PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Data Gallery Hilang

Pada beberapa hari ini, kami menyimpan gallery berupa image di Nokia 7610. Karena kakak, ibu dan ponakanku yuda berkunjung. Event yang aku simpan hanyalah seputar keberadaan di stasiun Tugu Yogyakarta. Begitu gembiranya arya dan yuda, berlari kesana kemari melihat gerbong atau kereta yang melaju sambil sesekali melambaikan tangan kanannya. Nokia memiliki program data manager bernama Nokia PC Suite, dengan media ini kita bisa menghubungkan perangkat mobile phone ke komputer. Semua aktifitas menjadi mudah bila kita memiliki bluetooth, kabel data atau IrDA untuk transfer data.
Namun hati-hati salah klik data penting kita bisa hilang seperti data yang barusan kami simpan, ceroboh karena sebelumnya tidak melakukan backup data. Kejadian seperti ini pernah kualami namun hal ini sedikit berbeda, kesalahan karena lupa menutup program image viewer di 7610. Kesalahan kedua tombol cut yang dipakai bukan copy untuk memudahkan proses backup. PC Suite 6.6.18 sebenarnya memiliki fitur backup image, tapi karena prosesnya sedikit lebih lama langsung saja pakai cut paste. Boomm pesan kesalahan muncul bahwa image sedang digunakan, aku ok saja sampai semua pesan eror terlampui. Kutunggu beberapa waktu ternyata tidak ada yang masuk ke folder di komputer. Curiga dengan hal ini, cek gallery ternyata sudah hilang dan yang tersisa satu iage yang masih terbuka. Huuuhhh ini pelajaran baik, namun menjengkelkan karena data di hp belum ada tools recovery yang mampu mengembalikan datanya.

Cara backup data dengan PC suite:
Koneksikan hp dengan komputer –> pilih menu backup –> next –> Make backup –> pilih hp Nokia yang terkoneksi –> make full backup –> finish
Backup Images dengan PC Suite:
koneksikan hp dengan komputer –> pilih menu store image –> pilih image –> next –> store now –> finish

Ingat saat melakukan semua proses diatas jangan anda buka semua menu di hp biarkan hp dalam kondisi normal, jika ragu restart hp dengan mati hidupkannya kembali. Jika ada yang terbuka data tidak dapat di backup sempurna atau bahkan hilang. Karena nokia dengan symbian memiliki folder virtual bernama PAbtl_n sejenis Thumbnail pada windows XP, jika anda ingin mencobanya silahkan.
🙂

Updated: September 15, 2018 — 7:54 am
PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com