempat membuat kita menggigit jari kok bisa seperti itu ya anak sekarang?. Sebenarnya tidaklah mengherankan, tergantung bagaimana cara orang tua mendidik dan mengkondisikan lingkungan rumah dimana anak tersebut berada. Sebagaimana artikel mempersiapkan mental belajar dimana kami mencoba mencoba mengajak anda berilustrasi pendidikan dalam keluarga. Meskipun hasil akhirnya akan dinikmati setelah anak tersebut dewasa dan terlepas dari kita, namun semasa kita masih berkewajiban membinanya maka ajaklah dengan belajar, cinta, kasih sayang, pengertian, pengetahuan, agama dan kebaikan yang akan membawa alam sadarnya kepada kedisiplinan serta keteraturan berpikir cerdas. Bagaimana dengan Notebook Buat Anak ?

Melihat perilaku anak sekarang memang menjanjikan untuk diolah lebih baik dan terarah, entah itu arah yang benar maupun arah yang salah. Sesi mendidik anak kali ini sebenarnya membahas bagaimana jika si anak yang balita (bawah lima tahun) menginginkan sebuah komputer dan ketika dia sudah menguasai komputer tersebut dia mengharapkan sebuah notebook. Karena bukan termasuk dalam kategori barang murah, tentu kita harus pandai memberitahukan dengan cara elegan dan masuk akal menurut versi anak.

Apa yang memicu anak menginginkan sebuah notebook?
Ada banyak sebab, untuk ukuran balita sebenarnya hal ini hanya sebatas emosional sesaat semata. Karena mungkin ia tertarik pada hal-hal tertentu yang mungkin menarik menurut versi si anak. Contohnya, arya terbiasa mengikuti papa membaca majalah CHiP dan PC Media terutama jika ia melihat artikel review kemudian disebelahnya ada gambar menarik menurut arya. Kemudian, ia mulai bertanya mengenai hal-hal yang dilihat jika kita jawab singkat maka ia butuh penjelasan lebih detail. Hal-hal seperti itulah yang membuat anak semakin ingin tahu, jika ia belum benar-benar merasakannya sendiri. Kebutuhan baik seperti ini, jika kita mampu sebaiknya kita berikan contohnya namun jika tidak berikan ilustrasi sebisa anda. Di satu sisi arya sudah terbiasa dengan komputer sejak umur 7 bulan. Umur 2 tahun ia mulai sering menghapus icon desktop, bahkan menghapus data tanpa sengaja. Sejak umur 3 tahun setelah kami belikan sepeda, ia mulai hafal TK Binatang karya elexmedia versi flash dan Feeding Frenzy. Sekarang ia merasa bosan dengan desktop PC, katanya kurang praktis karena nggak bisa dibawa ketempat tidur. Ketika ditawari communicator, dia bilang nggak enak takut nanti hp papa rusak 🙂 . Sebab sebelumnya pernah aku bentak karena covernya patah.

NoteBook Seperti apa yang cocok?
Menurutku sih ringan dan sarat informasi yang bisa aku instal untuk si anak. Kenapa ringan? namanya juga balita mas, wong ngangkat sepedanya aja dia belum kuat. Kenapa sarat informasi? jangan sampai anak berhenti berkreasi atau berimajinasi.Tentu saja, untuk dunia online akan kami batasi meskipun ini jembatan ilmu, namun semakin banyak yang ia serap kami yakin penetrasi otak bisa berlebihan. Jangan sampai bisnis lendir, xxx, pornografi dan sara masuk. Kemudian Notebook itu awet batrenya, karena kalo boros anak jadi cepat bosan hingga akhirnya berbahaya jika suatu saat main colokan listrik bisa-bisa tersengat aliran sesat.

Kapan dibelikan?
Yah, behubung masih bisa pinjem temen ya nggak masalah. Kok kayaknya selalu dituruti? bukan dituruti, namun semangat belajarnya yang kami ingin jaga. Kalau slalu menuruti keinginannya, bisa-bisa kami akan membuat manja dan malas berpikiir. Pada masa sekarang di usianya yang 3 tahun 4 bulan, mungkin rasa bosannya tiba-tiba saja bisa timbul. Sebagaimana hp Nokia 3220 yang kami belikan, katanya supaya gampang menghubungi papa dan uti (neneknya di solo) toh dia sudah bosan sekarang. Kapan-kapan lah dibelikan, kalo punya uang dan usia arya telah cukup misal 9 tahun.

Bagaimana Jika dia Tanya?
Selama ini masih bisa dikasih tahu, dengan cara, arya khan dikasih uang jajan nah kami minta ia memasukkan ke celengan setiap hari. Dan ia menurut, tapi yang membuat ketawa adalah pagi ia minta uang jajan trus dicelengin. Nah sore hari, papa pulang kerja ia akan minta di belikan sesuatu atau jalan-jalan supaya nggak bosen katanya. Sama aja khan 🙂 boros lagi deh. Satu hal lagi arya sedang memiliki hobi membaca, satu bacaan yang tidak akan salah dimanapun dia melihat tulisan itu bahkan dengan gayanya yang centil
Arya: “papa.. papa… aku tahu tulisan itu lho”
papa: “oh yang dibaju orang itu”
Arya: “NOKIA” (kenceng banget pokoke, sampe malu)
Arya: om oom ini tulisannya NOKIA aku tau, kamu nggak bisa! (sambil colek-colek)
bapak itu: iya…. (dengan jawaban dingin, marah kali ya)

Eh Udah, Mau Beli NoteBook atau LapTop Buat Anak Anda? pikir dulu manfaatnya dan mampu nggak ? 😛

23 Comments

Add a Comment
  1. beda nggak mas dengan OLPC?

    waduh gadget buat anak kecil…. terganggukah masa pertumbuhannya?

  2. link site ini dh gw pasang di blog gw…link balik ya…thx

  3. #ulin: lha gimana mampu beli yang murah aja 🙂
    #dodot: pertumbuhannya nggak terganggu, OLPC sudah beredar banyak hanya saja Linux version semua
    #recentpost: sudah tuh di tukeran web

  4. wah kalo punya duwit tentunya laptop akan saya belikan tuk diri saya sendiri,,hehe iyalah la wong anaknya aja belum ada,,hehe

  5. langsung dibeliakn juga gpp 🙂
    Kalo ada dana 😀

  6. udh gw pasang kog,,coba liat di sidebar kanan blog gw,,
    thx ya..
    dtunggu link baliknya..

  7. Anak dalam usia dini benar-benar ibarat kertas kosong yang siap kita isi apapun didalamnya. Dan satu hala yang paling menakjubkan adalah daya ingat anak pada usia itu sangat tajam. Tergantung ma kita bakal kita bawa kemana anak kita…..sekali salah dalam mengenalkan sesuatu sangatlah sulit to menghapus ingatan itu. Mengenalkan dia tentang teknologi bukanlah hal yang salah, bagaimanapun juga kontrolingnya tetap pada kita dan bagaimana kita mengarahkannya…….kata mampu ngga’ ? saya lebih mengartikan kemampuan si anak dalam memanfaatkan hal baru bukan dari kemampuan finansial 🙂

  8. Seandainya ridu menjadi anaknya pak pututik… senengnya.. hehehe..

  9. mas mas kalo imam ga salah liat, ada tuh leptop boongan, laptop yang kalo dipencet salah satu tombolnya ngeluarin suara, ada yang ngaji atau yang bahasa inggris. khan lumayan. jadinya ga perlu leptop beneran dulu, tapi boongan tapi masih bisa ngedidik. waktu itu imam ngeliatnya di gramedia matraman (jakarta) 😀

    mending leptop benerannya dibeliin buat saya mas 😀 hihi..

  10. #anams: setuju, bukan finansial karena cenderung mendidik manja
    #ridu: waduh gimana ngerawatnya 😛
    #imam: iya mam, sudah kutawarkan ketika kita ke Gunung Agung Semarang. katanya itu bukan laptop itu mainan 😀 saya aja belum punya mam 😀

  11. hehehe….seru2 juga komennya.. ia tuh leptop yg ngaji ajah..,

  12. loh yang ngomong gitu siapa mas? anaknya ya? hihi.. anaknya pinter banget 😀 salut salut….
    wah nanti bisa kalo sekolah bisa masuk kelas akselerasi nih.. hihi…

  13. wew,.templetna keyens….. nih oms,., blog barunya rizoa.,,

  14. hehehe…susah ia…ngga bgitu susah kuk.,.,

  15. mau dong jadi anak angkat 😀

  16. #waterboom: ya anakku lah, masak anak orang 😛
    #rizoa: semangat
    #sugiyono: sama2
    #baladika: nggak ah, berat 😛

  17. Ada juga koq notebook khusus buat anak-anak. Harganya pun terjangkau. Temenku dulu ada yg jualan itu. Tapi kalo mau mengoperasikan monitornya pake TV. Ada juga versi yg layar langsung seperti laptop tapi lebih mahal. Isi2nya pun seputar pendidikan. Jadi lebih mengakrabkan anak pada dunia IT dan juga pengetahuan. beberapa taun yg lalu harganya sekitar 200-300ribu kalo gak salah. Gak tau sekarang berapa. Aku agak lupa soal harga dan spesifikasi. Soalnya waktu itu aku emang gak tertarik dengan hal2 semacam itu 😀
    Coba aja cari di pusat elektronik yg lengkap kalo ada.
    Aku gak tau ada ato gak. Soalnya temenku itu jualnya semacam MLM ato seles gitu.

  18. Aku numpang mejeng aja disini, biar keren. Ah masih belajar belum tau banyak.

    Salam

  19. belikan asus yang mungil itu aja om

  20. kecil2 dah megang laptop pluas net
    ehmm kalo jago ngehacker gmana 😀
    ke kasus bank swiss dulu

  21. Wah beruntung bnget yg jdi anaknya. pututik ak juga mau dum hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com