Gempa Sumatera Barat

Sungguh miris menyaksikan berita televisi perihal gempa yang terjadi di padang serta wilayah sumatra barat lainnya. Karena begitu berat peristiwa yang mereka alami, mereka sudah sering merasakan gempa ringan. Bahkan pernah mengalami hal yang sama seperti yang di catatkan pada wikipedia. Namun saya pernah bertanya apakah kita atau warga negeri Indonesia menantang Tuhan, meskipun secara ilmu pengetahuan benar kita berada di patahan bumi terbesar dan memiliki gunung atau bukit yang rawan.

Namun lupakah kita dengan peristiwa gempa yogya yang pernah saya alami sebelumnya, semua konsentrasi kepada gunung merapi namun Alloh berkehendak lain. Saya bersyukur atas agama yang saya anut mengajarkan begitu banyak pengertian yang jelas, kenapa ada sebab dan akibat bagi manusia. Kita sebagai mahkluk kadang lupa dengan pelajaran tersebut, ada yang sudah terlanjur skeptis dengan pendidikan agama dan ada yang memang dari awal tidak ada yang memandunya.

Sahabat-sahabat saya yang ada di Maninjau, Padang dan mungkin sekitar Bukittinggi yang mengalami musibah longsor karena efek gempa ini, harap berhati-hati dan tetap pertahankan semangat berjuang kalian. Segala sesuatu membawa hikmah, meskipun kita kadang lupa akibat suatu peristiwa buruk menimpa membuat kita menghardik Tuhan atau orang lain. Secara lamban namun pasti Tuhan telah memperlihatkan peringatan mengenai kerusakan alam yang telah kita buat. Suhu bumi makin panas karena sombongnya kita dengan menanamkan aspal atau semen dihalaman jalan rumah sehingga airpun tidak meresap kedalamnya. Bodohnya kita dengan berlomba-lomba memasang AC yang padahal exhaustnya menimbulkan panas luar biasa bagi lingkungan. Dan serakahnya kita karena tumbuhan pengayom gunung, bukit dan tanah ditebangi tanpa reboisasi yang berkesinambungan.

Turut berbela sungkawa
Atas korban Gempa Padang Sumatera Barat 2009
Semoga Alloh SWT memberikan kekuatan, ketabahan dan kemudahan kepada kalian
Semoga Arwah yang tiada, diterima sesuai dengan amal ibadahnya
Ulurkan bantuan kita untuk meringankan beban mereka

11 thoughts on “Gempa Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *