[solved] zadmin blank page

Mengatasi Database Blank dan Zadmin login pada zPanel

Artikel ini membahas bagaimana mengatasi database mysql tiba-tiba blank atau aplikasi web kita tidak bisa terkoneksi dengan database MySQL bagi pengguna control panel hosting zPanel. Apabila ada yang belum tahu mengenai control panel yang satu ini silahkan berkunjung kesitus resminya zpanelcp.com, sejenis kontrol panel gratis yang memiliki banyak kemudahan sebagaimana cpanel berbayar.

[solved] zadmin blank page

Awal kasus saya sedang melakukan maintenance database alumni yang beberapa bulan ini gencar diisi. Tidak ada keanehan untuk halaman php, css dan htmlnya, koneksi ke database juga tidak ada masalah sama sekali. Ketika melalui form search kita tidak menemukan data, iseng menggunakan phpMyAdmin dengan command sederhana select * from datapolines tidak ada yang muncul. Kemudian cobalah masuk ke zadmin panel login, kita akan menemukan blank page. Jangan khawatir bukan karena control panel zpanel kita di hack ini karena bugs temporary database yang digunakan.

Melalui fasilitas browse database heidiSQL baru kita ketahui bahwa innoDB yang kita create seakan-akan menjadi view tapi hilang tanpa data. Kapasitas dbnya normal 2Mb sehingga secara data ia normal, hanya saja terjadi tumpang tindih tmp yang tidak dapat di tampung, untuk memperbaiki hal ini caranya cukup mudah. Berlaku juga untuk yang memiliki kasus “unable to connect or athenticate to zpanel database” alias gak bisa konek ke db meskipun semuanya benar.

gunakan command linux untuk edit

Saya menggunakan Linux Centos 6.4 32bit dengan ZPanel 1.0.1.1 dan editing menggunakan winscp dengan koneksi ssh ke vps server serbabisa.net melalui user root.
1. Cek akses temporary data serta log dengan command berikut
ls -ld /tmp
bash /var/logs –apabila akses denied berarti /tmp folder dalam keadaan terkunci
2. Membuka akses write di /var/tmp ke CHMOD 777 dengan command linux
chmod -R 777 /tmp
3. Menambahkan script pada /etc/my.cnf tepat dibawah [mysqld] — hubungan dengan mysql data
secure-file-priv=/var/tmp
tmpdir=/var/tmp
#bind-address — beri comment # pada bind-address yang terlihat
4. Lakukan Stop dan Start (restart) MySQL dengan command berikut
service mysqld stop
service mysqld start
service mysqld restart — paling cepat ya ini hehehe

mySQL database pada zpanel blank

Kemudian silahkan melakukan akses aplikasi, cms atau databasenya, insya Alloh sudah normal dari masalah database blank. Kemudian silahkan coba masuk ke admin panel zadmin, halaman awal apabila muncul normal dipastikan database sudah bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *