PUTUTIK NETWORK

Blogging, Travelling, SEO and Monetizing

Anakku Susah Makan

Beberapa hari ini tidak ada ide buat ngeblog dan hiatus merupakan salah satu pilihan tepat. Ada saja kendala yang membuat hasil ketikkan menjadi berantakan, terlebih melihat tubuh arya yang semakin kurus karena susah makan. Aku menghabiskan banyak waktu saat liburan kemarin hanya ingin membuat arya mau makan dengan lahap, batinku menangis bertanya kenapa hal ini bisa terjadi padahal kami memberikan berbagai bentuk rasa, jenis, ukuran, tingkat kekenyalan dan wadah yang menarik. Nyatanya arya masih enggan memakan apa yang kami suguhkan, baik pagi, siang, sore maupun malam tetap saja membungkam mulut. Apalagi saat melihat mama membawa mangkuk kecil, hmmm dia langsung teriak menangis menandakan rasa tidak inginnya.

Saat memberi makan seperti orang menyiksa anak, harus dipaksa dengan cara di sempitkan ruang geraknya. Meronta-ronta sudah pasti, namun sementara baru cara ini yang ampuh untuk dapat memasukkan paling tidak 4-7 sendok bayi. Kadang karena begitu khawatirnya kami mengjaknya berkeliling supaya dia senang dengan suasana sekitar untuk memancing rasa laparnya datang. Belum membuahkan hasil yang diinginkan karena setiap kali kali menggodanya untuk makan selalu tidak mau. Lebih parah lagi 4 jam kami membawanya ke berbagai suasana dengan mengganti makanan agar tidak basi atau bau tetap saja tidak mau.

Konsultasi dengan dokter anak sudah kami lakukan, ramuan herbal sudah kami berikan, kamipun tidak pernah memarahi dia karena menurut para ahli ia akan semakin enggan makan jika kita terpancing emosi. Literaur yang kudapat dari berbagai macam media belum membuahkan hasil, salah satu yang populer adalah karya Soeroyo Machfudz dr. Sp.A(K) MPH. Kiat Mengatasi Anak Susah Makan. Republika. 13 Juli 2003. Dan nampaknya semua cara dari beliau sudah kami lakukan, tinggal telaten atau sabar melaksakannya hingga batas waktu dua tahun. Jika tidak akan terjadi ganguan pada saluran pencernaan arya kelak.

Pemberian ASI tetap menjadi prioritas utama saat ini, daripada membuat arya kekurangan gizi lebih baik mama sedikit endut untuk memperbaiki kualitas ASI yang akan diberikan. Aku sendiri hampir setiap hari telpon ke semarang hanya sekedar menanyakan arya atau berbicara bahasa balita dengan arya. Dia sering mengadu padaku, entah apa yang dibicarakan karena masih berupa bahasa indah yang sulit dimengerti oleh kita yang sudah fasih berbicara. Setiap aku tanggapi maka ia akan tersenyum bangga dan tertawa girang boros pulsa nih.

Minggu ini aku libur Jum’at karena ada kerabat yang punya gawe, aku dimandat untuk membantu proses pernikahan mereka. Nah rencananya aku mengajak arya berenang, mungkin saja ia akan merasa senang bermain air dan saraf-saraf tubuhnya berkembang. Tujuan utama kami adalah membuat cara berpikirnya lebih luas dari kami dan tentu mau makan dengan sendirinya karena lapar. Menurut banyak orang kemungkinan besar arya seperti diriku yang memang sangat susah makan, tapi itu terjadi setelah aku kuliah dan waktu kecil sangat rakus akan makanan. Praduga sih, tapi yo memang ini ujian buat kesabaran kami. Semoga di hitung sebagai amal ibadah kebaikan oleh Alloh SWT, semoga arya juga makin lahap makannya. Nah berhubung sudah siang aku mau ke bengkel dulu benerin kendaraan trus keliling menepati janji dengan rekan di yogya.

Have a nice day you all…

PUTUTIK NETWORK © 2013 and Hosting Murah dan Cepat by HostCepat.Com