PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

Transaksi online bank mandiri saat ini telah mengalami perbaikan, hal ini saya ketahui karena sebagai pengguna layanan online banking sangat tergantung pada keamanan dan kestabilan informasi transaksi tiap waktunya. Sebagai perbankan yang besar di Indonesia, Mandiri Online banking memiliki sedikit keunikan dibandingkan beberapa bank lain yang menyediakan fasilitas ini.

online banking mandiri

Kita ambil contoh sederhana bahwa session pagenya cukup keras mendeteksi aktifitas pengunjung ibankingnya, jika anda lebih dari 1 menit saja tidak melakukan aktifitas di halaman mandiri (atau menggunakan banyak page dan meninggalkannya) maka secara default dianggap expired. Sehingga ini akan sedikit menyulitkan intruder untuk mencoba masuk mengakses halaman transaksi di komputer kita. Meskipun kadang bagi beberapa pengguna hal ini cukup merepotkan karena harus login lagi untuk bisa bertransaksi atau sekedar melihat report.

error reporting bank mandiri ibanking

Kemudian sebagai backup pengamanan online, bank mandiri tidak memperkenankan client melakukan refresh baik menekan button browser maupun tombol F5. Bahkan melakukan back paksapun tidak diperkenankan karena system akan membaca cookies serta header object. Tanpa disadari tehnik ini sebenarnya sudah cukup tertinggal namun lebih efektif daripada session. Jika digabungkan tentu akan menjadi kekuatan tersendiri dari sisi keamanan, pun mereka telah terverifikasi Northon SSL security passed.

Pada awal menggunakan ibangkingnya sebagai transaksi, saya sempat komplain karena metode security kalkulatornya sangat mudah ditebak “menurut saya”. Hampir setiap bertransaksi transfer bank saya selalu diperlihatkan untuk melakukan kalkulasi ke token mandiri selalu menggunakan rekening bank yang sama. Tentu bagi para hacker yang cerdas akan mencari celah dengan mengkalkulasi tanggal bulan tahun jam rekening dan security token. Ini mungkin saja terjadi akibat media yang akan dikalkulasi tetap tidak pernah berubah.

security token mandiri

Sejak januari 2013 saya memperhatikan perubahan cukup signifikan pada saat kita akan memasukkan kode ke token mandiri, yaitu penggunaan captcha atau kode yang akan selalu berubah setiap kita refresh dan berupa image di media browser. Karena dalam bentuk gambar ini juga akan sangat membantu memperkecil kemungkinan hacker membacanya dan lagi selalu berubah menurut kondisi terakhir. Tentu saja semakin tinggi tingkat keamanan ditingkatkan kemungkinan besar akan membuat sulit pengguna, apalagi bukan menjadi hal umum bahwa beberapa pengguna kadang membenci captcha.

Pengalaman saya menggunakan fitur Bank Mandiri sangat menyenangkan, tidak menjadi was was karena key yang dimasukkan akan selalu berganti. Hanya saja tentu kekurangan perbankan adalah setiap awal bulan server mandiri sering sekali sulit untuk diakses, padahal bagi mereka pekerja penerima gaji via mandiri tentu hal ini cukup merepotkan. Masalah reporting transaksi lebih fleksibel karena kita atur sendiri waktunya berdasarkan tanggal yang diinginkan dengan rentang maksimal 30 hari. Batasan 1 bulan atau 30 hari diterapkan untuk menghindari flood query database, ini sudah cukup bagus, mungkin perlu diperbaiki saja bagaimana di awal bulan server mereka lebih baik supaya tidak ngehang.

Fasilitas mandiri sebagai online payment juga mulai di tawarkan, namanya adalah mandiri clickpay, saat ini sudah terintegrasi pada beberapa merchant online. Karena saya suka sekali belanja online tidak ada salahnya mendaftar dan melihat kemungkinan diskon paket dari merchant seperti bhinneka contohnya. Banyak keuntungan jika kita bergabung, karena potongan harga yang diberikan kadang tidak muncul di merchant, sehingga lebih update informasi via email clickpay millis.

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

Saya lebih membahas ke online banking mandiri ataupun payment gateway, hal ini mengingat mudahnya gadget dengat media online semakin mudah dimiliki oleh pengguna lokal. Bahasa yang saya gunakan diatas adalah secara harfiah bukan tehnik informatika jadi ya terserah saya. Sangat dirasakan banyak kemudahan menggunakan layanan mereka selama mengelola beberapa situs jual beli online. Sudah sepantasnya saya menyatakan bahwa Bank Mandiri bank terbaik di Indonesia.

2 Comments

Add a Comment
  1. Cuma dikasih time out 1 menit saat log in di website nya? O_o

    Kayak lampu ijo baru nyala udah di klakson dari belakang –a

  2. Kalo saya malah merasa sedikit ribet mas, soalnya terlalu cepet.
    Kalo bisa sih minimal ya 5 menit, jangan 1 menit.
    Tapi layanannya emang bagus kok, soalnya saya juga pake 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com